Tempat Wisata

Rumah Tjong A Fie: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Sebagai generasi muda saat ini, ketika memilih tempat wisata, kebanyakan dari kita pasti memilih tempat yang memiliki banyak pilihan permainan atau hiburan. Minimnya kesadaran akan pentingnya melestarikan aset budaya bersejarah mengakibatkan wisata edukasi sejarah menjadi kurang menarik. Namun sebagai orang Indonesia, kita tidak boleh melupakan sejarah dan berbagai benda atau bangunan bersejarah yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Berwisata ke tempat-tempat yang bernilai sejarah sebenarnya tidak kalah asyiknya dengan mengunjungi tempat wisata alam, bahkan di tempat-tempat bersejarah tersebut banyak ilmu dan pengetahuan tentang apa yang terjadi di daerah tersebut. Di Pulau Sumatera sendiri lebih tepatnya di Sumatera Utara terdapat beberapa wisata edukasi sejarah yang bisa anda kunjungi bersama keluarga seperti Rumah Tjong A Fie.

Obyek wisata Rumah Tjong A Fie ini terletak tepat di Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Kecamatan Medan Bar, Kota Medan. Selain Menara Air Tirtanadi yang sudah kita bahas, Rumah Tjong A Fie merupakan salah satu landmark terkenal kota Medan, khususnya di pulau Sumatera. Saat Anda datang ke tempat ini Anda bisa melihat betapa unik dan khasnya gaya arsitekturnya. Rumah yang bisa dibilang mansion ini juga cukup luas dan bangunan ini melambangkan keberagaman masyarakat Medan yang sudah ada sejak abad ke-19.

Pada zaman dahulu, tepatnya antara tahun 1860 hingga 1921, dihuni oleh seorang saudagar kaya dari Tiongkok bernama Tjong A Fie, dan konon ia juga memiliki hubungan dekat dengan sejumlah pejabat atau tokoh penting di Medan.

Untuk alasan arsitektural, sebelum masuk, Anda bisa melihat gapura beratap kecil lalu masuk. Dinding rumah dihiasi berbagai foto Tjong A Fie dan keluarganya, dan ada juga foto dirinya bersama para penguasa Belanda. Masuk kembali ke dalam dan Anda akan menemukan ruang terbuka di tengah, sehingga dari sana Anda bisa langsung melihat lantai dua dan bagian belakang rumah Tjong A Fie, tempat cucunya masih tinggal.

Naik ke lantai dua kemudian terdapat ruangan besar dengan perabotan yang tertata rapi. Di sinilah dulu Tjong A Fie mengadakan pesta dengan Belanda. Gaya arsitektur di sana tidak eksklusif Tionghoa, tetapi juga menunjukkan pengaruh Eropa dan Melayu di beberapa sisi.

Fasilitas Rumah Tjong A Fie

Tidak banyak fasilitas yang ada di objek wisata Rumah Tjong A Fie ini, namun beberapa di antaranya bisa Anda manfaatkan, antara lain:

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Setelah menyempatkan diri untuk berjalan-jalan dan mengagumi rumah Tjong A Fie, Anda mungkin akan merasa lapar dan haus. Untungnya berada di kawasan perkotaan, Anda bisa menjumpai warung-warung penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau di dekat objek wisata ini.

– Paviliun

Dengan membangun gazebo, wisatawan yang datang ke sini bisa beristirahat sejenak dengan duduk-duduk sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan bercengkrama bersama keluarga atau teman.

– Penginapan atau hotel

Di sekitar kawasan Rumah Tjong A Fie, bagi Anda yang sedang mencari tempat menginap akan menemukan penginapan atau hotel yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari toilet di luar kawasan wisata.

Berburu foto di rumah Tjong A Fie

Membawa kamera, baik itu kamera ponsel atau kamera profesional adalah suatu keharusan saat Anda bepergian kemanapun, karena Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikan berbagai pemandangan menarik atau momen seru bersama keluarga. Di rumah Tjong A Fie dijamin Anda akan mendapatkan berbagai foto menarik, terutama bagi Anda yang menyukai keunikan bangunan bersejarah.

Desain interior Rumah Tjong A Fie menampilkan perpaduan antara gaya Cina, Eropa dan Melayu, dengan gaya Cina secara alami menjadi yang paling menonjol. Selain itu, interior rumah ini terawat dengan baik, furnitur tertata rapi, dan Anda sekeluarga bisa leluasa berfoto layaknya tinggal di sana. Anda juga bisa mengabadikan dinding rumah ini yang terdapat berbagai potret masa lalu Tjong A Fie bersama keluarga atau pejabat Belanda.

Bagaimana menuju ke rumah Tjong A Fie

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan – Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Masjid Agung – Jl. Brigjen Katamso – Jl. Jend Ahmad Yani – Rumah Tjong A Fie

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Tj. Mulia – Jl. Krakatau – Jl. Bambu I – Jl. Gaharu – Jl. Prof.H.M. Yamin Sh-Jl. Pulau Penang – Jl. Jend Ahmad Yani – Rumah Tjong A Fie

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Kapten Maulana Lubis – Jl. Imam Bonjol – Jl. Palang Merah – Jl. Jend Ahmad Yani – Rumah Tjong A Fie

Biaya masuk ke Rumah Tjong A Fie

  • Harga tiket masuk umum: Rp 35.000
  • Biaya masuk untuk siswa: Rp 20.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Rumah Tjong A Fie

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00

Denah rumah Tjong A Fie

Tips Berkunjung ke Rumah Tjong A Fie

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Tjong A Fie’s House. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi rumah Tjong A Fie adalah liburan panjang.
  • Ajak orang tersayang ke Rumah Tjong A Fie untuk pengalaman liburan tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima selama berlibur di rumah Tjong A Fie.

Galeri foto rumah Tjong A Fies di Medan

Rumah Tjong A FiePotret Tjong A Fie di ruang rumahberburu fotoTempat foto di balkonSpot foto di tamanPotret di rumah Tjong A FiePotret salah satu kamarDeretan bunga di teras

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button