Tempat Wisata

Pulau Berhala: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Negara kita tercinta Indonesia sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali sebagai tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di pulau Sumatera, Sumatera Utara juga merupakan surga tersendiri bagi para penggila travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti Serdang Bedagai, ada satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan yaitu Pulau Berhala.

Destinasi wisata Pulau Berhala ini terletak tepatnya di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Dengan banyaknya pulau yang dimiliki Indonesia, tidak heran jika kita menemukan pulau-pulau kecil yang bisa dijadikan tujuan liburan. Apalagi saat pulau sepi, Anda bisa merasa seperti berada di pulau pribadi. Karena letaknya di perbatasan Indonesia-Malaysia, pulau ini dijaga oleh TNI dan tentara inilah yang mendiami Pulau Berhala. Tugas utama para prajurit adalah mengawasi wilayah perbatasan termasuk perairan di sekitar Pulau Berhala setiap saat. Berbeda dengan tempat wisata lainnya, jika pengunjung ingin menikmati Pulau Berhala, mereka harus mengajukan izin dari Pos Angkatan Laut Serdang Bedagai. Anda akan menyerahkan surat pengantar kepada Komandan Jaga di Pulau Berhala. Ada pemandangan alam yang sangat indah, yang masih sangat terjaga dan asri. Suasana pantai mengundang wisatawan untuk segera bermain, dan panorama yang indah akan menjadi latar foto Anda bersama keluarga.

Karena pulau ini dihuni oleh TNI, pengunjung juga bisa bertemu dan bercengkerama dengan mereka. Selain itu, para prajurit biasanya melakukan berbagai kegiatan menarik di sana, seperti memancing, berolahraga, mengelola penangkaran penyu, dan mercusuar. Penangkaran penyu disana memang sengaja dibangun oleh tentara kita untuk melindungi penyu yang terkadang datang ke Pulau Berhala untuk bertelur. Wisatawan juga dilarang berperilaku asusila dan membawa senjata tajam atau miras.

Fasilitas di pulau berhala

Sedangkan fasilitas yang ada di kawasan wisata Pantai Pidakan tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti di antaranya;

– Penangkaran penyu

Selain menikmati panorama alam pulau Berhala yang indah atau menghabiskan waktu bermain di pantai. Di sana Anda bisa mengunjungi penangkaran penyu yang dibangun oleh para prajurit.

– Kantin atau tempat makan

Berjam-jam bermain di pantai dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Ada kantin yang dikelola tentara yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang didirikan di sana, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan air laut yang jernih, pantai pasir putih yang indah, dan pepohonan yang bermekaran.

– Akomodasi

Di Pulau Berhala, Anda yang membutuhkan penginapan bisa menginap di barak tentara dengan harga yang sangat terjangkau.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar kawasan pantai.

Berburu foto di pulau berhala

Di Pulau Berhala ini, bagi Anda yang tertarik dengan seni fotografi bisa mengambil foto dari tempat-tempat menarik. Pemandangan laut yang berwarna biru hampir menyerupai langit yang mengelilinginya pasti sangat menarik untuk di abadikan dan kemudian di posting di media sosial anda agar banyak orang mengetahui keindahan Pulau Berhala. Selain itu, terdapat tempat-tempat yang juga banyak digunakan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berfoto bersama teman atau sekedar selfie. Tempat-tempat tersebut berada di sekitar bebatuan di pinggir pantai dan juga di pinggir pantai, selain itu anda juga bisa mengabadikan momen-momen seru kegiatan yang anda lakukan bersama teman-teman. Anda bisa meminta orang lain untuk mengambil foto Anda sambil duduk atau berdiri, dengan latar belakang laut yang indah. Yang jelas kamu akan mendapatkan foto natural yang bagus di tempat ini.

Bagaimana menuju ke pulau berhala

• Melalui Udara : Setibanya Anda di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Tiram dengan kendaraan bermotor. Rutenya adalah: Jl. Jalan Tol Medan-Kuala Namu – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Prof. HM Yamin-Jl. Juanda-Jl. Perintis Kemerdekaan – Pelabuhan Tanjung Tiram. Dari sana, Anda tinggal naik perahu menuju Pulau Berhala.

• Melalui Laut : Sesampainya di Pelabuhan Belawan, Anda dapat langsung melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Tiram dengan kendaraan bermotor. Rutenya adalah: Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Medan-Kuala Namu – Tol Belmera – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Juanda-Jl. Perintis Kemerdekaan – Pelabuhan Tanjung Tiram. Dari sana, Anda tinggal naik perahu menuju Pulau Berhala.

• Melalui Darat: Dari pusat kota Medan, Anda hanya perlu mengikuti jalur berikut untuk menuju Pelabuhan Tanjung Tiram: Jl. Sikambing – Jl. H.Adam Malik – Jl. Yos Sudarso – Jl. Putri Merak Jingga – Jl. Perintis Kemerdekaan – Tol Belmera – Jl. Lintas Sumatera dan pelabuhan Tanjung Tiram

Biaya masuk ke pulau berhala

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya perjalanan: Rp 550.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pulau Idola

Jam buka objek wisata ini adalah setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 19.00. Tarifnya biasanya per paket. Paling murah Rp 250.000/orang.

Peta lokasi pulau Berhala

Tips Berkunjung ke Pulau Berhala

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pulau Berhala semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Berhala adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pulau Berhala bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di pulau Berhala.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima selama berlibur di Pulau Berhala.

Galeri foto pulau berhala

Pulau berhala dari lautsuasana pesisirsnorkelingPotret Lauta dari atas bukitMenikmati keindahan Pantai Pulau Berhala

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button