Tempat Wisata

Tebing Breksi – harga tiket, lokasi rute dan spot terbaru 2023

Tak mau kalah dengan kota Semarang yang memiliki eksotisme ngarai cokelat, ternyata Jogjakarta juga memiliki tempat wisata yang tak kalah indahnya yaitu bekas situs purbakala bernama Breccia Hill.

Bukit Breksi merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja yang menarik perhatian banyak orang. Awalnya, bukit ini hanyalah sebuah tambang biasa, menyerupai bukit kecil setinggi sekitar 20 m. Namun belakangan ini, wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Ijo menyempatkan diri untuk mampir ke tempat ini sekedar untuk berfoto.

Gambar dari tapakita.comGambar dari tapakita.com

Tebing Breksi tidak hanya terlihat eksotis tetapi juga menawarkan pemandangan lanskap yang luar biasa. Dari atas tebing, wisatawan bisa melihat Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Barong dengan latar belakang Gunung Merapi yang perkasa. Selain itu, tebing yang menyerupai brown canyon di Semarang ini juga menyuguhkan panorama sunset yang memikat.

Baca juga: 5 tempat kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi

Sekilas tentang Tebing Breksi merupakan sebuah tebing tinggi tempat pernah digalinya batuan breksi. Saat dilakukan penelitian, batuan breksi tersebut ternyata merupakan endapan abu vulkanik Gunung Kidul Purba Nglanggeran.

Dan tebing tersebut merupakan bagian dari Warisan Geokultural Candi Ijo yang perlu dilestarikan dan dilindungi. Oleh karena itu, pemerintah mulai menjadikan lokasi penggalian breksi tersebut sebagai tujuan wisata. Tebing Breksi yang nantinya akan dialihfungsikan menjadi Taman Tebing Breksi.

Gambar dari yukdolanjogja.comGambar dari yukdolanjogja.com

Seperti yang diketahui, Taman Tebing Breksi merupakan sebuah tebing tinggi yang dulunya merupakan tempat penggalian batu-batuan. Namun ternyata tebing ini termasuk dalam situs geologi. Dan telah dinyatakan Cagar Budaya Candi Ijo untuk dilestarikan dan dilindungi.

Lokasi tebing breksi

Lokasi tebing breksiFoto: Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Sekitar 1 km sebelum Candi Ijo (dari jalan Prambanan-Piyungan). Tebing Breksi sendiri merupakan bagian dari kawasan wisata heritage Candi Ijo.

Keberadaan tebing ini sangat mudah ditemukan karena merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Jogja. Bahkan jika Anda belum pernah ke sini, kecil kemungkinan Anda akan menemui kesulitan besar jika ingin pergi ke Tebing Breksi.

Rute menuju Tebing Breksi

Rute lokasi menuju batuan breksiasiFoto:

Jaraknya sekitar 7 km dari Prambanan menuju wisata tebing. Letaknya di depan Candi Ijo. Ada rute yang lebih cepat dari arah Jogja. Sesampainya di pertigaan Piyungan, Anda bisa belok kanan.

Lurus saja sampai melewati jalan Prambanan-Piyungan. Dari sini ikuti penunjuk arah menuju Candi Ijo. Akan ada spanduk di sisi kiri jalan bertuliskan ‘Wisata Tebing Breksi’.

Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor, mobil atau bahkan bus wisata. Hal ini tercermin dari banyaknya rombongan pengunjung yang pergi ke tebing Breksi Jogja saat liburan dan menggunakan bus.

Jika Anda tidak membawa kendaraan, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti ojek online, angkutan umum dan lain-lain. Beberapa plang telah dipasang agar Anda dapat dengan cepat mencapai Batu Breksi dengan kendaraan Anda.

Jika Anda tidak yakin atau masih merasa bingung, silakan akses peta di bawah ini.



Biaya masuk

Biaya masuk ke tebing breksiFoto:

Mengisi waktu luang dengan jalan-jalan dan menjelajahi tebing Breksi Jogja tidak menguras kantong. Pasalnya, ada biaya tour jogja tour ini yang dinilai murah dan tentunya ramah kantong.

Saat ini tiket masuk Tebing Breksi hanya Rp 10.000 per orang, sangat murah bukan? Tentunya dengan tiket tersebut wisatawan bisa berlibur ke sini sampai puas.

Selain tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi. Biaya parkir di Tebing Breksi adalah sebagai berikut:

  • Rp 2.000 : Parkir motor
  • Rp 5.000 : Parkir
  • Rp 15.000 : Parkir Minibus/Elf
  • Rp 25.000 : Parkir Bus

Di sini Anda juga akan menemukan beberapa aktivitas seru untuk membuat momen perjalanan Anda di tebing Breksi semakin berwarna. Misalnya mencoba serunya Jeep Wisata Tebing Breksi dengan biaya sebagai berikut:

  • 310.000 IDR: short trip (durasi 1 jam)
  • 400.000 IDR: medium trip (durasi 2 jam)
  • 550.000 IDR: long trip (durasi 3 jam)

Biaya ini sudah termasuk dalam asuransi penumpang jeep wisata. Ini sesuai dengan kapasitas maksimal 3 orang untuk 1 jip.

Yang tak kalah menarik adalah paket “Sunset Gala Dinner” untuk 10 orang dengan harga 3.750.000. Bagi Anda yang membawa pasangan, tersedia pula paket Gala Dinner Couple Camp dengan harga Rp 300.000 untuk 2 orang.

Tentunya dari ketentuan di atas mengenai biaya wisata Tebing Breksi diatas dapat berubah sewaktu-waktu.

Perabot

tebing breksiFoto:

Tebing Breksi telah masuk dalam daftar wisata Sleman Jogja populer dan didukung oleh berbagai badan pendukung. Fasilitas Tebing Breksi cukup lengkap dan memadai antara lain :

  • Tempat parkir yang luas
  • Pusat Informasi Turis
  • jasa pemandu wisata
  • kamar mandi
  • tempat peristirahatan umum
  • food court
  • Taman bermain yang mengasyikkan
  • daerah relaksasi
  • toko hadiah
  • Akomodasi
  • Spot foto instagic

Memilih Tebing Breksi sebagai tujuan liburan tidak akan pernah salah. Destinasi ikonik ini akan membuat pengalaman perjalanan Anda semakin berwarna.

Salah satunya akan mencoba berbagai hal seru yang ditawarkan berupa aktivitas menarik di tebing Breksi, seperti:

  • TUR JEEP
  • TEMPAT
  • KOPI BREKSI KOPI
  • BERKEMAH MENYENANGKAN
  • BERKEMAH REGULER
  • STUDI BANDING

Spot terbaik di Tebing Breksi

tempat terbaik di tebing breksiFoto:

Tempat wisata di Sleman ini sebenarnya terlihat sangat anti mainstream, dan begitu natural tanpa dibuat-buat. Tebing Breksi adalah sebuah tebing berbatu putih yang digunakan sebagai tambang batu kapur, yang telah ditinggalkan dan tidak digunakan lagi.

Kawasan bekas penggalian batu alam ini akhirnya disulap menjadi tempat wisata Instagrambale. Terbuka untuk umum sejak tahun 2015, Wisata Tebing Breksi tak pernah sepi kunjungan hingga saat ini.

Berkat sejumlah wisata alam yang seakan menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara ke sini untuk berekreasi. Daya tariknya tentu saja bangunan peninggalan makam kapur yang memiliki bentuk khusus.

Yang bisa Anda gunakan adalah berfoto lucu untuk mengabadikan momen indah liburan Anda di sini.

Tips berkunjung

Tips mengunjungi batuan breksiFoto:

  • Perhatikan baik-baik waktu kunjungan Anda dengan memperhatikan cuaca saat ini agar lebih optimal.
  • Tidak disarankan untuk datang ke Tebing Breksi saat cuaca alam kurang mendukung karena Anda akan berada di luar ruangan.
  • Jika Anda berkunjung pada siang hari, tidak ada salahnya mengenakan penutup kepala seperti topi atau payung karena di sini cukup panas.
  • Patuhi tata tertib dan juga tata tertib yang berlaku bagi seluruh pengunjung wisata Tebing Breksi Sleman Jogja.

Nah itu tadi salah satu wisata Yogyakarta yang direkomendasikan yaitu Tebing Breksi dengan berbagai view yang menarik. Tebing Breksi Yogyakarta harus ada dalam daftar rencana perjalanan masa depan Anda bersama orang yang Anda cintai.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button