Tempat Wisata

Gunung Surowiti: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Berwisata ke tempat-tempat seru dan menyenangkan tentunya menjadi agenda harian, seperti pantai, air terjun, taman air, dan tempat wisata lain yang menawarkan kenikmatan berkendara. Namun tidak selalu harus berwisata ke tempat-tempat seperti itu, tidak ada salahnya berlibur ke tempat-tempat yang berbau sejarah atau religi karena selain berlibur Anda juga akan mendapatkan pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di negara Anda. Kami. Bagi anda yang berkunjung ke kabupaten gresik, anda bisa mengunjungi salah satu objek wisata religi yaitu Gunung Surowiti.

Gunung Surowiti merupakan salah satu tempat wisata di Desa Surowiti, Panceng-Gresik. Bagi Anda yang menyukai wisata religi semacam ini, tempat ini cocok untuk Anda. Anda bisa datang ke sana bersama teman, keluarga atau sendirian. Sambil menyegarkan diri, Anda bisa belajar tentang sejarah tempat ini dan juga kota Gresik karena tempat ini merupakan peninggalan Sunan Kalijaga.

Tempat wisata ini tidak hanya dipadati pengunjung saat musim liburan saja, tetapi juga dipadati peziarah yang datang pada hari Senin atau Kamis. Banyak orang dari berbagai kalangan, wanita, pria, anak muda, orang tua, pekerja biasa, hingga pejabat. Mereka dikatakan juga biasanya senang meminta berkah, bermeditasi, berkomunikasi dengan roh, dan beberapa bahkan meminta hadiah. Ada juga orang yang bertapa di tempat ini selama berbulan-bulan. Tapi percaya atau tidak, kekuatan di area ini adalah milikmu.

Daya tarik wisata utama Gunung Surowiti sendiri adalah kompleks peringatan Sunan Kalijaga, serta beberapa makam kuno di dalam sebuah gua bernama Gua Langseh. Di tempat yang masih terjaga kelestariannya, Sunan Kalijaga bersembunyi di masa mudanya. Di tempat inilah Sunan yang masih muda bernama Brandhal Lokojoyo dididik dan dibesarkan oleh Sunan Bonang hingga menjadi seorang yang bisa menyebarkan agama Islam dan dinobatkan sebagai Sunan Kalijaga.

Namun untuk masuk ke goa ini cukup sulit, apalagi saat musim hujan. Jalan setapak menuju gua berupa piramida dr batu kasar dengan tanjakan terjal. Hal ini membuat manusia sulit untuk memasuki gua tersebut.

Obyek wisata ini tidak hanya wisata religi bagi masyarakat yang ingin berziarah ke makam Sunan Kalijaga, tetapi juga banyak digunakan untuk berbagai kegiatan seperti balai latihan, bumi perkemahan, menunggang kuda dan lain-lain. Jadi anda tidak harus berziarah, anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan di sekitar anda.

Fasilitas di Gunung Surowiti

Beruntung karena dikelola dengan baik, di sini Anda akan menemukan beberapa fasilitas penunjang bagi pengunjung, seperti;

– Area parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa gerbong, masalah parkir tidak perlu lagi dikhawatirkan karena lahan parkir di sini cukup luas untuk menampung beberapa bus dan ratusan mobil atau motor pengunjung. Tempat parkirnya juga dijamin aman.

– Tempat peristirahatan umum

Di beberapa tempat tempat ini telah disediakan beberapa kamar mandi atau WC umum bagi pengunjung ketika ingin mencuci tangan atau buang air kecil. Meski harus jalan kaki sedikit, setidaknya tidak perlu khawatir lagi mencarinya.

– Kamar untuk menginap

Tersedia juga beberapa pilihan akomodasi di kawasan Gunung Surowiti, mulai dari harga yang murah hingga yang cukup mahal. Tapi tempatnya dijamin nyaman.

– Kantin atau tempat makan

Jika sudah puas menikmati pemandangan dan mengunjungi makam Sunan Kalijaga, Anda bisa mampir ke beberapa kantin atau warung di sekitar objek wisata yang menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Masjid

Bagi Anda yang ingin segera melaksanakan ibadah salat dapat langsung menghubungi petugas setempat yang dengan senang hati akan mengantarkan Anda ke musala disana.

– Paviliun

Jika tidak ingin berjalan terlalu jauh, Anda bisa bersantai di gazebo-gazebo yang disediakan pemerintah di sana. Sambil menikmati santapan, Anda bisa mengagumi pemandangan di sekitar Gunung Surowiti.

Berburu foto di Gunung Surowiti

Karena tempat ini bukan sekedar wisata religi, bagi Anda yang senang mengabadikan pemandangan alam tidak perlu khawatir. Di objek wisata ini Anda akan disuguhi pemandangan hutan dan pepohonan yang indah di sekitarnya. Anda bisa mendesain pepohonan yang lebat dan rindang sebagai background foto Anda bersama teman atau keluarga. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di area Gua Langseh dan Makam Sunan Kalijaga, namun tetap harus menghormati dan menghargai peziarah lainnya.

Baca juga: Wisata Batu Jonggol, Menikmati Keindahan Dua Air Terjun Sekaligus

Akses jalan menuju Gunung Surowiti

Bagi yang ingin ke sana bisa menggunakan kendaraan pribadi. Dan Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda sejauh 35 km ke pantai utara dan kemudian berkendara ke selatan sekitar 4 km. Angkutan kendaraan roda empat bisa sampai ke kaki kompleks Petilasan. Namun, kendaraan besar seperti bus tidak bisa masuk ke kawasan wisata karena jalan yang sempit.

Biaya masuk ke Gunung Surowiti

Saat ini belum ada informasi update harga tiket masuk wisata Gunung Surowiti. (Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Gunung Surowiti

Tips Liburan ke Gunung Surowiti

  • Jangan berbicara kasar karena ini adalah area Petilasan
  • Hormati jamaah lainnya
  • Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman
  • Jangan mencemari lingkungan

Galeri foto Gunung Surowiti

Potret Gunung Surowiti
Fasilitas pondok istirahat
puncak
Akses jalan menuju Gunung Surowiti
tempat beristirahat
Seperti berdiri di dua tempat

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button