Tempat Wisata

Taman Nasional Gunung Leuser: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita patut bangga tinggal di Indonesia, negara dengan ribuan pulau yang indah. Memang jika banyak warga kita yang memutuskan untuk berlibur ke negara lain, hal ini bisa digantikan dengan berwisata ke berbagai daerah di Indonesia, karena dijamin banyak tempat wisata disana yang belum pernah anda dengar sebelumnya. Selain masalah pariwisata, Indonesia semakin berkembang dan banyak dari objek wisata ini dibangun kembali dan dilengkapi dengan fasilitas yang baik. Sehingga objek wisata di negara sendiri sama sekali tidak kalah dengan objek wisata di luar negeri. Misalnya saja di pulau sumatera khususnya di sumatra utara banyak terdapat tempat wisata dengan berbagai jenis mulai dari wisata bahari, alam, pendidikan dan lain-lain. Salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di sana adalah Taman Nasional Gunung Leuser.

Taman Nasional Gunung Leuser sendiri berada tepat di perbatasan antara Aceh dan Sumatera Utara. Nama tempat wisata ini tentunya diambil dari salah satu gunung yang ada di Pulau Sumatera yaitu Gunung Leuser yang memiliki ketinggian sekitar 3119 mdpl. Dengan luas kurang lebih 1 juta hektar, tidak heran jika kawasan ini menjadi rumah bagi beberapa jenis vegetasi seperti hutan bakau, hutan rawa, hutan lumut dan hutan hujan pegunungan. Selain itu, di Taman Nasional Gunung Leuser juga terdapat banyak spesies flora dan fauna.

Anda tidak hanya bisa bepergian, tetapi juga bertualang bersama teman dan menjelajahi hutan di sana. Pemandangan yang akan menemani Anda selama berada di Taman Nasional Gunung Leuser benar-benar memanjakan mata, belum lagi udara pegunungan yang bersih dan segar akan membuat Anda betah berlama-lama.

Beberapa hewan yang bisa Anda lihat di tempat wisata ini antara lain beruang, gajah, orang utan, harimau, rusa sambar dan lain-lain bahkan ular dan ikan berbisa. Kekayaan tersebut menyebabkan UNESCO akhirnya menetapkan Taman Nasional Gunung Leuser sebagai salah satu Situs Warisan Dunia Asia pada tahun 2004. Aktor bintang Hollywood Leonardo DiCaprio yang terkenal dengan film “Titanic” juga mengunjungi tempat ini beberapa tahun lalu.

Fasilitas di Taman Nasional Gunung Leuser

Masalah fasilitas objek wisata di Taman Nasional Gunung Leuser juga cukup luas sehingga wisatawan tidak perlu khawatir. Beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan adalah:

– Kantin atau kedai kopi

Biasanya seseorang merasa haus atau bahkan lapar setelah melakukan perjalanan bolak-balik. Nah di tempat wisata ini terdapat kantin yang menjual jajanan, makanan dan minuman.

– Akomodasi

Bagi Anda yang ingin menginap, Anda bisa menemukan akomodasi dengan harga berbeda di tempat wisata ini.

– Area parkir

Obyek wisata ini memiliki tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung. Tempat parkir juga dijaga oleh petugas sehingga aman.

– Masjid

Jika di tengah petualangan Anda di tempat ini ternyata waktunya sholat, bagi Anda yang beragama Islam bisa langsung menuju musala untuk menunaikan sholat.

– Toko hadiah

Rasanya ada yang kurang ketika kita meninggalkan museum dan galeri ini tanpa membawa oleh-oleh. Beruntung ada toko oleh-oleh dengan berbagai pernak-pernik dan pernak-pernik yang bisa Anda beli untuk kerabat Anda di rumah.

– Tempat peristirahatan umum

Fasilitas yang satu ini tidak kalah pentingnya. Untungnya Anda dapat menemukannya di sana.

Berburu foto di Taman Nasional Gunung Leuser

Tentu saja, ketika Anda melakukan tur, Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengambil foto pemandangan yang Anda temui di sepanjang jalan menuju objek wisata tersebut. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera, baik kamera handphone atau kamera professional yang bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik. Panorama Taman Nasional Gunung Leuser yang ada tentunya sangat cocok untuk orang yang mengagumi alam. Di sana Anda dapat dengan leluasa mengabadikan pemandangan indah dari berbagai jenis vegetasi, pepohonan yang menjulang tinggi dan berbunga. Spot foto cantik juga bisa kamu temukan di Sungai Alas yang membelah Taman Nasional Gunung Leuser. Di sana Anda bisa bermain air atau sekedar berfoto dan selfie bersama keluarga.

Anda kemudian dapat mengambil foto beragam flora dan fauna saat menjelajahi hutan, yang akan Anda temukan sebagai oleh-oleh yang tak terlupakan.

Jalur akses menuju Taman Nasional Gunung Leuser

• Lewat Udara: Sesampainya di Bandara Kuala Namu, langsung cari bus kota tujuan Terminal Pinang Baris. Kemudian naik bus umum ke Bukit Lawang.

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Tj. Mulia – Jl. Cemara-Jl. Veteran – Jl. Jalan Tol Medan Binjai – Jl. Megawati – Jl. Lintas Sumatera – Jl. WBS. Cokroaminoto – Jl. Jend Ahmad Yani – Jl. Merdeka-Jl. Binjai – Taman Nasional Gunung Leuser

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Lintas Sumatera – Jl. WBS. Cokroaminoto – Jl. Jend Ahmad Yani – Jl. Merdeka-Jl. Binjai – Taman Nasional Gunung Leuser

Biaya masuk ke Taman Nasional Gunung Leuser

Biaya tiket pada hari kerja

  • Biaya masuk untuk tiket domestik: Rp 5.000
  • Biaya masuk grup domestik: Rp 3.000
  • Harga tiket internasional: Rp 150.000
  • Biaya masuk untuk grup internasional: Rp 100.000

Biaya Tiket Akhir Pekan

  • Tiket akhir pekan atau hari libur domestik: Rp 7.500
  • Tiket masuk rombongan akhir pekan atau liburan domestik: Rp 4.500
  • Biaya masuk untuk akhir pekan atau hari libur: Rp 225.000
  • Biaya masuk akhir pekan atau hari libur internasional untuk rombongan: Rp 150.000
  • Harga tiket camping : Rp 5.000

biaya berkemah

  • Harga tiket group camping: Rp 2.500

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Taman Nasional Gunung Leuser

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

Peta Taman Nasional Gunung Leuser

Tips mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser

Menambah keseruan dan kualitas liburan anda dan keluarga di Taman Nasional Gunung Leuser. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Taman Nasional Gunung Leuser bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Taman Nasional Gunung Leuser.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Taman Nasional Gunung Leuser.

Galeri foto Taman Nasional Gunung Leuser

Potret Taman Nasional Gunung Leuserpotret sungaiSuasana pengunjung ramaiGua di Taman Nasional LeuserPotret orangutanPotret turis asing di Taman Nasional Gunung LeuserAkomodasi terdekat di tepi hutan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button