Tempat Wisata

Cagar Alam Sibolangit: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita patut bangga tinggal di Indonesia, negara dengan ribuan pulau yang indah. Memang jika banyak warga kita yang memutuskan untuk berlibur ke negara lain, hal ini bisa digantikan dengan berwisata ke berbagai daerah di Indonesia, karena dijamin banyak tempat wisata disana yang belum pernah anda dengar sebelumnya. Selain masalah pariwisata, Indonesia semakin berkembang dan banyak dari objek wisata ini dibangun kembali dan dilengkapi dengan fasilitas yang baik. Sehingga objek wisata di negara sendiri sama sekali tidak kalah dengan objek wisata di luar negeri. Misalnya saja di pulau sumatera khususnya di sumatra utara banyak terdapat tempat wisata dengan berbagai jenis mulai dari wisata bahari, alam, pendidikan dan lain-lain. Salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di sana adalah Cagar Alam Sibolangit.

Menjelajah tempat wisata alam memang mengasyikkan, seperti Cagar Alam Sibolangit yang terletak tepatnya di Desa Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Berdiri selama 103 tahun, tempat ini tidak kehilangan pesonanya dan masih sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah bahkan luar pulau Sumatera.

Objek wisata seluas sekitar 85 hektar dengan ketinggian 500 mdpl ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan tidak kalah dengan tempat lainnya. Pepohonan disana tumbuh sangat subur dan juga tinggi, membuat udara yang dihasilkan terasa sejuk dan segar, berbeda dengan udara perkotaan yang penuh dengan polutan. Cagar Alam Sibolangit tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, tetapi juga berfungsi sebagai cagar alam untuk melindungi sistem penyangga kehidupan, mengatur tata air, iklim makro dan menjaga keseimbangan lingkungan.

Karena hamparan hutan hujan tropis yang sangat luas, Kawasan Konservasi Sibolangit juga kaya akan flora dan fauna. Flora yang tumbuh disana didominasi oleh pohon-pohon besar seperti Angsana (Pterocarpus indicus), Nyamplung (Calophyllum Inophillum) dan Meranti (Shorea sp). Di sana juga terdapat fauna yang beraneka ragam antara lain berbagai jenis burung liar, babi hutan, trenggiling, kancil, taring, rusa dan lain-lain. Tidak jarang sekolah mengadakan perkemahan di lokasi ini. Anda dijamin puas melihat kekayaan pesona objek wisata Cagar Alam Sibolangit.

Fasilitas di cagar alam Sibolangit

Sedangkan fasilitas yang ada di objek wisata Cagar Alam Sibolangit tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti di antaranya;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam menjelajahi hutan hujan tropis di Kawasan Konservasi Sibolangit pasti akan membuat perut Anda lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sana Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Dengan membangun gazebo atau bangku, Anda bisa duduk santai bersama keluarga sambil menikmati indahnya pemandangan hutan hujan tropis, beragam flora dan fauna, serta udara segar.

– Akomodasi

Di sekitar objek wisata ini, bagi Anda yang sedang mencari tempat menginap bisa menemukan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting ini juga ada, jadi Anda tidak perlu repot mencari toilet di luar cadangan.

Hunting foto di cagar alam Sibolangit

Tidak lengkap rasanya jika berwisata bersama keluarga atau teman namun tidak membawa kamera untuk mengabadikan momen seru dan juga pemandangan yang berbeda. Oleh karena itu, jangan lupa siapkan kamera terbaik Anda sebelum mengunjungi Cagar Alam Sibolangit, karena di tempat ini Anda bisa memotret pemandangan sepuasnya. Hektar-hektar hutan hujan tropis dapat menjadi latar belakang untuk foto keluarga Anda, atau beragam flora dan fauna yang Anda temui di sepanjang jalan dapat dijadikan sebagai target kamera. Tempat wisata yang juga sering dijadikan tempat perkemahan ini memiliki air terjun yang indah, serta tempat fotografi dan pemandangan hunting yang menarik. Jangan lupa untuk mengunggah foto Anda ke media sosial agar dilihat banyak orang.

Bagaimana menuju ke Cagar Alam Sibolangit

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan – Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Jamin Ginting – Cagar Alam Sibolangit

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Jamin Ginting – Cagar Alam Sibolangit

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Iskandar Muda – Jl. Jamin Ginting – Cagar Alam Sibolangit

Biaya masuk ke cagar alam Sibolangit

  • Biaya masuk: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka cagar alam Sibolangit

Peta cagar alam Sibolangit

Tips Berkunjung ke Cagar Alam Sibolangit

Jadikan liburan Anda dan keluarga di cagar alam Sibolangit semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Cagar Alam Sibolangit adalah liburan panjang.
  • Datanglah bersama orang tersayang ke cagar alam Sibolangit dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Cagar Alam Sibolangit.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button