Tempat Wisata

Pantai Kepetingan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Sidoarjo, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Sidoarjo ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dengan biaya murah, contohnya Pantai Kepetingan.

Pantai Kepetingan merupakan obyek wisata air yang bisa anda kunjungi di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Mungkin banyak yang pernah mendengar Sidoarjo sebagai tempat yang cocok untuk berbelanja tas atau dompet, namun tidak banyak yang tahu bahwa Sidoarjo juga memiliki pantai yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana. Saat liburan sekolah atau hari raya Idul Fitri, pantai ini kerap menjadi tujuan warga sekitar untuk sekadar menghabiskan waktu bersama pasangan, keluarga, atau sahabat.

Meski tempatnya agak terpencil dan jauh dari kota, wisatawan tak segan-segan mengunjunginya. Pemandangan pantai dan air laut serta nuansa angin pantai membuat pengunjung semakin betah dan betah berlama-lama disana. Ada juga legenda di pantai ini.

Cerita bermula di Tanah Blambangan, Banyuwangi, pada masa Raja MINAK SEMBUYU. Dewi Sekardadu, putri cantik Minak Sembuyu, terserang penyakit yang sangat serius. Semua upaya yang mungkin telah dicoba, tabib terkenal telah berhasil, tetapi sia-sia. Pada tahun 1362 (versi Pak Durohim) terjadilah Syech MAULANA ISKAK (dari Yaman) menyebarkan Islam di Jawa.

Saat itu, di akhir rezim Majapahit, masyarakat Jawa belum banyak memeluk Islam. Ngomong-ngomong, Maulana ada di Blambangan. Raja yang putus asa akhirnya mengadakan sayembara. Siapapun yang bisa menyembuhkan Dewi Sekardadu dijadikan menantu di usia muda. Ketika mereka menjadi tua, mereka menjadi kerabat kerajaan. Maulana sang Ustad mengikuti sayembara tersebut dan akhirnya berhasil menyembuhkan Dewi Sekardadu.

Syech Timur Tengah itu juga menikah dengan DEWI SEKARDADU BINTI MINAK SEMBUYU.

Karena terus-menerus diserang oleh Minak Sembuyu, Maulana berpamitan kepada istrinya. Saat itu Dewi sedang hamil tujuh bulan. Jika terlahir laki-laki, perintah Maulana, beri nama RADEN PAKU. Syech Maulana kemudian meninggalkan Blambangan untuk berdakwah di tempat lain.

Raja Blambangan sangat marah. Ia khawatir Raden Paku akan melemahkan wibawanya. Karena itu, ia memutuskan untuk membuang cucunya ke laut. Para prajurit memasukkan bayi itu ke dalam peti dan mengangkatnya. Mengetahui anak kesayangannya telah dibuang ke laut, Dewi Sekardadu menceburkan diri ke laut untuk mengejar anaknya. Sia-sia. Ombaknya terlalu besar dan kemampuan berenang manusia terlalu tinggi.

Singkat cerita, jenazah Dewi Sekardadu dan peti berisi Raden Paku harus dipisahkan. Dewi Sekardadu dibawa ke Sidoarjo, sedangkan peti mati berisi bayi Raden Paku dibawa ke Gresik.

Kebetulan tahun 1365 ada nelayan dari Balongdowo [Sidoarjo] mencari kerang di perairan Selat Madura. Mereka sangat terkejut melihat tubuh wanita cantik yang dibawa oleh banyak kepiting. Jenazahnya dimandikan ke darat dan dimakamkan secara terhormat oleh warga. Tempat itu akhirnya dinamakan KETINGAN alias KEPETINGAN.

Fasilitas di Pantai Ketingan

Sedangkan fasilitas objek wisata Pantai Ketingan tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti :

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam bermain di pantai dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Karena sudah dibangun paviliun di sana, Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan air laut yang jernih, pasir putih yang indah, dan langit biru.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan pantai, Anda yang membutuhkan akomodasi akan menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar kawasan pantai.

Berburu foto di Pantai Keti

Ketika Anda datang ke pantai, jika Anda tidak membawa kamera, Anda kehilangan dan melewatkan berbagai momen menarik yang terjadi saat liburan. Anda bisa memanjakan hasrat fotografi Anda di Pantai Ketingan, karena banyak tempat menarik yang bisa Anda manfaatkan, seperti ruang di depan bebatuan disana, pemandangan eksotis akan membuat foto Anda semakin menarik. Anda juga dapat merekam aktivitas yang Anda lakukan di sana, mis. B. bermain voli, snorkling atau membuat api unggun. Ingin pemandangan yang lebih indah? Tunggu saja sore hari saat matahari mulai beranjak ke tempat peristirahatannya dan Anda bisa melihat indahnya langit jingga nan cantik berpadu dengan birunya air laut yang mampu membuat Anda tertawa terkagum-kagum.

Baca juga: Goa Tabuhan, berwisata dan kagumi keindahan salah satu goa di Pacitan

Akses jalan menuju Pantai Ketingan

Anda bisa mencapai pantai ini dengan kendaraan roda dua atau dengan perahu. Jika Anda memutuskan untuk pergi melalui jalur darat, wisatawan dapat melihat bendungan di sepanjang jalan. Namun, jika Anda memutuskan untuk menyeberangi sungai, tersedia perahu yang disewakan dengan harga terjangkau dan wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan bakau yang indah.

Biaya masuk ke Pantai Ketingan

Biaya masuk: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka di Pantai Ketingan

  • Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur ke Pantai Ketingan

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Bawalah topi atau kacamata jika diperlukan
  • Jangan lupa memakai tabir surya
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah

Galeri Foto Pantai Kepetingan

Pantai menarik di SidoarjoKeindahan air laut di Pantai KepetinganPotret udara makam Dewi SekardaduSunset di Pantai Kepetingan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button