Tempat Wisata

Goa Margo Tresno: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali adalah tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Jawa Timur juga merupakan surga tersendiri bagi para pecinta travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti di Nganjuk, ada satu tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan yaitu Goa Margo Tresno.

Gua Margo Tresno merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang terletak di Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Wisata Goa Margo Tresno Nganjuk merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan dalam dan luar kota pada hari biasa maupun hari libur dan terkenal di Nganjuk dan sekitarnya. Pemandangan yang menyambut Anda di tempat ini begitu indah dan dapat memberikan perasaan yang berbeda dari aktivitas kita sehari-hari yang penuh dengan penat dan stress. Goa Margo Tresno juga memiliki pesona keindahan yang menarik untuk dikunjungi. Sayang sekali jika anda berada di kota Nganjuk tidak mengunjungi wisata Gunung Bayangkaki di Nganjuk, keindahannya tidak ada duanya.

Pada masa Perang Pajang, wilayah Margo Tresno (dulu disebut Ubalan) dijadikan tempat persembunyian dan berada di bawah perlindungan seorang Punggowo bernama Tlimah. Seorang punggowo, si bungsu, dikenal sebagai jagoan dan memiliki kesaktian, dengan tugas utama menjaga, menahan, melawan, melawan dan melindungi dari segala ancaman dan kesulitan, sehingga tercipta kehidupan yang aman dan damai dalam kehidupan sehari-hari. Berkat Sawab Linuwih milik Tlimahs Punggowo, Gua Margo Tresno tumbuh dan timbul kepercayaan bahwa kawasan ini merupakan kawasan yang sangat efektif dan paling cocok untuk melakukan kegiatan “lamunan”. Terutama untuk kegiatan perasaan dan berpikir. Mencari inspirasi, mencerahkan hati, niat dan pikiran serta membangun kembali ikatan kebahagiaan dan ketenangan pikiran.

Suasana di Gua Margo Trisno terkesan sangat magis. Kegelapan hitam pekat menguasai perut gua. Suara ribuan kelelawar menambah mencekam suasana. Selain itu, goa ini sendiri terletak di tengah hutan jati Pegunungan Kendeng. Menurut juru kunci, nama itu berasal dari Margo Tresno. Margo artinya jalan dan Tresno artinya cinta. Meski Gua Margo Tresno dipercaya membawa kedamaian dan panjang umur bagi rumah tangga orang yang memasukinya, ternyata masyarakat setempat tidak menikmati berkah tersebut. Hanya orang di luar wilayah Ngluyu yang bisa merasakannya.

Fasilitas di Gua Margo Tresno

Sedangkan fasilitas objek wisata Gua Margo Tresno tidak terlalu banyak atau lengkap, ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas. Biaya parkirnya juga murah.

– Paviliun

Dengan membangun paviliun di sekeliling goa, anda bisa duduk santai menikmati pemandangan goa yang unik serta asrinya pepohonan dan tumbuhan yang memberikan kesan sejuk.

– Akomodasi

Di luar tempat wisata ini, bagi Anda yang membutuhkan akomodasi bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar kawasan wisata.

– Bilik atau tempat makan

Berkeliaran di area goa dan menjelajahi bagian dalam goa dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Berburu foto di Gua Margo Tresno

Penggemar seni foto dapat membebaskan keinginan mereka untuk mengambil foto pemandangan indah di Gua Margo Tresno dan sekitarnya. Hamparan pepohonan hijau dan tanaman yang mengelilingi goa tentunya bisa Anda jadikan sebagai target jepretan kamera Anda. Dan jika Anda memutuskan untuk menjelajahi gua, Anda juga dapat mengabadikan momen-momen seru ini bersama teman atau anggota keluarga Anda. Setelah puas bermain di area goa, Anda juga bisa pergi ke tempat menarik lainnya untuk dijadikan latar foto. yaitu pegunungan. Sekitarnya.

Sumber: Google Map

Baca juga: Candi Lor, Berwisata sambil Menikmati Eksotisme Peninggalan Sejarah

Akses jalan menuju Goa Margo Tresno

Bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan tinggal mengarahkan dengan kendaraan anda. Sulit untuk menemukan tempat itu. Anda bisa menyalakan aplikasi GPS untuk memandu Anda ke sana Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu.

Biaya masuk Goa Margo Tresno

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Selama liburan di Goa Margo Tresno Anda juga perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir. (Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Goa Margo Tresno

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore

Tips liburan di Goa Margo Tresno

Jadikan liburan Anda dan keluarga Anda di XXX semakin menyenangkan dan berkualitas lebih tinggi. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Gua Margo Tresno adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Gua Margo Tresno bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Goa Margo Tresno.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar selama berlibur di Gua Margo Tresno.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button