Tempat Wisata

Patung Banteng : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Di negeri kita tercinta Indonesia memang selalu kaya akan budaya termasuk di Pulau Jawa sendiri Kerajaan-kerajaan yang muncul di berbagai wilayah Jawa Timur pada zaman dahulu tentu banyak meninggalkan benda-benda bersejarah antara lain senjata, perhiasan, prasasti, candi dan lain-lain. orang lain. Sesekali tidak ada salahnya kita orang yang tinggal di Indonesia lebih banyak belajar tentang hal-hal bersejarah di sekitar kita. Caranya sederhana dan Anda bisa membuatnya menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Minum air saat menyelam. Sambil bersenang-senang, Anda bisa belajar tentang sejarah negara kita. Di Ngawi, pastikan Anda tidak melewatkan patung banteng yang masuk dalam daftar tempat wisata untuk dikunjungi.

Pepatah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Seperti kita ketahui, Indonesia telah banyak menyaksikan peristiwa sejarah di masa lalu dan kita sebagai warga negara yang baik juga harus menghargai jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia. Ada banyak cara untuk melakukan ini. Salah satunya dengan menyelenggarakan wisata edukasi ke museum atau candi yang banyak sekali di Indonesia. Nah, patung banteng salah satu yang bisa kamu kunjungi, apalagi jika kamu berasal dari Jawa Timur.

Patung Banteng merupakan objek wisata di Jawa Timur dan terletak di Desa Wanareja, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Menurut cerita yang diyakini masyarakat setempat, Mbah Soikromo lah yang menemukannya dan melakukan proses penggalian di atas bukit di desa Karang Blek (sekarang Dusun Reco Banteng) pada tahun 1938 dengan dukungan warga. Arca ini ditemukan karena curiga terhadap sebuah bukit yang selalu dinanti oleh hewan banteng. Setelah digali oleh beberapa warga, ia menemukan benda-benda bersejarah yang diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit. Dan asal usul namanya Dusun Reco Banteng karena beberapa peninggalan tersebut ditemukan yaitu Reco/Arca yang berarti patung dan Banteng yang berarti lembu.

Namun sangat disayangkan kondisi patung banteng tersebut saat ini sudah rusak parah, bahkan beberapa patung dan beberapa landmark lainnya hilang. Hal ini tidak lain adalah faktor alam dan juga disebabkan oleh kurangnya perhatian pemerintah. Selain itu, tidak ada pekerjaan pemeliharaan khusus yang dilakukan pada bangunan tua tersebut. Padahal, penelitian pernah dilakukan oleh para ahli di situs tersebut. Namun, belum ada kelanjutannya. Beberapa arca atau arca yang ditemukan selama penggalian warga, seperti arca Ganesha dan beberapa arca mirip binatang diantaranya banteng, sapi.

Fasilitas di Patung Banteng

Sedangkan fasilitas objek wisata Arca Banteng yang ada tidak terlalu banyak atau lengkap, ada beberapa yang bisa anda temukan seperti :

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Bermain-main dengan patung selama berjam-jam pasti akan membuat perut Anda lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang didirikan di sana, Anda dapat duduk santai dan menikmati pemandangan patung dan pepohonan hijau di sekelilingnya.

– Akomodasi

Di area patung, Anda yang membutuhkan penginapan bisa mencari penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area candi.

Berburu foto di patung banteng

Di patung banteng ini, bagi Anda yang tertarik dengan seni fotografi bisa mengambil foto dari tempat-tempat menarik. Pastinya sangat menarik untuk mengabadikan pemandangan patung yang bentuknya unik yaitu berbentuk banteng lalu di posting di media sosial anda agar banyak orang yang mengetahui keindahan dari patung banteng tersebut. Selain itu, terdapat tempat-tempat yang juga banyak digunakan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berfoto bersama teman atau sekedar bersenang-senang. Lokasi tersebut berada di sekitar pepohonan rindang di sekitar area patung di depan patung Ganesha yang terpahat indah. Anda dapat meminta orang lain untuk mengambil gambar Anda saat Anda duduk atau berdiri dengan latar belakang yang indah dari patung atau arca lainnya.

Baca Juga: Air Terjun Singokromo, Wisata dan Nikmati Pemandangan Alam yang Hijau

Akses jalan menuju patung banteng

Bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan langsung mengarahkan dengan kendaraan anda. Sulit untuk menemukan tempat itu. Anda bisa menyalakan aplikasi GPS untuk memandu Anda ke sana Desa Wonorejo, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Agar lebih mudah lagi, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum yang melewati objek wisata ini.

Biaya masuk ke patung banteng

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Ada biaya lain yang harus diperhatikan, seperti biaya parkir sepeda motor atau mobil. (Diperbarui Mei 2023)

Jam buka patung banteng

  • Buka setiap hari dari pukul 06.00 – 00.00

Tips liburan ke patung banteng

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Arca Banteng semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi patung banteng adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Arca Banteng bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Arca Banteng.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Patung Banteng.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button