Tempat Wisata

Candi Singosari: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Negeri kita tercinta memang selalu kaya akan budaya, termasuk di Pulau Jawa sendiri, kerajaan-kerajaan yang muncul di berbagai daerah di Jawa Timur pada zaman dahulu tentu banyak meninggalkan benda-benda bersejarah, mulai dari senjata, perhiasan, prasasti, candi dan lain-lain. Sesekali tidak ada salahnya kita orang yang tinggal di Indonesia lebih banyak belajar tentang hal-hal bersejarah di sekitar kita. Caranya sederhana dan Anda bisa membuatnya menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Minum air saat menyelam. Sambil bersenang-senang, Anda bisa belajar tentang sejarah negara kita. Di Malang, pastikan Anda tidak melewatkan Candi Singosari dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi.

Candi Singosari merupakan tempat wisata di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebagian besar candi di Jawa Timur, khususnya di Malang, memiliki hubungan sejarah yang kuat dengan Kerajaan Singosari. Dinasti Singosari merupakan keturunan dari Ken Dedes dan kedua suaminya, Tunggul Ametung dan Ken Arok. Sejarah kerajaan ini juga melahirkan legenda terkenal tentang keris buatan Mpu Gandring.

Bangunan Candi Singosari menempati areal seluas 200 x 400 meter. Di kompleks candi ini terdapat beberapa candi lain yang membentuk satu kesatuan. Bangunan candi utama sendiri berukuran 14 x 14 meter dan tingginya mencapai 15 meter. Terdapat relief yang terpahat indah di dinding candi ini.

Di kompleks candi ini juga terdapat dua arca Dwarapala berukuran besar setinggi 4 meter. Uniknya, patung besar ini membawa gada, namun mengarah ke bawah. Artinya, meskipun para Penjaga adalah raksasa, mereka menyambut mereka dengan kasih sayang. Sebenarnya masih ada arca lain di candi Singosari ini. Namun patung-patung tersebut ada di Monumen Nasional dan sebagian di Kerajaan Belanda.

Selain arca yang sangat besar, di kompleks candi Singosari juga terdapat banyak artefak peninggalan zaman dahulu. Artefak ini hadir dalam berbagai bentuk, ada yang berupa patung atau bagian bangunan. Benda-benda bersejarah tersebut merupakan hasil temuan di sekitar lokasi kompleks candi. Hal ini tidak mengherankan karena dulunya tempat ini dekat dengan pusat kerajaan Singosari. Sayangnya, saat itu hanya Candi Singosari yang ditemukan.

Candi Singosari dibangun dengan bentuk piramida yaitu dengan batu andesit yang disusun dari bawah ke atas kemudian dipahat sedemikian rupa sehingga bagian atasnya lebih kecil dari bagian bawah candi. Bagian-bagian candi Singosari juga memiliki fungsi yang memiliki arti tersendiri. Batur (pondasi), kaki candi, badan candi dan atap memiliki fungsi yang berbeda.

Batur atau pondasi tersebut diyakini sebagai dasar pembangunan Candi Singosari. Bagian dasar Candi Singosari di sini terdapat ruang relung-relung. Selain itu, terdapat arca Resi Agastya yang dipercaya sebagai penyebar agama Hindu dari India hingga Jawa.

Fasilitas di Candi Singosari

Bagi anda yang ingin mengunjungi Wisata Jalan Kaki Sejarah Candi Singosari tidak perlu khawatir karena beberapa fasilitas sudah tersedia untuk pengunjung seperti:

– Area parkir

Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini dengan kendaraan pribadi, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir, karena di sini sudah tersedia banyak tempat parkir untuk kendaraan bermotor Anda.

– Bilik atau tempat makan

Bagi Anda yang merasa lapar atau haus namun tidak membawa perbekalan sendiri, Anda akan menjumpai warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjajakan makanan dan minuman di luar kawasan candi Singosari.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting yang sepertinya dimiliki oleh setiap objek wisata juga disediakan oleh pihak pengelola. Jadi kalau mau buang air kecil, cari saja toilet terdekat.

– Paviliun

Setelah berkeliling candi, Anda dapat menggunakan paviliun di sana untuk bersantai, duduk-duduk dan menikmati angin sejuk dan pemandangan alam di sekitar Anda.

Berburu foto di Candi Singosari

Sudah lama rasanya wajib bagi seseorang yang pergi berlibur membawa kamera. Meski tidak membeli oleh-oleh, Anda masih punya kenang-kenangan untuk dilihat nanti. Penggemar fotografi outdoor dapat mengungkapkan keinginannya untuk mengabadikan momen dan pemandangan di Candi Singosari. Bentuk candi yang unik dan eksotis sangat cocok sebagai latar foto Anda. Selain itu, Anda juga bisa memotret relief yang bisa dilihat di dinding candi. Jangan lupa ada patung raksasa memegang gada yang bisa kamu jadikan spot foto selanjutnya. Tentu saja Anda bebas menjelajahi daerah tersebut sehingga Anda dapat mengambil foto yang bagus. Kemudian Anda dapat mengunggah foto yang Anda terima ke media sosial Anda.

Baca Juga : Pantai Bantol, Wisata Mancing Lobster

Akses jalan menuju Candi Singosari

Jika Anda ingin mengunjungi Candi Singosari, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Cari Bank BCA KCP Singosari di Jalan Mondoroko. Di sebelah bank adalah Jalan Kertanegara. Silahkan ikuti Jalan Kertanegara hingga menemukan bangunan Candi Singosari yang berada di sebelah kanan (utara) jalan.

Biaya masuk ke Candi Singosari

  • Biaya masuk: Opsional

Anda tidak akan dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi Candi Singosari, sehingga Anda dapat membayarnya secara sukarela. Untuk berjaga-jaga, jika membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyiapkan uang untuk biaya parkir. (Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Candi Singosari

  • Buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 10 malam

Tips Liburan di Candi Singosari

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Candi Singosari semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Singosari adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Candi Singosari bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas repot ke Candi Singosari.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Candi Singosari.

Galeri Foto Candi Singosari

Candi Singosari
Patung Penjaga
Taman di Area Patung Penjaga
Spot foto di pintu candi
Titik foto di dinding candi
Kolam di Candi Singosari
Potret Candi Singosari
Berburu foto di Candi Singosari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button