Tempat Wisata

Gunung Liliran: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali adalah tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Jawa Timur juga merupakan surga tersendiri bagi para pecinta travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti di Ngawi, ada satu objek wisata yang tidak boleh dilewatkan yaitu Gunung Liliran.

Gunung Liliran merupakan objek wisata yang bisa Anda temui di Desa Kenggung, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Menurut warga setempat, Gunung Liliran juga merupakan tujuan wisata alam dan spiritual. Pasalnya, Gunung Liliran menawarkan latar panorama alam yang menakjubkan. Mencapai puncak bukit menawarkan panorama yang indah dengan hamparan sawah dan sungai yang mengalir ke utara menuju Bengawan Solo. Selain itu, ada fenomena yang menjadi rutinitas: Pada tanggal 1 Muharram atau 1 Syuro, Gunung Liliran banyak dikunjungi orang dengan tujuan tertentu. Ada yang berziarah dan ada yang bertapa di dekat makam Joko Budug

Legenda Joko Budug sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat Ngawi. Ceritanya, dahulu kala ada seorang putri bernama Putri Ayu Rara Kemuning yang sakit parah. Raja juga mengadakan sayembara: siapa yang bisa menyembuhkan sang putri akan berada di sisinya. Dengan menggunakan kesaktiannya, Joko Budug berhasil menyembuhkan sang putri, namun kemudian dibunuh oleh patih raja. Sebelum meninggal, dia bersumpah bahwa dia tidak akan dimakamkan sampai dia menikahi sang putri. Putri yang berduka melarikan diri dari istana dan akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di Gunung Liliran. Akhirnya sepasang kekasih itu dimakamkan di Gunung Liliran. Sejak itu, orang menganggap tempat ini sebagai tempat suci karena latar belakang sejarahnya.

Terlepas dari benar atau tidaknya legenda tersebut, properti wisata Gunung Liliran merupakan destinasi liburan yang cocok jika ingin berkunjung ke kota Ngawi. Alam yang indah dapat menarik pengunjung untuk datang dan kembali, karena banyak hal yang dapat dilakukan di tempat ini, seperti mendaki ke puncak Gunung Liliran, berkemah, bermain di sungai setempat, berziarah ke makam Joko Budug. , atau sekedar mencari foto. .

Fasilitas di Gunung Liliran

Karena tempatnya yang berada di pegunungan, bisa dipastikan tidak banyak fasilitas pendukung untuk pengunjung yang akan Anda temukan seperti di tempat wisata lainnya. Namun, Anda tetap dapat menggunakan beberapa fasilitas yang ada, mis.

– tempat perkemahan

Bagi para pecinta alam, tentunya akan sangat menyenangkan menghabiskan waktu di tengah pemandangan alam yang indah penuh dengan pepohonan, tumbuhan, dan satwa liar. Di sana Anda bisa mendirikan kemah untuk merasakan sensasinya. Untuk menambah keseruan, kamu juga bisa membuat api unggun.

– Tempat peristirahatan umum

Fasilitas penting ini juga tersedia di sana, jadi Anda tidak perlu khawatir mencari kamar mandi jika membutuhkannya di Gunung Liliran.

– Area parkir

Bagi wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, Gunung Liliran telah menyediakan tempat parkir yang luas dan luas untuk kendaraan pengunjung.

– Berdiri di pinggir jalan

Anda mungkin tidak menemukan banyak warung atau rumah makan di kawasan Gunung Liliran, hanya sekitar satu atau dua saja. Jadi lebih baik jika membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Berburu foto di Gunung Liliran

Anda yang sangat menyukai seni fotografi bisa membawa kamera Anda, baik kamera ponsel atau kamera profesional, saat mengunjungi tempat wisata ini. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas, Gunung Liliran tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, tetapi juga beberapa kawasan menarik seperti Gua dan Makam Joko Budug. Lanskap di lokasi ini juga sangat cocok sebagai target kamera. Dan jika Anda membawa kamera anti air, Anda bisa mengabadikan banyak momen seru bersama keluarga atau teman saat bermain di sungai. Kegiatan yang cocok untuk kamu jadikan tujuan foto lainnya adalah menikmati api unggun bersama teman-teman.

Baca Juga: Patung Banteng, Berwisata sambil menikmati bangunan bersejarah Kerajaan Majapahit

Akses jalan menuju Gunung Liliran

Bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan tinggal mengarahkan dengan kendaraan anda. Sulit untuk menemukan tempat itu. Anda bisa menyalakan aplikasi GPS untuk memandu Anda ke sana Desa Kenggung, Kecamatan Sine, yaitu lokasi Gunung Lilian.

Biaya masuk ke Gunung Liliran

Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir kendaraan anda jika ingin mengunjungi Gunung Liliran di Ngawi (Update Mei 2023)

Jam buka Gunung Liliran

Tips Liburan ke Gunung Liliran

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Gunung Liliran semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Liliran adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Gunung Liliran bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Gunung Liliran.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Gunung Liliran.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button