Tempat Wisata

Pantai Bajul Mati: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Malang sudah lama dikenal dengan banyaknya tempat wisata alam yang digemari para traveller. Karena letak geografisnya yang berada di dataran tinggi, sejuk dan dingin. Anda yang ingin merencanakan liburan tidak harus memilih tempat yang jauh, apalagi jika Anda tinggal di Jawa Timur. Datang saja ke kota Malang karena disana anda akan dimanjakan dengan berbagai tempat rekreasi yang menarik. Bahkan ada beberapa pantai yang wajib dikunjungi seperti Pantai Bajul Mati.

Pantai Bajul Mati merupakan kawasan wisata pantai di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Orang-orang di sekitar Pantai Bajul Mati mengatakan bahwa pantai ini ditemukan pada tahun 1890-an. Saat ditemukan, seekor buaya mati dikabarkan tergeletak tak jauh dari bibir pantai. Karena itulah pantai ini dinamakan Bajulmati (Jawa, Bajul = buaya). Menurut versi lain, tempat ini disebut Bajul Mati karena terdapat batu panjang berbentuk buaya. Dan saat malam tiba dan ombak menyapu bebatuan, terlihat seperti buaya hidup.

Meski pantai-pantai lain sudah tercemar sampah para wisatawan, masih terlihat kebersihan yang terjaga di Pantai Bajul Mati, apalagi kawasan wisata pantai ini berpasir putih dan dikelilingi perbukitan karang berbatu. Di Pantai Bajul Mati anginnya cukup kencang dengan ombak yang relatif tinggi, sehingga berenang di laut dan sekedar menikmati pemandangan di sekitar pantai sangat tidak dianjurkan. Jika Anda ingin bermain air, Anda akan menemukan muara di sana yang cukup tenang, sehingga Anda bisa lebih leluasa dan aman saat bermain air.

Selain itu, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru di pantai cantik ini, seperti: Entah itu berlari di atas pasir, bermain voli bersama teman atau keluarga, bermain pasir bersama anak, atau piknik di pantai sambil menikmati pemandangan, Anda tidak ada duanya. Birunya air laut kontras dengan putihnya pasir, menciptakan kombinasi panorama yang indah dan menarik. Namun bukan itu saja, petualangan Anda di Pantai Bajul Mati bisa lebih jauh lagi dengan menjelajahi teluk yang terlihat sangat eksotis. Di teluk ini Anda akan menjumpai bebatuan besar yang jika dilihat lebih dekat menyerupai pulau-pulau kecil yang menjadi hiasan cantik Pantai Bajul Mati.

Fasilitas di Pantai Bajul Mati

Objek wisata ini menawarkan kepada pengunjung beberapa fasilitas yang tersedia bagi pengunjung meskipun tidak terlalu banyak, seperti:

– Kamar mandi umum

Salah satu fasilitas penting tersebut telah disediakan oleh pihak manajemen hotel, sehingga Anda tidak perlu bingung mencari toilet jika ingin buang air kecil atau mencuci bagian tubuh setelah bermain di pasir pantai.

– Paviliun

Dengan menyediakan gazebo di lokasi ini, pengunjung dapat bersantai menikmati pemandangan air laut, ombak dan pasir pantai sambil menikmati snack atau bekal yang dibawa dari rumah.

– Bilik atau tempat makan

Bagi Anda yang lupa atau tidak sempat membawa makanan dan minuman dari rumah, jangan khawatir karena di kawasan ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Area parkir

Fasilitas parkir di tempat wisata ini juga cukup luas dan cukup untuk wisatawan dengan kendaraan bermotor.

Berburu foto di Pantai Bajul Mati

Di Pantai Bajul Mati, bagi Anda yang tertarik dengan seni fotografi bisa mengambil foto dari tempat-tempat menarik. Pemandangan laut yang berwarna biru hampir menyerupai langit yang mengelilinginya pasti sangat menarik untuk di abadikan dan kemudian di posting di media sosial anda agar banyak orang mengetahui keindahan Pantai Bajul Mati. Selain itu, terdapat tempat-tempat yang juga banyak digunakan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berfoto bersama teman atau sekedar bersenang-senang. Tempat-tempat tersebut berada di bebatuan di pantai dan juga di muara sungai di sana. Anda dapat meminta orang lain untuk mengambil foto Anda sambil duduk atau berdiri dengan latar belakang laut yang indah.G

Baca Juga: Pantai Nglurung, Wisata Sambil Memancing

Akses jalan menuju Pantai Bajul Mati

Cara menuju Pantai Bajul Mati sebenarnya mudah. Pantai ini berjarak 57 km dari pusat kota Malang. Dibutuhkan sekitar 3 jam berkendara ke Pantai Bajul Mati dari Malang melalui Jalan Sumbermanjing. Setelah itu Anda akan menemukan jembatan berbentuk buaya mati sepanjang 90 meter dan setengah lingkaran.

Biaya masuk ke Pantai Bajul Mati

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 10.000
  • Biaya parkir: Rp 15.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka pantai Bajul Mati

Tips Liburan ke Pantai Bajul Mati

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Bajul Mati lebih menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Bajul Mati adalah liburan yang lebih panjang.
  • Datanglah ke Pantai Bajul Mati bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Bajul Mati.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Bajul Mati.

Galeri foto Pantai Bajul Mati

Pantai Mati
Pantai Teluk Bajul Mati
Jembatan Bajul Mati, dekat Pantai Bajul Mati
Spot foto di bawah Jembatan Bajul Mati
Keindahan Pantai Bajul Mati
Berkemah di Pantai Bajul Mati

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button