Tempat Wisata

Danau Kelimutu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bukan berita lagi bahwa kawasan Nusa Tenggara Timur memiliki banyak potensi wisata yang menarik. Mulai dari pantainya yang indah hingga berbagai kawasan pemandangan yang begitu memukau. Salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para pecinta wisata adalah Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu yang menawarkan pengalaman wisata yang seru dan menyenangkan.

https://www.placewisata.pro/tag/danau

Bagi pecinta wisata yang berkunjung ke Flores, tidak ada salahnya mengunjungi wisata menarik ke Danau Kelimutu. Tempat wisata ini sering disebut sebagai “Danau Tiga Warna”. Danau ini tidak hanya populer sebagai tujuan wisata di dalam negeri tetapi juga menarik wisatawan mancanegara.

Objek Wisata Danau Kelimutu:

1. Monyet pelindung dan tebing terjal

Anda yang berkunjung ke kawasan Danau Kelimutu akan dihadapkan pada pemandangan tebing terjal dan indah. Selain itu, Anda juga akan terkesan dengan sosok penjaga tebing yang bersemayam di tempat wisata ini. Sekelompok monyet berbulu coklat menjadi penjaga tebing yang terletak di pinggir tebing, memenuhi dahan-dahan pohon.

Meski pemandangan dari tebing ini sangat bagus, sebaiknya jangan terlalu lama menatap kecuraman tebing karena area tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan Anda.

2. Keindahan Danau Tiwu Ata Polo dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai

Setelah menaiki sekitar 15 anak tangga di atas beton, Anda akan menemukan dua dari tiga danau di kawasan wisata ini. Kedua danau itu disebut “Tiwu Ata Polo” dan “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai”.

Tiwu Ata Polo ada di sebelah kanan, menghadap ke danau. Warna danau ini hitam pekat. Danau di sebelah kiri adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang berwarna hijau tosca.

Kedua danau ini berdekatan dan dipisahkan oleh tebing berupa dinding pemisah. Tebing tersebut berbentuk seperti kolam dan penuh dengan bebatuan.

3. Pusat Perkumpulan Arwah “Tiwu Ata Mbupu”

Obyek yang menarik di Danau Tiga Warna ini adalah “Tiwu Ata Mbupu”. Danau ini sangat jernih dan memiliki warna hijau tosca. Konon, telaga yang terpisah dari telaga lainnya ini merupakan tempat bertemunya arwah orang tua yang telah meninggal sebelumnya.

4. Monumen Pereda Kelelahan

Perjalanan panjang menuju puncak Danau Kelimutu cukup melelahkan. Ketinggian danau membuat udara semakin tipis dan jalur yang terjal membuat pengunjung lelah dan letih. Untuk menghilangkan penat tersebut, pengunjung dapat beristirahat dan bersantai di Monumen Puncak Kelimutu.

Monumen ini dikelilingi oleh beberapa anak tangga. Pengunjung dapat menikmati suasana santai sambil bercengkerama dengan rombongan. Selain itu, tempat ini juga sangat menarik untuk mengabadikan momen spesial melalui gambar-gambar lucu. Nikmati kopi hangat sambil mensyukuri keagungan alam yang begitu sempurna.

5. Mitos Perubahan Warna

Danau Kelimutu sering disebut sebagai Danau Tiga Warna. Ketiga danau di kawasan wisata ini memiliki warna yang berbeda-beda dan sewaktu-waktu dapat berubah. Bahkan ada ahli yang mengatakan bahwa hal ini mungkin disebabkan oleh komposisi material yang ada di dasar danau.

Ada juga yang mengatakan bahwa perubahan warna ini karena suasana politik di negara kita. Negara Indonesia yang damai dan damai memberi warna biru pada danau ini. Namun, saat suasana politik memanas dan bergejolak, warna danau menjadi merah.

Festival Persembahan Makanan untuk Leluhur ke-6 “Pati Ka”

Setiap tahun pada tanggal 14 Agustus diadakan festival unik di Danau Kelimutu. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, ‘pati ka’ yang berarti ‘memberi makan’ menjadi fokus acara.

Makanan ini diberikan kepada leluhur di danau. Daging babi atau “Wawi” dalam bahasa setempat, dan minuman beralkohol “Moke” khas daerah Kelimutu biasanya disajikan sebagai sesaji.

7. Perpaduan budaya barat dan adat timur

Perpaduan Indonesia dan luar negeri membawa serta konsep perhotelan. Pertunjukan lesehan adalah budaya dari Indonesia, sedangkan menari bersama adalah budaya asing. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh wisatawan domestik tetapi juga oleh wisatawan mancanegara. Bahkan turis mancanegara pun mengikuti adat setempat dan memakai baju atasan “Lawo Lambu” seperti penduduk lokal dari daerah Kelimutu.

Fasilitas di Danau Kelimutu:

  1. area parkir
  2. tempat istirahat/pendopo
  3. Toilet
  4. Spot foto yang menarik
  5. warung makan dan minum

Biaya masuk ke Danau Kelimutu

  • Biaya masuk untuk tiket domestik: Rp 15.000/orang
  • Harga tiket internasional: Rp 150.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Danau Kelimutu:

Lokasi dan rute menuju Danau Kelimutu:

Danau Kelimutu, Woloara, Kelimutu, Kabupaten Akhir, Nusa Tenggara Timur.

Jalan menuju tempat wisata dimulai dari Kabupaten Ende hingga Desa Moni. Jarak yang harus ditempuh dari kecamatan. Ujung ke arah desa Moni berjarak 50 km. Dari situ Anda bisa melanjutkan perjalanan sekitar 15 km menuju pintu masuk wisata Taman Nasional Kelimutu.

Danau Kelimutu merupakan tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Flores. Saking menariknya, danau ini menginspirasi desain uang kertas kuno pecahan 5.000 rupee.

Tak hanya wisatawan domestik saja yang terpesona dengan keindahan alam Danau Tricolor ini, wisatawan mancanegara juga tertarik untuk melihat pesonanya yang indah. Suasana di kawasan ini cukup ramai. Suasana kekeluargaan dan keramahan sangat menyenangkan. Entah Anda mengetahuinya atau tidak, Anda akan ramah jika bertemu langsung.

Peta lokasi Danau Kelimutu

Tips mengunjungi Danau Kelimutu

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Danau Kelimutu semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Danau Kelimutu adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Danau Kelimutu bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Danau Kelimutu.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Danau Kelimutu.

Galeri foto Danau Kelimutu

Selamat datang di Taman Nasional KelimutuAkses jalan menuju danauPotret laut yang indahTempat foto terbaikKabut di Danau KelimutuMenikmati keindahan danauberburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button