Tempat Wisata

Hutan Mangrove Ujungpangkah: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Gresik, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Ada beberapa tempat wisata di Gresik yang bisa Anda kunjungi dengan biaya murah, seperti hutan mangrove Ujungpangkah.

Hutan Mangrove Ujungpangkah merupakan destinasi wisata di Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Pada setiap hari libur, terutama saat lebaran atau liburan sekolah, tempat ini selalu ramai pengunjung, baik anak-anak maupun orang tua, baik wisatawan dari kota Gresik sendiri maupun dari luar kota.

Selama 17 tahun, Kota Gresik memulai pengembangan budidaya mangrove yang tidak hanya dilakukan oleh Pemkab Gresik, tetapi juga bersama masyarakat setempat. Bersama-sama mereka membudidayakan tanaman yang dapat membantu melindungi lingkungan. Setelah dikembangkan, pemerintah menyadari potensi tempat tersebut sebagai tempat peristirahatan dan akhirnya perlahan mulai mengembangkannya menjadi objek wisata.

Daya tarik wisata hutan mangrove yang marak di banyak kota di Indonesia ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai yang indah, tetapi juga rimbunnya tumbuhan mangrove yang membuat suasana pantai yang biasanya panas menjadi lebih sejuk dan asri. Di wisata ini, Anda juga bisa berjalan melintasi jembatan kayu yang terbentang di antara hutan bakau untuk lebih jauh menjelajahi tempat ini.

Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Salah satunya seperti yang sudah disebutkan di atas, yaitu jalan-jalan menyusuri hutan mangrove di atas jembatan kayu. Selain itu, ada juga rumah joglo tempat Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan indah di sekitar Anda. Selain itu, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berolahraga di hutan mangrove, pengelola telah membangun jogging track sepanjang 600 meter. Di sana Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan, tapi juga membantu menanam bibit pinus atau bakau.

Fasilitas di hutan mangrove Ujungpangkah

Karena tempat wisata ini dikelola dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Gresik, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai fasilitas pendukung untuk digunakan. Diantaranya adalah;

– Area parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa gerbong, masalah parkir tidak perlu lagi dikhawatirkan karena lahan parkir di sini cukup luas untuk menampung beberapa bus dan ratusan mobil atau motor pengunjung. Tempat parkirnya juga dijamin aman.

– Tempat peristirahatan umum

Di beberapa tempat tempat ini telah disediakan beberapa kamar mandi atau WC umum bagi pengunjung ketika ingin mencuci tangan atau buang air kecil. Meski harus jalan kaki sedikit, setidaknya tidak perlu khawatir lagi mencarinya.

– Kamar untuk menginap

Ada juga beberapa pilihan akomodasi di kawasan Hutan Mangrove Ujungpangkah, mulai dari harga yang murah hingga yang cukup mahal. Tapi tempatnya dijamin nyaman.

– Kantin atau tempat makan

Jika sudah puas menikmati pemandangan dan trekking menyusuri hutan mangrove, Anda bisa mampir ke sejumlah kantin atau warung di sekitar objek wisata yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– trek joging

Bosan hanya berolahraga dan berjalan-jalan di kompleks kondominium Anda? Jika iya, tempat jogging bisa berganti tempat di objek wisata Hutan Mangrove Uujungpangkah, karena di sini sudah disiapkan jogging track yang bisa digunakan pengunjung.

– Masjid

Bagi Anda yang ingin segera melaksanakan ibadah salat dapat langsung menghubungi petugas setempat yang dengan senang hati akan mengantarkan Anda ke musala disana.

– Paviliun

Jika tidak ingin berjalan terlalu jauh, Anda bisa bersantai di gazebo-gazebo yang disediakan pemerintah di sana. Sambil menikmati makanan Anda bisa mengagumi pantai dan hutan bakau yang eksotis.

Berburu foto di hutan mangrove Ujungpangkah

Tidak lengkap rasanya jika datang ke tempat wisata tanpa membawa kamera untuk berfoto ria bersama keluarga atau teman. Di hutan mangrove ini, Anda bisa menemukan beberapa tempat menarik untuk berfoto. Sebagian besar anak muda atau pengunjung lainnya yang datang sangat senang mengambil spot di tengah jembatan kayu yang membelah hutan mangrove tersebut. Pemandangan hijaunya hutan bakau bersanding dengan jembatan kayu yang unik membuat foto Anda terlihat sangat Instagramable. Anda juga bisa berfoto di dalam rumah Joglo di sana. Atau jika Anda ikut menanam bibit pinus atau bakau, Anda bisa meminta bantuan teman Anda untuk mengabadikan momen tersebut.

Baca juga: Air Terjun Teleng, Eksotisme Salah Satu Air Terjun di Ngawi


Akses jalan menuju hutan mangrove Ujungpangkah

Jika ingin ke tempat ini terpaksa harus menggunakan kendaraan pribadi. Karena memang tidak ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda ke sini. Perjalanan juga bisa dilakukan ke kawasan distrik Manyar dari arah kota Surabaya atau kota Lamongan.

Dari situ, Anda tinggal mengikuti jalan dan berjalan searah menuju lokasi Pantai Delegan. Selanjutnya anda akan menemukan keberadaan desa Banyuurip. Anda akan menemukan keberadaan sebuah gang kecil di depan kantor balai kota. Jadi ini jalan menuju lokasi Hutan Mangrove Ujungpangkah.

Tiket masuk hutan mangrove Ujungpangkah

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka hutan mangrove Ujungpangkah

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan di hutan mangrove Ujungpangkah

  • Hati-hati saat melintasi jembatan kayu
  • Jangan dibuang
  • Lebih baik datang pada sore hari
  • Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman

Galeri Foto Hutan Mangrove Ujungpangkah

Hutan Mangrove Ujungpangkah
kemungkinan berjalan
potret bangau
potret matahari terbenam
Titik foto di jalur pendakian
Potret udara hutan bakau

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button