Tempat Wisata

Pulau Mursala Sibolga: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita patut bangga tinggal di Indonesia, negara dengan ribuan pulau yang indah. Memang jika banyak warga kita yang memutuskan untuk berlibur ke negara lain, hal ini bisa digantikan dengan berwisata ke berbagai daerah di Indonesia, karena dijamin banyak tempat wisata disana yang belum pernah anda dengar sebelumnya. Selain masalah pariwisata, Indonesia semakin berkembang dan banyak dari objek wisata ini dibangun kembali dan dilengkapi dengan fasilitas yang baik. Sehingga objek wisata di negara sendiri sama sekali tidak kalah dengan objek wisata di luar negeri. Misalnya saja di pulau sumatera khususnya di sumatra utara banyak terdapat tempat wisata dengan berbagai jenis mulai dari wisata bahari, alam, pendidikan dan lain-lain. Salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di sana adalah Pulau Mursala Sibolga.

Obyek wisata pulau Mursala Sibolga ini memiliki lokasi tepatnya di kecamatan Tapian Nauli di pusat kota Tapanuli sebelah barat daya kota Sibolga. Sumatera Utara sepertinya tidak kekurangan tempat wisata alam yang indah, namun yang satu ini tidak kalah mempesona dengan tempat wisata lainnya di pulau Bali dan Jawa. Selain itu, pulau dengan pemandangannya yang sangat indah dan eksotis ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

Pulau Mursala Sibolga atau dikenal juga dengan Pulau Mansalaar merupakan pulau terbesar yang dimiliki oleh Kabupaten Tapanuli Tengah. Dengan keindahan alamnya, bahkan membuat para produser film Hollywood terpesona untuk syuting film di pulau ini, tepatnya di film King Kong tahun 2005. Pulau seluas 8.000 hektar ini dikelilingi pasir putih yang terlihat indah. Selain itu, objek wisata di Pulau Mursala juga ada yaitu Air Terjun Pulau Mursala. Secara umum, struktur tanah di kawasan ini berbukit-bukit dengan dasar berlumpur. Bakau, rerumputan, dan tanaman tingkat tinggi tumbuh sebagai vegetasi. Meski pulau ini cukup besar, namun tidak berpenghuni.

Air terjun Pulau Mursala setinggi sekitar 35 m merupakan air terjun yang terbilang unik dan berbeda dari kebanyakan air terjun lainnya karena air terjun di sini mengalir langsung ke laut. Karena air terjun ini berada di bagian Pulau Mursala yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, aliran air terjun ini langsung jatuh ke laut. Ada beberapa air terjun seperti itu di dunia dan Indonesia sendiri memiliki dua air terjun seperti itu, yang lainnya adalah air terjun Kahatola di Maluku Utara.

Air terjun di sana tidak hanya dikenal keunikannya, tetapi juga memiliki legenda tersendiri, menurut warga sekitar. Konon air terjun ini merupakan tempat bermain permaisuri cantik bernama Putri Runduk. Putri Runduk terkenal pada saat itu karena wajahnya yang cantik dan mendapatkan ketenaran di luar kerajaan. Aliran air di atas air terjun konon tidak hanya menjadi tempat bermain, tetapi juga disebut Kolam Pemandian Putri.

Fasilitas di Pulau Mursala Sibolga

Sayangnya, dari segi fasilitas, objek wisata ini belum dibangun sehingga sama sekali belum tersentuh. Memperbolehkan pengunjung membawa makanan dan minuman jika takut lapar atau haus. Namun jangan khawatir, dalam perjalanan kembali ke kota Sibolga, Anda akan menemukan penginapan atau hotel dengan harga yang berbeda, tempat ibadah dan tentunya restoran atau kedai makanan. Anda juga bisa berwisata kuliner karena makanan yang ditawarkan sebagian besar adalah masakan Sumatera, termasuk Ikan Mas na Niura, hidangan yang dikenal sebagai hidangan para raja. Karena rasanya yang enak, orang Batak pun penasaran untuk mencobanya dan itulah yang membuat makanan ini begitu khas orang Batak.

Berburu foto di pulau Marsala

Saat berlibur, jangan lupa untuk membawa beberapa perlengkapan fotografi, seperti kamera handphone atau bahkan kamera professional. Karena ketika seseorang datang ke suatu tempat wisata yang menarik, maka akan dijumpai pemandangan alam yang berbeda-beda, dan tentunya kamera dapat membantu mengabadikannya dan menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk diperlihatkan kepada kerabat di rumah. Di obyek Pulau Mursala Sibolga, wisatawan dimanjakan dengan panorama alam sekitar yang eksotis seperti hutan dengan pepohonan yang rimbun, pasir putih yang membentang di wilayah pulau dan birunya air laut. Semua pemandangan tersebut bisa dijadikan latar belakang foto Anda bersama keluarga atau teman. Dan yang terpenting, pemandangan air terjun yang unik dengan semburan air yang mengalir langsung ke laut.

Cara Menuju Pulau Mursala Sibolga

• Dengan pesawat: Jika Anda tiba di Dr. Sesampainya di Ferdinand Lumban Tobing, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor menuju pelabuhan Sibolga. Rutenya adalah: Jl. Berkat Siburian – Jl. Lintas Sumatera Barat – Jl. Horas – Pelabuhan Sibolga. Dari pelabuhan tersebut Anda bisa menyeberang ke Pulau Mursala Sibolga.

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Sibolga, Anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan menyeberang menggunakan perahu menuju Pulau Mursala Sibolga.

• Jalur darat : Dari pusat kota Sibolga anda hanya perlu melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor menuju pelabuhan Sibolga, dengan menggunakan rute : Jl. Diponegoro – Jl. Lintas Sumatera Barat – Jl. Horas – pelabuhan Sibolga. Dari pelabuhan tersebut Anda bisa menyeberang ke Pulau Mursala Sibolga.

Tiket Masuk Pulau Mursala Sibolga

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Biaya perahu: Rp 1.300.000
(Diperbarui Mei 2023)

Jam operasional pulau Marsala

Peta lokasi pulau Marsala

Tips Berkunjung ke Pulau Marsala

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pulau Marsala semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Marsala adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke pulau Marsala bersama orang tersayang dan rasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di pulau Marsala.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di pulau Marsala.

Galeri foto Pulau Mursala di Sibolga

keindahan pantaiPilihan akomodasi terdekatkeindahan pantaiTempat foto terbaikAir terjun ikonik di pulau MursalaAir laut yang sangat jernih

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button