Tempat Wisata

Pantai Klayar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita bersyukur hidup di negeri yang sangat kaya akan sumber daya alam di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu, tidak heran jika banyak destinasi wisata menarik di Indonesia, baik yang buatan maupun yang alami. Di provinsi Jawa Timur terdapat sebuah kabupaten yang dikenal sebagai “Kota Seribu Gua” yaitu Pacitan. Salah satu destinasi liburan favorit masyarakat, Pacitan memiliki banyak tempat wisata dan pesonanya tak terbantahkan. Letaknya yang berada di dataran tinggi juga memberikan nuansa sejuk dan sejuk di kota ini, membuat banyak orang betah tinggal di Pacitan. Salah satu pantai yang wajib dilewatkan adalah Pantai Klayar.

Pantai Klayar merupakan obyek wisata pantai yang lokasi tepatnya berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Tak bisa dipungkiri pantai masih menjadi tujuan wisata yang digemari banyak orang, baik anak muda maupun orang tua. Suasana pantai yang khas dengan angin segar dan ombak yang bergulung memang menjadi magnet utama para wisatawan. Nah, ada satu pantai di Pacitan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke sana yaitu Pantai Klayar.

Selain menawarkan wisata goa yang banyak, Pacitan juga kaya akan wisata pantai dengan pemandangan yang menawan dan indah seperti Pantai Buyutan, Pantai Soge, Pantai Teleng Ria, Pantai Srau, Pantai Taman dan lain-lain. Dan ada satu pantai yang terbilang baru dan kini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan yaitu Pantai Klayar. Nama Pantai Klayar masih kalah populer dibanding Goa Gong atau Pantai Teleng Ria karena kedua lokasi tersebut sudah ada sejak lama dan pengelolaannya juga bagus. Di sana Anda akan menemukan beragam fasilitas, karena lokasinya juga mudah diakses. Berbeda dengan Pantai Klayar, tempat wisata yang satu ini tidak hanya minim fasilitas namun juga cukup sulit dijangkau sehingga membuat banyak wisatawan berpikir dua kali sebelum mengunjungi Pantai Klayar.

Namun jerih payah menuju ke sana akan segera terbayar saat Anda menikmati panorama hamparan pasir putih yang luas dan lembut berpadu dengan bentuk karang lokal yang unik. Selain itu, ombak besar yang memecah tebing menjadi pemandangan menarik tersendiri. Selain itu, ada ikon Pantai Klayar yaitu gundukan karang yang menjulang tinggi setinggi pohon kelapa di pesisir timur.

Sayangnya, berenang tidak disarankan karena ombaknya cukup tinggi dan ganas di sana. Jadi lebih baik jangan gegabah dan bermain di pantai saja. Salah satu hal yang paling indah dari Pantai Klayar adalah pemandangan sunset yang sangat indah dan memanjakan mata. Di sepanjang Pantai Klayar pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang masih bersih dan alami serta dihiasi ornamen pohon kelapa di tepi Pantai Klayar.

Fasilitas di Pantai Klayar

Bicara soal fasilitas, di lokasi ini Anda akan menemukan beberapa fasilitas pendukung bagi pengunjung, seperti:

– tempat perkemahan

Daripada harus mencari tempat menginap, anda bisa membawa perlengkapan camping dari rumah dan mendirikan tenda disini karena tentunya camping di pantai ini seru dan menyenangkan dan anda bisa menikmati alam secara maksimal. Ditemani api unggun, pengalaman berkemah yang seru menanti Anda.

– Kantin atau tempat makan

Jangan khawatir membuat diri Anda kelaparan jika Anda datang ke sini, tetapi jangan membawa makanan dan minuman. Di kawasan pantai ini Anda akan menemukan beberapa warung yang juga menjual makanan dan minuman dengan harga yang relatif murah.

– Kamar mandi umum

Bahkan, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada dimana-mana di setiap objek wisata dan di pantai ini Anda tidak perlu lagi khawatir untuk mencari toilet umum karena di kawasan ini ada beberapa yang bisa Anda gunakan jika diperlukan.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang kesana menggunakan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri. Tempat parkir ini juga cocok untuk bus wisata

– Kamar untuk menginap

Anda dapat mencari di sekitar pantai untuk akomodasi yang sesuai dengan anggaran Anda. Ada yang murah, ada yang mahal.

Berburu foto di Pantai Klayar

Ketika Anda datang ke pantai, jika Anda tidak membawa kamera, Anda kehilangan dan melewatkan berbagai momen menarik yang terjadi saat liburan. Anda bisa memanjakan hasrat fotografi Anda di Pantai Klayar, karena banyak spot menarik yang bisa dimanfaatkan, seperti ruang di depan bebatuan di sana, dan pasir putih yang eksotis membuat pemandangan semakin menarik. Anda juga dapat merekam aktivitas yang Anda lakukan di sana, mis. B. bermain voli, snorkling atau membuat api unggun. Ingin pemandangan yang lebih indah? Tunggu saja sore hari saat matahari mulai beranjak ke tempat peristirahatannya dan Anda bisa melihat indahnya langit jingga nan cantik berpadu dengan birunya air laut yang mampu membuat Anda tertawa terkagum-kagum.

Baca juga: Perkebunan Teh Jamus, Jalan-Jalan dan Belajar Produksi Teh Sepanjang Jalan

Akses jalan menuju Pantai Klayar

Menuju Pantai Klayar cukup mudah. Jika pengunjung datang dari arah Kota Jogja, bisa melewati Kota Wonosari di Gunungkidul. Kemudian menuju ke timur menuju Pathuk dan terus menuju kota Wonosari. Dari situ perjalanan dilanjutkan ke Pracimantoro. Lalu ke Giribeli. Nantinya akan melewati kawasan Punung. Setelah kawasan Punung, di kanan jalan ada plang bertuliskan Pantai Klayar. Pengunjung atau wisatawan cukup mengikuti rambu-rambu menuju Pantai Klayar.

  • Biaya masuk ke Pantai Klayar
  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 15.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Klayar

  • Buka setiap hari dari jam 7.30 pagi hingga 4 sore

Tips Liburan ke Pantai Klayar

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Klayar semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Klayar adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Klayar bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Klayar.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Klayar.

Galeri foto Pantai Klayar

Selamat datang di Pantai Klayar
Pantai Klayar di Pacitan
Suasana pengunjung ramai
Bebatuan di Pantai Klayar
Naik motor ke Pantai Klayar
Keindahan Pantai Klayar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button