Tempat Wisata

Air Terjun Oenesu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Keindahan alam Indonesia sangat beragam. Beragam destinasi wisata alam tersaji di berbagai daerah, khususnya Nusa Tenggara Timur. Mulai dari wisata laut hingga pegunungan. Tak heran jika banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri berduyun-duyun ke tempat wisata di negara kita tercinta ini. Selain laut dan pegunungan, ada juga wisata air terjun yang menakjubkan di Indonesia yaitu Air Terjun Oenesu.

air terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu merupakan destinasi wisata alam di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Meski suasana di kawasan Kupang dikenal cukup kering, namun kawasan ini terasa sejuk dan rindang di wisata air terjun ini.

Objek Wisata Air Terjun Oenesu:

Air Terjun Oenesu sering disebut sebagai tujuan wisata populer bagi wisatawan di berbagai daerah. Karena wisata air terjun ini memiliki pesona yang luar biasa yang membuat setiap orang terkagum-kagum saat melihatnya. Kawasan wisata ini dikelilingi pepohonan rindang yang sangat cocok untuk menghilangkan panas terik atau panas terik akibat cuaca panas di Kupang.

Nuansa yang ditawarkan kawasan Air Terjun Oenesu adalah kesejukan saat memandang pemandangan alam yang indah. Selain pemandangan yang asri dan asri, kawasan air terjun ini juga memiliki keunikan yang ditawarkan, yaitu berjenjang hingga empat lapis.

Tingkatan yang terdapat pada kawasan wisata ini menjadi salah satu pembeda dengan wisata air terjun lainnya. Terdapat beberapa kolam di setiap level yang ada, yang konon terbentuk secara alami. Kolam ini biasanya sering digunakan wisatawan untuk berendam atau berenang.

Air yang mengalir di kawasan wisata Air Terjun Oenesu juga banyak mengandung kapur. Saat musim hujan tiba, volume air terjun semakin meningkat. Namun kondisi luapannya masih relatif jernih dan bersih. Namun saat musim kemarau atau musim panas air terjun ini tidak pernah kering. Hanya saja volumenya tidak sebesar saat awal musim hujan. Kejernihan air di kawasan ini membuatnya segar dipandang.

Dipasangkan dengan rerimbunan pepohonan yang menjulang tinggi dan selalu tumbuh. Suara air terjun akan membuat telinga kita bebas dari terapi alam. Tentunya tempat wisata alam di Nusa Tenggara Timur ini sangat baik sebagai pilihan untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari yang berat.

Dengan keindahan alam yang dimiliki oleh kawasan Air Terjun Oenesu, bagi Anda yang memiliki hobi fotografi bisa dibilang beruntung. Anda dapat menikmati panorama keindahan alam yang tersaji dalam bentuk air terjun yang jatuh dengan deras dan jernih, pepohonan yang rindang memberikan keteduhan dan berbagai momen langka yang tak terlupakan untuk diabadikan.

Keadaan air terjun yang sangat menyegarkan ini menawarkan kesempatan foto yang bagus untuk Anda pamerkan. Selain itu, suasana hutan yang lebat dan rindang bisa menjadi tempat yang menarik untuk berfoto. Belum lagi di kawasan Air Terjun Oenesu juga terdapat paviliun unik yang bisa dijadikan tempat istirahat, memulihkan stamina dan mencari gambar berkualitas.

Memasuki kawasan wisata alam ini, Anda akan merasakan suasana yang tenang, sejuk dan menenangkan. Hal ini dikarenakan adanya pepohonan besar yang mengelilingi air terjun. Bagi anda yang sedang mencari tempat melepas penat saat liburan tiba, maka tempat wisata alam ini adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi bersama orang tersayang.

Fasilitas Air Terjun Oenesu:

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam ini cukup lengkap dan memadai. Di sini Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas seperti toilet, tempat parkir yang luas, gazebo, jalan setapak menuju lokasi Air Terjun Oenesu, dan juga bangunan yang bisa digunakan sebagai tempat ganti baju.

Biaya masuk ke Air Terjun Oenesu

  • Biaya masuk: Rp 2.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 1.000
  • Biaya parkir: Rp 2.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Buka Air Terjun Oenesu:

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Lokasi dan Rute Air Terjun Oenesu:

Wisata Air Terjun Oenesu terletak di Ds. Oenesu, Kec. Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur.

Jalan menuju tempat wisata alam ini mudah diakses. Jarak dari kota Kupang ke tempat wisata sekitar 20 km. Anda dapat menggunakan transportasi pribadi atau umum atau menyewa kendaraan. Akses ke situs juga mudah dicapai. Dalam perjalanan menuju tempat wisata Wasserfall, Anda juga akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan.

Kondisi jalan menuju lokasi Air Terjun Oenesu sudah bagus. Normalnya, perjalanan menuju gerbang wisata memakan waktu sekitar 45 menit. Pengunjung dapat memarkir kendaraannya di area yang telah ditentukan. Jarak dari tempat parkir menuju kawasan wisata air terjun sekitar 600 m Untuk menuju air terjun pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga.

Air Terjun Oenesu merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling menarik di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kawasan wisata ini menawarkan pemandangan alam yang berbeda dengan wisata air terjun lainnya di Indonesia. Jika anda berkunjung ke tempat wisata ini, anda akan menemukan panorama indah berupa air terjun yang memiliki 4 tingkatan air yang jernih dan debit air yang cukup deras.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi wisata alam menarik di NTT, kami merekomendasikan untuk mengunjungi Air Terjun Oenesu. Selain mendapatkan ketenangan, Anda juga bisa mengembangkan bakat fotografi karena banyak spot foto yang menarik untuk dipotret di kawasan wisata alam ini.

Peta lokasi Air Terjun Oenesu

Tips mengunjungi Air Terjun Oenesu

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Oenesu semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Oenesu adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Oenesu bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Air Terjun Oenesu.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Oenesu.

Galeri foto Air Terjun Oenesu

air terjun OenesuAir Terjun Oenesu Sumber: google.comair terjun OenesuAir Terjun Oenesu Sumber: google.comMandi di air terjunMenikmati keindahan air terjunAir terjun Oenesu bertingkatBerburu foto di air terjun Oenesu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button