Tempat Wisata

Pantai Tanjung Aan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata pantai yang ada di Lombok. Lombok, Nusa Tenggara Barat identik dengan destinasi wisata yang memukau, yang paling terkenal adalah Gunung Rinjani. Namun jika berbicara tentang wisata pantai, Lombok tentu saja tidak kalah dengan pulau-pulau lain yang kaya akan wisata.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu pantai utama Lombok. Pantai ini dikenal tidak hanya karena pemandangannya yang indah, tetapi juga struktur pasirnya yang unik. Dikatakan bahwa berjalan tanpa alas kaki terasa seperti menginjak merica atau kerikil kecil, tetapi tidak tajam.

Ini karena pasirnya mengandung pasir halus yang mudah hancur. Ada sejarah unik pasir bertekstur lada. Konon pasir tersebut berasal dari fosil karang yang sudah lama hancur. Penduduk setempat juga percaya bahwa berjalan tanpa alas kaki di pantai dapat membantu menjaga kesehatan dan memperlancar peredaran darah karena tekstur yang Anda pijak terlihat seperti bola-bola kecil. Pasir yang menyerupai biji merica kemudian menyentuh kaki, merangsang syaraf di balik kulit kaki dan menyehatkan tubuh.

Pemandangan Pantai Tanjung Aan

1. Surga bagi perenang

Ombak di Pantai Tanjung Aan tidak begitu besar, bahkan terkadang ada ombak yang sangat tenang. Jadi ombaknya mungkin sedikit mengecewakan jika Anda hanya datang untuk berselancar, tetapi jika Anda datang untuk berenang atau menyelam, pantai ini sangat direkomendasikan. Kedalaman lautnya relatif dangkal dan keindahan bawah lautnya sangat menakjubkan. Anda juga bisa snorkeling dan tidak perlu khawatir tentang peralatan yang Anda butuhkan karena ada kios tempat Anda bisa menyewa peralatan snorkeling dan berenang.

2. Bermain pasir dan berjemur

Berjemur memang bukan gaya turis lokal, tapi berjemur di pantai sangat digemari turis mancanegara. Matahari di pantai ini sangat bagus dan angin sepoi-sepoi membuat Anda mengantuk saat berjemur di pantai. Sifat unik pasirnya juga dijadikan tempat bermain oleh banyak orang, terutama anak-anak. Sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Sangat menyenangkan juga untuk berjemur dan melihat orang berselancar.

3. Bukit Marese

Bukit Merese adalah bukit pesisir. Memang bukan tujuan para pendaki terbaik di Lombok, namun jika Anda berkunjung ke Pantai Tanjung Aan, jangan lewatkan keseruan menaklukkan Merese. Keunikan bukit ini adalah suasananya yang mirip dengan Selandia Baru.

Anda bisa melihat guratan hijau yang menyejukkan mata dan sesampainya di puncak Anda bisa melihat dengan jelas Pantai Tanjung Aan dari atas bukit. Mendaki bukit ini sangat disarankan bagi pecinta sunset karena keindahan sunset terlihat jelas dari atas bukit.

4. Tempat paling nyaman untuk bersantai

Tentunya niat Anda ke pantai adalah ingin bersantai, baik ingin menikmati pantai sendiri maupun bersama keluarga. Dan semua ini untuk bersantai setelah bekerja dan berlibur di akhir pekan. Ada banyak cara untuk bersantai di pantai ini. Misalnya berenang menikmati pemandangan bawah laut, bermain air, berjemur, tidur di bawah payung atau bahkan bermain pasir.

Namun rasanya kurang lengkap bila pergi ke gubuk kecil beratap rumbia dan berdinding bambu. Biasanya ditujukan untuk wisatawan yang ingin tidur atau istirahat. Fasilitas tersebut sudah umum terdapat di pantai-pantai Indonesia, tapi tentunya jika ingin bersantai, itu pilihan yang bagus bukan?

5. Perburuan Nyele

Jika Anda ingin merencanakan perjalanan ke Pantai Tanjung Aan, sebaiknya lakukan perjalanan pada bulan Februari atau Maret karena pantai ini memiliki upacara tradisional Nyele di mana orang berburu cacing Nyale. Dikisahkan ada seorang putri yang melarikan diri ke laut karena tidak ingin dijodohkan dengan sang pangeran. Penduduk setempat percaya bahwa Cacing Nyale adalah titisan sang putri.

Fasilitas di Pantai Tanjung Aan

Peralatan tidak bisa dikatakan lengkap, karena beberapa hal masih hilang. Namun, dapat melayani kepentingan umum pengunjung. Fasilitasnya antara lain musala, warung makan kecil, tempat parkir, toilet, persewaan alat snorkeling dan renang, serta pondok-pondok kecil untuk istirahat.

Buat kalian yang sedang mencari penginapan, sayang sekali tidak ada yang dekat dengan Pantai Tanjung Aan. Akomodasi terdekat berada di kawasan Pantai Kuta e.g. B. Novotel Coralia Lombok, Kuta Indah Lombok dan banyak hotel lain dengan kelas dan harga berbeda.

Biaya masuk ke Pantai Tanjung Aan

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 10.000
  • Biaya parkir: Rp 15.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Tanjung Aan

Lokasi dan rute pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan terletak di Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya hanya beberapa kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Jaraknya 24 km dari Bandara Internasional Lombok dan 62 km dari kota Mataram. Anda bisa langsung menuju kawasan Pantai Kuta karena banyak terdapat penginapan, hotel dan lain-lain serta mudah untuk mencari transportasi. Kemudian Anda langsung berkendara menuju lokasi dengan jarak tempuh hanya beberapa kilometer saja. Untuk kondisi jalan tidak perlu khawatir karena kondisinya sangat licin.

Keberadaan Pantai Tanjung Aan di Lombok memang sulit ditemukan mengingat jaraknya yang sangat dekat dengan Pantai Kuta yang terkenal itu. Tapi tentu saja ketika Anda berbicara tentang ketegangan yang Anda dapatkan, sangat sulit untuk menghilangkannya dari ingatan.

Peta lokasi Pantai Tanjung Aan

Tips mengunjungi Pantai Tanjung Aan

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Tanjung Aan semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Tanjung Aan adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Tanjung Aan bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Tanjung Aan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Tanjung Aan.

Galeri Foto Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung AanSumber Pantai Tanjung Aan : instagram.com/pegi_pegi/Pantai Tanjung AanSumber Pantai Tanjung Aan : instagram.com/robpier89/pesisirTempat foto di pantaiPerabotKeindahan Pantai Tanjung AanMenikmati keindahan dari atas bukit

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button