Tempat Wisata

Candi Gedong Songo, peninggalan sejarah yang indah di Semarang

Candi Gedong Songo – Bagi Anda yang tinggal di Jawa Tengah dan asing dengan Candi di Bandungan Jawa Tengah: Kawasan wisata Gedong Songo banyak dikunjungi wisatawan karena pemandangannya yang indah serta peninggalan sejarah kerajaan yang menakjubkan Tidak kalah dengan tempat wisata di wilayah lain.

Kawasan candi di Bandungan, Semarang, Jawa Tengah ini banyak diminati oleh kalangan wisatawan khususnya pecinta alam atau komunitas alam lainnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa dari berbagai pelosok tanah air yang melakukan kegiatan di kawasan tersebut, seperti Selengkapnya mari kita bahas sejarah dan lokasi tempat wisata unik Gedong Songo Semarang Jawa Tengah.

Candi Gedong Songo

sejarah candi

Nama Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa Jawa membangun Dan Lagu, membangun yang berarti bangunan atau rumah dan lagu adalah angka sembilan, jadi candi ini berarti candi yang jumlahnya sembilan. Candi ini merupakan situs peninggalan sejarah umat Hindu di Gunung Ungaran, ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan diyakini dibangun pada abad ke-9 Dinasti Syailendra.

Jika Anda pernah mengunjungi candi yang ada di Dieng yaitu Candi Arjuna pasti tahu bahwa secara keseluruhan arsitektur bangunan ini hampir mirip dengan kompleks candi yang ada di Dieng. Candi Gedong Songo berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan suhu cukup dingin 19 hingga 27 derajat Celcius.

Gedung Songo awalnya bernama Gedong Pitoe oleh Raffles karena hanya ditemukan tujuh candi pada saat itu. Pada tahun 1825 Van Braam menerbitkan temuannya dan pada tahun 1865 Hoopermans dan Friederich menulis tentang kawasan wisata ini. Pada tahun 1910 hingga 1911, Knebel memimpin pembangunan dengan melakukan inventarisasi air panas di Candi Gedong Songo.

Pada tahun 1916, pemerintah Belanda secara resmi memeriksa beberapa bangunan candi tempat dilakukannya penelitian oleh Dinas Kepurbakalaan Belanda. Selanjutnya, pemugaran Candi Gedong 1 dilakukan pada tahun 1928 hingga 1929, kemudian perbaikan Candi 2 dilanjutkan pada tahun 1930 hingga 1932.

Pemerintah Indonesia sendiri mulai mengambil alih dan memperbaiki Candi 3, 4 dan 5 yang dilakukan oleh SPSP (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) antara tahun 1977 dan 1983 hingga tahun 2009 ketika perombakan dan perbaikan situs ini secara keseluruhan dimulai.

Lokasi di kawasan Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Untuk menuju kawasan candi ini cukup mudah karena kawasan wisata ini terletak di lereng Gunung Ungaran. Jika Anda datang dari Ambarawa, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke Bandungan. Jika Anda dari arah barat, Anda bisa melewati Temanggung kemudian berjalan menuju Bandungan Semarang. Lihat peta di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini harus berhati-hati karena jalanan yang berkelok-kelok dan cukup menyulitkan pengendara sepeda apalagi ditambah dengan hujan yang membuat jalanan semakin licin karena untuk menuju kawasan wisata ini harus melalui jalur darat. tanjakan, banyak sepeda motor yang berhenti di tengah jalan karena tidak bisa mencapai puncak.

Pemandangan dan keindahan wisata candi

Padahal, kawasan wisata di candi Semarang ini memiliki suhu dingin berkisar antara 19 hingga 27 derajat Celcius. Meski tidak sedingin Dataran Tinggi Dieng, pemandangannya tak kalah dari tempat lain. Karena tempat ini tinggi, Anda dapat menikmati pemandangan kota yang berbeda dari ketinggian. Sangat populer di kalangan turis.

Meskipun tinggi dan tidak ada sinyal di tempat ini, saya rasa bagi anda yang suka mengambil foto dan mengedit foto untuk diunggah di media sosial, tempat ini cocok untuk anda, karena di tempat ini terdapat banyak tempat yang indah. Cukup banyak turis yang melakukan itu berkemah di tempat ini karena tempat ini selalu menjadi tempat favorit bagi Berkemah.

Rute kawasan Gedong Songo

candi 1

Candi Gedong Songo1

Pertama masuk ke kawasan Gedong 1, dimana pada titik ini anda akan disambut oleh pintu candi, dimana anda akan dikenakan biaya masuk sebesar 6.000. Harga tersebut cukup terjangkau untuk memberikan dana kepada pemerintah untuk menjaga kelestarian dan kekokohan candi Keindahan candi ini, bangunan gapura yang dihadirkan terlihat seperti candi dan terdapat panggung, di sebelahnya kompleks candi Gedong 1.

candi 2

Kawasan Candi Gedong Songo 2 berjarak sekitar 500 meter dari Candi 1. Memang agak jauh tapi jika sudah berada di Temple 2 hati Anda akan cukup puas karena bisa melihat semua candi yang ada disana. Ada dua jalan menuju ke dua candi, satu untuk penunggang kuda dan satu lagi untuk kuda. Ada banyak paviliun dan warung makan yang tersedia untuk menuju Candi 2, jadi jika Anda lapar di tempat ini, Anda tidak perlu khawatir.

Untuk sewa kuda harganya sekitar 25.000 sampai 70.000. Kuda ini akan memudahkan Anda berkeliling kompleks candi. Begitu sampai di Area Candi 2, anda akan disuguhkan pemandangan yang lebih indah dari Area Candi 1, dengan lokasi di ketinggian yang sangat mempesona keindahannya.

candi 3

Gedong Songo

Berbeda dengan sebelumnya, jalan menuju Kompleks Candi 3 tidak jauh, mis. Misal jarak candi 1 ke areal candi 2. Ada 3 candi di areal ini, candi ini mirip dengan candi di Dieng hanya saja ada beberapa arca seperti arca Durga, Ganesha, penjaga Dewa Siwa Nandiswara dan Mahakala, yang terletak di sekitar tiga candi.

Cast dan air panas dan uap super panas

Setibanya di Temple Area 3, Anda akan menemukan area dengan sumber air panas. Saat pertama kali masuk ke dalam uap panas Gedong Songo sudah dapat dirasakan, uap panas ini berasal dari dalam puntung. Di kawasan wisata ini Anda bisa menikmati pemandian air panas di ketinggian.

Kuil 4 dan 5

Area ke-4 jaraknya cukup jauh dari area candi ke-3. Anda harus berjalan mengitari bukit selama beberapa menit dan Anda akan mencapai area candi ke-4. Jarak menuju kawasan candi ke-5 juga cukup jauh, sayangnya di candi ke-5 beberapa bangunan kompleks telah rusak oleh alam dan hanya tersisa candi kecil di titik ini.

Masakan Gedong Songo

Tidak hanya menjadi tujuan wisata bagi anda yang penat dari perjalanan jauh, banyak juga warung makan, khususnya yang menawarkan makanan khas Gedong Songo, dan banyak warung yang menawarkan sate kelinci dan pangsit panas serta kecap hangat dengan gula kacang. makanan ringan. Ada juga beberapa toko souvenir dan pernak pernik antara lain bunga hias, pernak pernik Gedong Songo, souvenir dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Terpopuler Dieng dan Wonosobo

Itulah beberapa penjelasan tentang sejarah tempat dan keindahan tempat wisata Gedong Songo di Bandungan Semarang. Bagi anda yang datang ke tempat ini, kami berusaha menjaga kebersihan dan kelestarian peninggalan sejarah ini agar anak cucu kami dapat menikmati keindahan disana.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button