Tempat Wisata

Salju Panas Dolok Tinggi Raja: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Simalumgun, sebuah kabupaten di Sumatera Utara. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Ada banyak tempat wisata di Simalumgun yang bisa Anda kunjungi dengan biaya murah. Contoh yang tidak bisa dilupakan adalah panasnya salju Dolok Tinggi Raja.

Destinasi Wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja tepatnya berada di Desa Dolok Merawan, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalumgun, Sumatera Utara. Wisata alam memang tidak pernah kehilangan pesona dan kepopulerannya, di setiap liburan pasti banyak wisatawan yang lebih memilih untuk berwisata ke alam bebas.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja patut masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Sumatera Utara. Dilindungi sejak 1924, kawasan ini diberkati dengan pemandangan yang mempesona. Tapi meskipun namanya mengandung kata “salju”, sebenarnya tidak ada salju di sana. Namun keberadaan tebing kapur yang mengelilingi kawah membuat pemandangan tersebut terlihat seperti salju. Selain tebing kapur yang indah, air biru di tengah kawah merupakan daya tarik lain yang sangat bagus. Air tersebut merupakan sumber air panas yang berasal dari endapan batugamping yang terbentuk akibat proses panas bumi dan mengandung belerang. Pengunjung juga bisa menikmati pemandian air panas ini sambil berendam. Sambil berendam Anda bisa menikmati pemandangan indah air yang mengalir di atas bebatuan yang ditumbuhi lumut.

Di puncak kawah juga terdapat kolam yang agak kecil, di mana gelembung air muncul dari bagian dalam cekungan. Namun kolam ini tidak bisa digunakan untuk mandi karena suhunya terlalu tinggi.

Fasilitas Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Dari segi fasilitas, objek wisata salju panas di Dolok Tinggi Raja tidak terlalu banyak, namun ada beberapa yang bisa dimanfaatkan pengunjung, seperti:

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Setelah menghabiskan banyak waktu berkeliaran dan mandi di sumber air panas, perut Anda pasti akan lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar objek wisata ini Anda bisa menemukan warung penduduk setempat yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Dengan membangun paviliun atau saung, Anda bisa duduk santai di sana bersama keluarga sambil menikmati makanan dan minuman. Suasana semakin damai dengan ditemani pemandangan air kawah yang biru, perbukitan kapur putih yang indah, dan juga langit biru.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan Salju Panas Dolok Tinggi Raja, bagi anda yang sedang mencari tempat menginap bisa mencari hotel atau penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari toilet di luar kawasan wisata untuk buang air atau ganti baju.

Photohunting di tengah salju yang panas oleh Dolok Tinggi Raja

Berkunjung ke tempat wisata alam seperti Salju Panas Dolok Tinggi Raja sangat dirindukan jika tidak membawa kamera dan melewatkan berbagai momen seru yang dialami saat berlibur. Di tempat wisata ini kamu bisa memanjakan hasrat fotografi karena banyak tempat menarik yang bisa kamu manfaatkan, seperti alun-alun di depan bukit kapur dengan warna putih bak salju yang terhampar di sana, dan pemandangan alam yang eksotis membuat foto kamu semakin menarik. Anda juga bisa merekam aktivitas yang Anda lakukan di sana, seperti berenang, bermain di kolam kawah, atau bersantai bersama keluarga di penginapan. Ingin pemandangan yang lebih indah? Anda bisa berfoto dengan latar belakang kolam dengan air biru, pemandangan seperti itu tentu saja jarang ditemukan di tempat lain. Jangan lupa upload foto kalian di media sosial agar banyak orang yang tahu tentang salju panas Dolok Tinggi Raja.

Akses ke Salju Panas Dolok Tinggi Raja

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Bandara Kuala Namu – Jl. Jalan Tol Medan – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Lintas Tengah Sumatera – Jl. Big Punch – Salju Panas Dolok Tinggi Raja

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Dahlan Tj -JL.Klp. Kelapa – Jl. Irian-Jl. Jadilah Merah – Jl. Nagarejo-Jl. Paya Itik-Jl. Big Punch – Salju Panas Dolok Tinggi Raja

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Kapten Maulana Lubis – Jl. Balai Kota – Jl. Prof.H.M. Yamin Sh-Jl. Perintis Kemerdekaan – Jl. Tol Belmera – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Dahlan Tj -JL.Klp. Kelapa – Jl. Irian-Jl. Jadilah Merah – Jl. Nagarejo-Jl. Paya Itik-Jl. Big Punch – Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Biaya masuk ke Salju Panas Dolok Tinggi Raja

  • Biaya masuk untuk anak-anak: Rp 5.000

(Diperbarui Mei 2023)

Waktu operasi untuk salju panas di Dolok Tinggi Raja

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00

Peta Lokasi Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Tips Berkunjung ke Dolok Tinggi Raja Saat Panas Salju

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Salju Panas Dolok Tinggi Raja. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Salju Panas Dolok Tinggi Raja bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan tubuh tetap prima saat berlibur di Salju Panas Dolok Tinggi Raja.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button