Tempat Wisata

Pantai Batu Nona: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Membicarakan eksotisme kawasan Kupang sepertinya tidak ada habisnya. Apalagi kalau bicara tentang wisata pantai dengan segala keindahannya. Tentunya Anda tidak akan pernah bosan melihat Pantai Kupang yang masih alami dan masih alami. Ada banyak wisata pantai di pulau Kupang dengan nama yang unik dan keindahan yang unik. Salah satu pantai yang menarik tersebut adalah Pantai Batu Miss Kupang.

Pantai ini terletak di Jalan Timor Raya km 10, Oesapa, Kelapa Lima, Kupang, NTT. Pantai Batu Nona Kupang menjadi alternatif wisata bagi warga untuk melepas penat setelah aktivitas sehari-hari yang berat. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan halus. Selain itu, terdapat juga bebatuan yang menghiasi pantai dan terlihat menakjubkan. Di salah satu kawasan pantai juga terdapat banyak pohon palem yang membuat pantai terlihat lebih bagus dan sejuk.

Objek Wisata Pantai Batu Nona :

Menurut legenda, wisata pantai ini dinamakan Batu Nona karena pada zaman dahulu ada seorang wanita yang sedang jatuh cinta. Akhirnya, karena putus asa setelah ditinggalkan kekasihnya, ia melompat dari salah satu batu karang di pantai. Saat melompat, wanita itu dikatakan berubah menjadi batu.

Batu itu berada tepat di pantai. Namun kini batu tersebut sudah tidak terlihat lagi karena tergerus ombak. Kebiasaan masyarakat untuk memanggil wanita muda dengan sebutan “Nona”, maka pantai ini akhirnya disebut “Pantai Batu Miss Kupang”. Sekarang patung seorang wanita telah didirikan di tempat wanita itu melompat.

Sejak kejadian tersebut, kawasan wisata pantai ini dianggap mistis. Penduduk setempat mengakui bahwa terkadang mereka secara tidak sengaja melihat bayangan seseorang yang duduk di tebing tempat wanita itu melompat. Penduduk setempat bahkan mengatakan mereka mendengar isak tangis.

Kisah mistis ini bisa dipercaya atau tidak. Namun bagi anda yang ingin mengunjungi Wisata Pantai Batu Miss Kupang disarankan untuk tidak memilih waktu diatas jam 18:00 malam. Diyakini bahwa saat-saat inilah roh mulai berkeliaran.

Ternyata dibalik sejarah seramnya pantai ini menyimpan banyak keunikan yang pasti akan membuat wisatawan penasaran untuk segera berkunjung. Pantai wisata ini memiliki kolam renang yang sangat menawan dimana anda bisa bersantai sambil menikmati suasana pantai. Juga harga untuk masuk ke kolam renang ini cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk dewasa.

Kolam renang yang tersedia di kawasan pantai ini dibagi menjadi tiga area sesuai dengan kemampuan berenang pengunjung. Mereka yang bisa berenang dengan baik bisa memilih kolam dengan kedalaman 2 m. Sebaliknya, mereka yang memiliki keterampilan sedang dapat memasuki kolam dengan kedalaman 1 m.

Keindahan wisata pantai semakin lengkap dengan adanya pisang EPE. Ada juga minuman unik yaitu buah kurma yang menemani wisata anda. Buah kurma ini berbentuk seperti kelapa, namun isinya bergerak seperti bolak balik yang besar.Buah ini memiliki tekstur yang cukup kenyal dan bisa menjadi pelepas dahaga yang menyegarkan.

Selain buahnya, penduduk setempat juga memanfaatkan getah bunga pohon enau untuk membuat gula merah. Selain itu, airnya juga bisa diolah menjadi anggur.

Pantai Batu Nona Kupang memiliki ombak yang tenang. Lokasinya di teluk jadi tidak terlalu ramai. Pengunjung disuguhi suasana tenang berupa deburan ombak kecil yang indah, angin sepoi-sepoi dan pemandangan pantai yang menakjubkan. Menurut informasi, ombak besar di pantai ini hanya terjadi pada musim angin barat.

Meskipun demikian, angin di pantai ini cukup kencang dan debu pantai cukup mengganggu saat hembusan angin. Oleh karena itu, usahakan untuk melindungi mata Anda dengan hati-hati, atau gunakan juga pelindung mata agar tidak terkena pasir.

Untuk menikmati keindahan Pantai Batu Miss Kupang disarankan untuk berkunjung sore hari. Selain cuacanya yang cukup teduh, pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan sunset yang mempesona. Momen spesial ini juga bisa Anda abadikan sebagai kenang-kenangan saat berwisata di lokasi Pantai Batu Miss Kupang.

Fasilitas di Pantai Batu Nona:

  • area parkir
  • warung makan
  • Akomodasi
  • Toilet
  • Kolam renang

Biaya masuk ke pantai Batu Nona

  • Biaya masuk: Rp 15.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 2.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Batu Nona:

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 11 malam

Lokasi dan Rute Pantai Batu Nona :

Wisata pantai ini berlangsung di Jalan Timor Raya, km 10, di desa Oesapa, Kec. Kelapa Lima, Kupang, NTT. Untuk mencapai tempat wisata ini Anda bisa menggunakan kendaraan umum menuju Jalan Raya Timor. Jika Anda datang dari Terminal Lama Kupang, silakan menggunakan angkutan umum jurusan Kupang – Tarus dan turun di pertigaan Nunsui. Kemudian naik ojek menuju Pantai Batu Nona.

Pantai Batu Nona adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Nusa Tenggara Timur. Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata menarik untuk liburan anda, pantai indah ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama orang tersayang.

Pantai Batu Nona Kupang juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari warung makan, penginapan, toilet dan fasilitas pendukung lainnya. Tentunya fasilitas ini akan membuat betah tinggal pengunjung di tempat wisata NTT ini.

Peta area Pantai Batu Nona

Tips mengunjungi Pantai Batu Nona

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Batu Nona semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pantai Batu Nona adalah liburan yang lebih panjang.
  • Datanglah ke Pantai Batu Nona bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Batu Nona.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar selama berlibur di Pantai Batu Nona.

Galeri foto Pantai Batu Nona di Kupang

Pantai Batu NonaPantai Batu Nona Sumber : instagram.com/riezkytp/Pantai Batu Nona, KupangPantai Batu Nona Sumber : instagram.com/di_magdalena/Pantai Batu Nona di KupangpesisirSpot foto di atas batuMatahari terbenam di pantai Batu Nona

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button