Tempat Wisata

Masjid Tiban: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Aktivitas atau pekerjaan yang intens yang Anda lakukan setiap hari seringkali menimbulkan rasa stres dan tekanan yang kuat dalam hidup Anda. Itulah mengapa liburan dianggap penting agar Anda bisa mengendurkan otot-otot tubuh dan menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa Sekaligus melepaskan penat. Keadaan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan. Malang sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur bisa menjadi tujuan wisata yang tepat apalagi jika anda mencari objek wisata alam karena disana anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan. Namun tidak hanya wisata alam, wisata religi juga tidak kalah seru seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu Masjid Tiban.

Masjid Tiban merupakan tempat wisata religi yang bisa anda kunjungi di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang – Jawa Timur. Anda bisa memilih berbagai jenis wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata air, wisata sejarah hingga wisata religi. Anak muda tidak suka yang terakhir, tapi tidak kalah seru dan menyenangkan. Selain berwisata, kita juga bisa belajar lebih banyak tentang sejarah Islam atau tempat-tempat yang berhubungan dengan suatu agama, sehingga menambah pengetahuan kita. Jadi saat anda berkunjung ke Malang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Masjid Tiban yang memiliki keunikan sejarah.

Masjid Tiban yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Ajaib ini sebenarnya adalah pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Nama panjangnya berarti “Lautan Madu” atau “Fadilah Rohmat” (Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat-Jawa terjemahan). Dinamakan Masjid Tiban sendiri karena konon masjid yang megah dan indah ini dibangun tanpa sepengetahuan masyarakat disana. Mitos pun beredar, kedengarannya agak seram, yaitu masjid ini dibangun oleh hantu hanya dalam waktu satu malam. Untungnya, mitos ini dibenarkan oleh salah satu penjaga masjid ketika pembangunan masjid yang notabene kompleks pesantren ini transparan karena dilakukan oleh santri dan warga masyarakat. Keberatan juru kunci masjid jelas terpampang dengan huruf besar di depan meja resepsionis: “Kalau ada yang bilang begitu.” adalah gubuk (gubuk yang muncul dengan sendirinya), dibangun oleh jin, dsb, itu tidak benar. Karena bangunan ini merupakan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah, yang dibangun secara eksklusif oleh santri dan masyarakat. ”

Masjid yang juga berfungsi sebagai pondok pesantren ini memiliki 10 lantai yang setiap lantainya memiliki tema desain interior yang berbeda. Di lantai 1 terdapat beberapa dekorasi akuarium yang cukup besar dan tempat penjualan souvenir. Di lantai 2 hingga 6, disuguhkan berbagai ukiran dan ornamen kaligrafi yang terlihat cantik dan menarik. Di lantai 7 hingga 8, Anda bisa membeli pernak-pernik atau souvenir Masjid Tiban. Dan di lantai 9 sampai 10 kamu bisa menikmati pemandangan green village dari ketinggian.

Fasilitas Masjid Tiban

Sedangkan fasilitas yang ada di obyek wisata religi Masjid Tiban tidak terlalu banyak atau lengkap, ada beberapa yang bisa anda jumpai seperti;

– Toko hadiah

Sebelum pulang, Anda bisa membeli pernak-pernik khas Masjid Tiban sebagai oleh-oleh untuk kerabat

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas. Biaya parkirnya juga murah.

– Bilik atau tempat makan

Menghabiskan waktu berjam-jam menjelajahi lingkungan sekitar Masjid Tiban pasti akan membuat perut Anda terasa lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan indah bangunan Masjid Tiban. Suasana di luar masjid juga sangat menyenangkan, sejuk dan damai

– Akomodasi

Di sekitar Masjid Tiban, Anda yang membutuhkan akomodasi bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Kolam renang

Tidak banyak, atau bisa dibilang sangat jarang masjid yang memiliki kolam renang. Di sini Anda bisa menggunakan kolam renang untuk berenang atau sekedar bermain air.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area masjid.

Berburu foto di Masjid Tiban

Baru-baru ini, media sosial telah menaklukkan tempat di hati banyak orang. Alhasil, semakin banyak perusahaan yang berlomba-lomba menyediakan konten menarik di platform media sosial mereka. Tentunya saat berlibur pun wisatawan ingin mengambil banyak foto yang bagus dan menarik agar dapat dilihat oleh banyak pengguna media sosial lainnya. Di Masjid Tiban Anda juga bisa mengambil berbagai foto tempat-tempat menarik yang bisa Anda temukan. Eksterior masjid ini sudah sangat megah dan indah, bisa dijadikan latar belakang foto Anda bersama keluarga atau teman. Masuk ke dalam, Anda akan menemukan interior dengan tema yang berbeda untuk setiap lantainya, cocok untuk yang suka selfie. Kolam ikan di lantai 2 juga terlihat menarik untuk foto. Lalu, di lantai lainnya terdapat ornamen kaligrafi yang sangat indah, dan sampai lantai 9 dan 10, Anda bisa mengarahkan jepretan kamera Anda ke pemandangan sawah dan lanskap dari ketinggian.

Baca juga: Omah Kayu, Berwisata dan Nikmati Pemandangan dari Ketinggian

Akses jalan menuju Masjid Tiban

Cara menuju Masjid Tiban dari Stasiun Malang dapat ditempuh dengan angkutan umum Mayor AG (Arjosari-Gadang) dengan tarif 4.000 dan turun di Terminal Gadang. Kemudian dilanjutkan dengan naik COLT L300 (minibus) seharga 7.000 dan turun di pangkalan Ojek (*tinggal bilang ke kondektur jalan menuju Masjid Tiban). Kemudian naik ojek menuju Masjid Tiban dengan biaya 10.000.

Biaya masuk ke Masjid Tiban

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam masuk masjid

Tips liburan di Masjid Tiban

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Masjid Tiban semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Masjid Tiban adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Masjid Tiban bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Masjid Tiban.

Galeri foto Masjid Tiban

Selamat datang di Masjid Tiban
Gerbang masuk Masjid Tiban
Spot foto di balkon masjid
Di masjid
berburu foto
Matahari terbenam di Masjid Tiban

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button