Tempat Wisata

Gua Batu Cermin: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Masih asing dengan salah satu destinasi wisata menarik, Gua Batu Cermin kerap disebut sebagai surga tersembunyi setelah wisata Raja Ampat. Destinasi wisata ini terletak di Flores, NTT. Gua Batu Cermin Labuan Bajo selalu ramai dikunjungi banyak pengunjung, baik wisatawan lokal maupun lokal. Saat ini wisata Nusa Tenggara Timur yang menarik ini mulai menjadi perbincangan para traveller.

Wisata goa terowongan ini terletak di Bukit Batu dan luasnya sekitar 19 hektar. Ketinggian kawasan wisata ini sekitar 75 m Bagi anda yang berkunjung ke kawasan Labuan Bajo, sayang sekali untuk meninggalkan tempat wisata ini. Itu karena Gua Batu Cermin memiliki banyak pesona yang indah dan sangat layak untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga.

Daya tarik gua Spiegelstein:

Gua terowongan ini ditemukan oleh seorang arkeolog pada tahun 1951. Menurut Theodore Verhoven, penemu gua tersebut menyatakan bahwa terowongan Batu Cermin awalnya berada di bawah laut, namun setelah jutaan tahun gua tersebut akhirnya terangkat ke permukaan. Gua ini memiliki dinding yang mengandung banyak garam sehingga dapat memantulkan sinar matahari.

Sejak ditemukan, terowongan ini telah menarik banyak minat pengunjung. Para wisatawan ini penasaran dengan fenomena unik berupa cermin yang bisa memantulkan cahaya. Pada siang hari, pengunjung yang datang cukup ramai dan memadati gua. Pemandangan menarik ini dapat dinikmati sekitar 200m jauhnya dan dipandu oleh pemandu profesional.

Meski berada di dalam goa, pengunjung tidak akan merasa sesak. Di Gua II pengunjung akan merasakan segar dan sejuk. Mungkin nanti ketika Anda mengunjungi Gua Batu Cermin, Anda akan menemukan bahwa cahaya berangsur-angsur memudar hingga Anda masuk ke dalam.

Di Gua Batu Cermin, wisatawan bisa mengamati banyak hal menarik. Berdasarkan spesies purba dan fosil yang ditemukan oleh penemu gua ini, Theodore Verhove.

Semua pemandangan indah ini bisa dinikmati di dinding Goa. Menurut penjaga goa, keberadaan karang, penyu, kura-kura, fosil karang dan ikan laut lainnya di kawasan wisata ini dikarenakan adanya Gua Cermin yang dulunya terletak di bawah laut.

1. Pemandangan di dalam gua

Kawasan wisata ini ramai pengunjung setiap harinya. Hal ini dikarenakan rasa penasaran mereka yang ingin langsung menikmati pantulan sinar matahari yang menakjubkan. Tidak hanya bisa dilihat di pagi hari, namun pemandangan indah Gua Batu Cermin bisa Anda nikmati kapan saja.

Di sekitar dinding goa pengunjung dapat menikmati suasana alam yang masih asri dan sejuk. Banyak pemandangan indah seperti hutan lebat yang menyejukkan mata. Memasuki hutan, Anda bisa menjumpai berbagai tumbuhan menarik dan monyet ekor panjang. Selain itu, masih banyak hewan lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat objek fotografi.

2. Menemukan stalagmit, stalaktit dan fosil

Gua Batu Cermin dulunya terletak di bawah laut, sehingga masih banyak ditemukan fosil karang, kura-kura, kura-kura dan jenis ikan lainnya hingga saat ini. Pengunjung dapat mempelajari bentuk berbagai makhluk hidup pada zaman dahulu. Beberapa fosil yang ditemukan di Goa mengandung banyak garam, memungkinkannya memantulkan sinar matahari.

Ada juga stalagmit dan stalaktit di dalam terowongan ini. Karena adanya stalaktit dan stalagmit, jumlah pengunjung di gua ini biasanya terbatas. Setiap perjalanan melalui gua biasanya sekitar 30 menit, dan hanya 10 pengunjung yang ikut. Perjalanan menyusuri goa ini dipimpin oleh seorang pemandu wisata.

Fasilitas Gua Batu Cermin:

  • Toilet
  • tempat istirahat
  • posisi

Biaya masuk ke Gua Batu Cermin

  • Biaya masuk untuk tiket domestik: Rp 10.000/orang
  • Harga tiket internasional: Rp 50.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Buka Gua Batu Cermin:

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00

Lokasi dan Rute Gua Batu Cermin:

Gua Batu Cermin terletak di pusat kota Labuan Bajo. Lebih tepatnya di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Akses menuju objek wisata ini terbilang mudah untuk dicapai. Rute tersebut bisa Anda tempuh dari pusat kota Labuan Bajo dan menempuh jarak sekitar 4 km. Anda yang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki akan disuguhi dengan pemandangan sekitar yang indah, namun memakan waktu yang cukup lama, sekitar 1 jam. Sedangkan bagi yang ingin menggunakan jasa angkutan warga sekitar berupa sepeda motor hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Setibanya di Ampu Wae Matta merah, wisatawan bisa belok kiri dan menemukan Kantor Polisi dan Kantor Gubernur di sana. Setelah itu anda akan menemukan belokan dan juga papan bertuliskan “Jalan Batu Cermin”. Dari sana, yang harus Anda lakukan hanyalah mengikuti petunjuk dan Anda akan tiba di tempat tujuan.

Gua Batu Cermin merupakan salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang menawarkan pemandangan yang indah dan masih alami. Banyaknya pepohonan yang rimbun di dalam hutan serta berbagai hewan unik membuat tempat wisata ini menjadi daya tarik banyak pengunjung.

Tempat wisata ini merupakan destinasi yang tepat untuk menikmati liburan bersama teman, kerabat dan juga keluarga. Sajian pemandangan yang memukau memang tidak bisa dilewatkan. Menyajikan pemandangan alam berupa pantulan cahaya yang indah pasti akan memanjakan mata Anda.

Peta Gua Batu Cermin

Tips mengunjungi Gua Batu Cermin

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Gua Batu Cermin lebih menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Batu Cermin adalah liburan yang lebih panjang.
  • Datanglah ke Gua Batu Cermin bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Gua Batu Cermin.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh Anda tetap bugar selama berlibur di Gua Batu Cermin.

Galeri foto gua batu cermin

Gua Batu Cermin, Flores NTTGua Mirrorstone Sumber: google.comGua Batu Cermin, Flores NTTGua Mirrorstone Sumber: google.comGua Batu Cermin, Flores NTTGua Mirrorstone Sumber: google.comTangga masuk ke GoaPintu masuk ke Gua Batu CerminAkses Masuk ke GoaTuris asing di Gua Batu CerminTangga menuju Goagua batu cermin

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button