Tempat Wisata

Wisata Batu Jonggol : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Meski Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkadang terlupakan dan jarang dikunjungi wisatawan, namun tempat ini sebenarnya menyimpan banyak permata indah yang sayang untuk dilewatkan saat merencanakan liburan. Sebagian besar wisatawan lebih memilih berwisata ke Surabaya, Banyuwangi atau kabupaten besar lainnya. Oleh karena itu, sesekali Anda harus mencoba datang ke Ngawi untuk menikmati pesona keindahan tempat wisata seperti Wisata Watu Jonggol.

Wisata Watu Jonggol merupakan destinasi wisata di Desa Pandansari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Jika Anda lebih menyukai wisata alam, tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama kerabat atau teman, karena di sini Anda bisa menikmati pemandangan yang belum pernah Anda lihat di tempat lain.

Terletak di lereng Gunung Lawu, tempat wisata ini menawarkan panorama yang indah di sekelilingnya. Pepohonan yang rindang dan juga tanaman yang asri memberikan kesejukan dan kesegaran udara serta suasana tempat ini dengan udara khas pegunungan yang membuat betah setiap pengunjung.

Selain pemandangannya yang indah, di sini juga terdapat dua kolam yang airnya langsung berasal dari dua air terjun di sana. Air kolamnya yang jernih dan segar benar-benar mengajak pengunjung untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Dua air terjun yang ada di Wisata Watu Jonggol adalah Air Terjun Kamulyan dan Air Terjun Watu Jonggol. Air terjun yang tingginya sekitar 45 meter ini dikelilingi bebatuan yang tersusun secara alami menjadi daya tarik yang mengundang wisatawan untuk datang ke sana.

Tempat wisata ini dikelola bersama dengan Perhutani, pemangku kepentingan daerah. Pemerintah dan pengelola berharap tempat ini dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Desa Pandansari.

Di tempat ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang dan bermain air di kolam yang disediakan. Jangan khawatir, kolam di sana aman, bahkan untuk anak kecil sekalipun. Anda juga bisa bersantai dengan piknik makan siang di sekitar area kolam sambil menikmati bekal makan siang Anda dan menikmati pemandangan yang terhampar di hadapan Anda.

Fasilitas di Wisata Watu Jonggol

Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas pendukung wisata karena tempat ini dikelola baik oleh manajemen maupun Perhutani, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa fasilitas diantaranya;

– Area parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa gerbong, masalah parkir tidak perlu lagi dikhawatirkan karena lahan parkir di sini cukup luas untuk menampung beberapa bus dan ratusan mobil atau motor pengunjung. Tempat parkir juga aman karena ada banyak penjaga.

– Kamar untuk menginap

Di kawasan sekitar Wisata Watu Jonggol Anda juga akan menemukan beberapa pilihan akomodasi dengan harga mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Tapi tempatnya dijamin nyaman.

– Kantin atau tempat makan

Tentunya jika Anda tidak sempat menyiapkan makanan dan minuman, Anda bisa menemukan warung di sana yang menjual makanan ringan atau minuman dan aneka makanan dengan harga yang sangat terjangkau.

– Tempat peristirahatan umum

Di beberapa tempat tempat ini telah disediakan beberapa kamar mandi atau WC umum bagi pengunjung ketika ingin mencuci tangan atau buang air kecil. Selain itu, tersedia pula beberapa kamar bagi Anda yang ingin berganti pakaian setelah berenang di kolam renang.

– tempat perkemahan

Jika Anda ingin menginap tetapi tidak ingin menginap di penginapan, Anda dapat membawa peralatan berkemah dan kemudian mendirikan kemah di lokasi yang disediakan oleh Manajemen. Berkemah menambah keseruan karena Anda bisa bersantai, bercanda dengan teman sambil menikmati api unggun.

– Masjid

Bagi Anda yang ingin segera melaksanakan ibadah salat dapat langsung menghubungi petugas setempat yang dengan senang hati akan mengantarkan Anda ke musala disana.

Berburu foto di Wisata Watu Jonggol

Berlibur di tempat wisata rasanya kurang lengkap jika tidak mengabadikan momen seru selama menginap atau pemandangan berbeda yang Anda lihat. Di Wisata Watu Jonggol ini anda akan menemukan beberapa tempat yang keren dan menarik untuk berfoto seperti air terjun yang tidak hanya satu tapi dua. Anda bisa menjadikan ini sebagai target jepretan kamera atau menggunakan pemandangan ini sebagai latar belakang foto Anda bersama keluarga dan teman. Jika Anda membawa kamera anti air, Anda juga bisa mengabadikan keseruan saat berendam di kolam di sana. Selain itu, pemandangan dari hutan di sekitar kawasan air terjun sangat indah dan cocok untuk berfoto. Jangan lupa untuk mengunggahnya di berbagai media sosial agar tempat wisata ini bisa dikenalkan ke banyak orang juga.

Baca Juga: Air Terjun Suwono, Sihir Tersembunyi di Ngawi

Akses jalan menuju Wisata Watu Jonggol

Jika anda penasaran dan ingin mengunjungi objek wisata ini, anda dapat menggunakan kendaraan bermotor dengan rute dari Ngawi Magetan melalui jalur Paron-Jogorogo-Ngrambe kemudian menuju ke arah Kecamatan Sine. Dari pertigaan South Sine Market. Belok kanan di persimpangan pertama. Di perempatan berikutnya, belok kiri lurus ke arah Pandansari. Anda juga bisa melihat papan penunjuk jalan “Wisata Watu Jonggol” yang dipasang di beberapa tempat. Kemudian masuk gang Gapuro warna biru disebelah kiri jalan diatas tanjakan setelah kantor desa Pandansari yang anda masuki melalui jalan cor kurang lebih 500 meter menuju loket masuk

Tiket Masuk Wisata Watu Jonggol

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka wisata Watu Jonggol

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips Liburan di Wisata Watu Jonggol

  • Bawa baju ganti
  • Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman
  • Jangan dibuang
  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button