Tempat Wisata

Pink Beach Lombok – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket pantai merah muda di Lombok memiliki keunikan tersendiri, Mulai jair laut yang jernih dan pasir pantai Merah Jambu dapat mempesona setiap orang yang mengunjunginya.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Sekaroh. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Berbicara tentang pantai di Lombok, tentunya keindahan alam yang ditawarkan tidak akan pernah ada habisnya. Maka wajar jika banyak wisatawan datang ke kawasan ini untuk menikmati panorama pantai yang mempesona. Salah satu daya tarik utama bagi pengunjung adalah Pantai Pink. Apa yang membuat pantai ini begitu menawan?

Intip keindahan Pantai Pink di Lombok

Intip keindahan Pantai Pink di LombokKredit foto: Google Maps Francis Valentine

Sebelum pantai ini dikenal dengan nama Pink, pantai ini bernama Tangsi. Arti tangsi sendiri memiliki arti barak atau asrama. Karena namanya konon berasal dari zaman penjajahan Jepang, saat itu pantai ini dijadikan barak oleh tentara Jepang yang baru saja mendarat di Indonesia.

Namun, seiring berjalannya waktu, pantai ini berubah nama menjadi Pantai Pink. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki pasir berwarna pink dan berbeda dengan pantai pada umumnya. Penamaan pantai ini diberikan mengingat tempat ini bukan lagi tempat asrama tentara Jepang.

Awalnya, pantai ini hanya dikunjungi oleh segelintir orang di Lombok Timur. Namun, sekitar tahun 2013, beberapa anak muda yang memiliki hobi menjelajah keindahan alam berusaha mempopulerkan objek wisata ini dan menamakannya wisata laut Pantai Pink. Nama baru ini dimaksudkan untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Sejak saat itu, pantai ini menjadi sangat populer di media sosial juga. Padahal, keindahan alam yang begitu mempesona mampu menarik wisatawan mancanegara ke pantai yang indah ini. Keunikan pasir pantai yang tidak dapat ditemukan di daerah lain di Indonesia juga membuat banyak pengunjung rela datang dari daerah yang jauh hanya untuk menikmati pesona wisata ini.

Atraksi Pantai Pink

Atraksi Pantai PinkKredit foto: Google Maps Tchala

Ada beberapa alasan mengapa wisatawan memilih pantai ini sebagai tujuan wisata bahari yang populer di pulau Lombok. Padahal, di pulau ini banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi selain Pink Beach. Pantai ini menawarkan sejumlah atraksi yang memukau, sehingga pengunjung lebih memilih wisata laut ini.

Pada umumnya pasir pantai berwarna putih atau hitam. Namun, pantai Lombok ini memiliki daya tarik tersendiri dengan warna pasir pinknya yang khas. Keindahan pasir yang mempesona ini berasal dari pasir putih yang bercampur dengan butiran-butiran terumbu karang. Sehingga setelah bercampur dengan air laut yang berwarna biru memberikan efek kemerahan.

Alasan yang satu ini memang wajar di kalangan wisatawan. Karena pesona pasirnya yang berwarna kemerahan, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri mengapa wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke destinasi laut ini. Apalagi jika diperhatikan dengan seksama, keunikan pantai ini akan membuat siapa saja yang datang ke Pantai Pink terpukau.

Menariknya, warna pink pasir pantai ini sangat bervariasi tergantung cuaca dan waktu. Jika warna yang terlihat sekitar 20% sampai 30% di pagi hari, kontras warna meningkat menjadi 50% di siang hari. Sedangkan warna terlihat lebih jernih pada sore hari yaitu persentasenya mencapai 80%-90%, sehingga sangat memesona jika dilihat.

Selain pasirnya yang unik, Anda bisa menikmati keindahan air laut yang masih jernih. Apalagi saat Anda mengelilingi laut dengan sampan, Anda akan dibuat takjub dengan keajaiban bawah laut di atas permukaan laut. Karena kondisi air lautnya yang masih sangat asri, Anda hanya bisa melihat keindahan bawah laut dengan mata telanjang.

Bukan itu saja, keindahan Pink Beach juga dipercantik dengan kontur alam yang memukau. Tentu banyak pengunjung yang mengatakan bahwa pantai ini adalah surga kecil yang tersembunyi di pulau Lombok. Karena keindahan pantai yang eksotik ini benar-benar memanjakan mata setiap orang yang mengunjunginya.

Luasnya perbukitan yang mengelilingi wisata laut ini membuat keindahannya semakin sempurna. Memasuki pantai Anda akan disuguhkan di sisi kiri pantai yang terdapat bukit dengan padang rumput yang luas. Selain itu, ada tebing yang menjulang tinggi di sisi lain yang mempesona.

Kontur pantai yang terdiri dari pasir berwarna merah muda dan laut yang biru jernih, ditambah dengan pemandangan alam yang masih asri dan sejuk, menambah keindahan tersendiri di Pantai Pink. Kawasan pantai yang indah ini menjadi semakin indah jika dikunjungi saat senja, karena sunset di atas langit biru menciptakan panorama yang tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Pink Lokasi

Alamat Pantai PinkSumber gambar: Google Maps Font Folka

Secara geografis, Pantai Pink terletak di ujung selatan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan demikian, Anda membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke lokasi dari pusat Kota Mataram jika Anda datang dengan kendaraan bermotor. Sedangkan waktu dari Bandara Internasional Lombok lebih singkat, hanya sekitar 1,5 jam untuk menikmati keindahan wisata bahari.

Karena pantai ini dikenal sebagai surga tersembunyi di Lombok, lokasinya juga membutuhkan perjuangan. Jalur menuju wisata bahari merupakan jalur tradisional karena belum beraspal. Rute Pink Beach seperti membelah hutan lindung karena harus melewati jalan yang sangat terjal.

Namun saat Anda berwisata, Anda akan disuguhi berbagai keindahan alam di udara yang sejuk. Pepohonan di sepanjang jalan dapat memanjakan mata Anda bahkan sebelum Anda mencapai wisata bahari yang dituju. Ingatlah bahwa ketika mengendarai kendaraan bermotor Anda harus ekstra hati-hati untuk mencapai tempat itu untuk menghindari bahaya.

Setelah melalui rute yang cukup panjang, berikut beberapa petunjuk arah untuk menuju lokasi Pantai Pink Lombok. Lokasinya cukup tersembunyi karena Anda masih harus berjalan sekitar 200 meter dari jalan utama. Setelah itu, bentangan jalan sangat menurun dengan jalan yang belum beraspal.

Anda dapat melewatinya tidak hanya melalui darat, tetapi juga melalui laut. Akses laut ke pantai-pantai terbaik Lombok tersedia dari Pelabuhan Tanjung Luar. Sebelumnya, Anda harus menempuh perjalanan dari Kota Mataram menuju Pelabuhan Tanjung Luar dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 1,5 jam. Hanya dengan begitu Anda dapat menggunakan transportasi laut.

Hal-hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pink

Pantai Pink Aktivitas menarikKredit foto: Google Maps boentoro Kamara

Keindahan wisata bahari unggulan di Lombok memang tidak bisa diragukan lagi. Daya pikat pesona alam pantai ini bisa membuat pengunjung merasa tenang dan damai sembari berdecak kagum terus berada di sini. Anda bisa menikmati keindahan Pink Beach sambil bersantai di pepohonan yang rindang.

Pengunjung dapat bersantai dengan semilir angin yang bertiup di sekitar pantai sambil menikmati keindahan pantai. Selain itu, masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan di wisata bahari. Salah satunya adalah memotret atau mengabadikan panorama alam sekitar jika Anda memiliki hobi fotografi.

Dengan keindahan ini, Anda bisa menjadikannya tempat terbaik untuk berfoto selfie atau mengambil foto dari berbagai sudut. Anda bisa memilih perbukitan di sekitar pantai sebagai background foto. Perpaduan kontur pantai yang unik juga bisa menjadi salah satu keputusan yang tepat untuk mengabadikan momen dalam wisata bahari.

Selain itu, kealamian dan kebersihan air lautnya akan membuat Anda merasa lebih tenang karena pantai yang dikelilingi perbukitan ini begitu sejuk. Pengunjung bisa berenang lebih santai karena airnya sangat bersih. Jadi Anda bisa bermain air dengan bebas karena ombaknya yang tenang. Ini sangat cocok ketika Anda membawa keluarga bermain di pantai.

Bukan itu saja, keanekaragaman alam bawah laut di Pink Beach juga bisa dinikmati sambil snorkeling atau diving. Menyelam di bawah air laut menawarkan panorama yang sangat indah. Selain itu, kondisi airnya yang sangat jernih membuat pengunjung dapat melihat biota laut dengan sangat jelas.

Setelah menikmati keindahan alam bawah laut, jangan lupa untuk mengisi ulang tenaga dengan mencoba kuliner khas Lombok dengan mengunjungi restoran-restoran di sekitar pantai. Anda juga bisa memilih tenda tenda di pinggir pantai yang menyajikan aneka masakan seafood yang siap menggiurkan lidah Anda.

Jika Anda sudah lega menikmati aneka seafood yang lezat, sebaiknya jangan terburu-buru meninggalkan pantai pink ini. Karena saat hari menjelang senja, Anda bisa melihat keindahan langit sore yang menakjubkan. Langit senja berwarna senja ini menambah semakin menawan suasana di area pantai.

Aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan di Pink Beach adalah berburu oleh-oleh. Ada beberapa stand di kawasan wisata bahari ini. Anda bisa memilih dari berbagai kerajinan tangan, jajanan khusus dan pakaian yang dijadikan oleh-oleh. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau, sehingga tidak menguras kantong.

Tips Berkunjung ke Pantai Pink di Lombok

Tips Berkunjung ke Pantai Pink di LombokKredit foto: Google Maps Christoffer Hove

Saat mengunjungi wisata alam, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan. Karena Pantai Pink merupakan salah satu destinasi wisata tersembunyi di Lombok, maka diperlukan persiapan khusus untuk mendaki rute yang terjal dan panjang.

Hal pertama yang harus diperhatikan saat mengunjungi pantai ini dengan kendaraan bermotor adalah pengisian bahan bakar. Pastikan Anda memiliki bahan bakar yang terisi penuh karena pantai cukup jauh. Sangat merepotkan jika Anda kehabisan bahan bakar saat berkendara karena pantainya cukup terpencil.

Jika ingin menikmati keindahan alam bawah laut, tidak perlu membawa peralatan snorkeling. Hal ini karena persewaan peralatan untuk menyelam, dll telah tersedia di tempat-tempat wisata alam tersebut. Jadi barang bawaan Anda akan lebih ringan karena tidak perlu menyiapkan peralatan.

Selain itu, jika Anda memutuskan untuk berlibur di tempat ini, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari. Karena dua waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alam Pink Beach. Sebaiknya jangan berkunjung ke wisata laut ini pada larut malam atau malam hari karena jalanannya tidak bagus.

Itulah beberapa informasi tentang keindahan alam Pantai Pink yang mempesona. Pantai dengan berbagai keindahannya menjadi salah satu pilihan wisatawan domestik maupun mancanegara. Ini karena Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik di sini, mulai dari snorkeling, berjemur, menyelam hingga berburu suvenir.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button