Tempat Wisata

Pantai Gili Nanggu: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Ada banyak destinasi wisata di Lombok yang memiliki kata “Gili” pada namanya karena kata tersebut bersifat lokal. Pantai Gili Trawangan merupakan pantai yang cukup terkenal di Lombok, meski popularitasnya menyamai pantai-pantai di Bali. Namun tak hanya itu, ada juga Pantai Gili Nanggu yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Lombok. Keunikan pantai ini terletak pada lokasinya. Ada gugusan pulau kecil yang namanya semua berawalan Gili, seperti Gili Kedis yang berbentuk lambang cinta dan masih banyak lagi lainnya.

Pantai Gili Nanggu

Pantai ini terletak di sebuah pulau yang dikelilingi oleh hamparan laut biru yang sangat luas. Ada beberapa pulau kecil di kawasan tersebut namun tidak ada yang bisa mengalahkan pesona Pantai Gili Nanggu. Namun, masih ada 10 Gili lainnya di kawasan tersebut, Gili Nanggu hanyalah salah satu dari 11 Gili yang ada. Ada tiga yang sering dikunjungi wisatawan karena letaknya yang berdekatan, yakni Gili Nanggu, Gili Sundak, dan Gili Kedis. Ketiganya dikenal sebagai tempat snorkeling yang bagus karena terumbu karang di sana sangat indah.

Objek wisata pantai Gili Nanggu

1. Terasa seperti pulau pribadi

Pantai Gili Nanggu terletak di pulau tak berpenghuni, hanya ada akomodasi dasar untuk wisatawan. Saat berada di pulau ini, Anda akan merasa seperti sedang berlibur di pulau pribadi, jarang ramai karena keterbatasan fasilitas. Sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur di pulau dengan pantai pasir putih dan tidak berpenghuni.

2. Suasana damai yang kental dan alami

Karena merupakan pulau tak berpenghuni, keindahan alam tetap terjaga di sana seperti pulau tanpa campur tangan manusia yang berlebihan. Sampah dari wisatawan sudah jarang ditemukan di sana, tentunya hal ini dikarenakan kesadaran masing-masing individu wisatawan. Anda akan disuguhi pemandangan indah dan semilir angin sepoi-sepoi tanpa terganggu oleh pedagang kaki lima atau warga pantai yang lalu lalang.

3. Menyelam dan snorkeling

Biota di pantai ini sangat banyak dan beragam. Anda bisa melihatnya langsung saat menyelam. Ombaknya cukup tenang sehingga Anda bisa snorkeling juga. Hanya beberapa meter dari bibir pantai Anda sudah bisa melihat keindahan alam bawah laut yang mempesona, karena terdapat banyak terumbu karang yang menjadi rumah bagi biota laut. Banyak ikan berwarna pelangi berenang di area bebatuan.

4. Bisa memberi makan ikan

Kegiatan ini terutama dilakukan oleh para wisatawan yang datang. Di sana Anda bisa memberi makan ikan sambil menyelam atau snorkeling. Ada cukup banyak ikan di sana. Setelah Anda memberi mereka makan, banyak ikan akan menyerang. Ada baiknya membawa botol kosong berisi roti yang dihancurkan dan ditambahkan sedikit air. Buat lubang di salah satu sisi botol agar adonan roti yang basah bisa keluar dengan cara diperas. Beginilah cara memberi makan ikan, tapi ingat agar kehidupan laut tetap lestari, sebaiknya jangan menangkap ikan yang ada.

5. Perlindungan Penyu

Sudah 11 tahun sejak Pantai Gili Nanggu dianggap sebagai tempat perlindungan penyu dan lebih dari 4.000 telur menetas di pantai ini. Tentunya jika beruntung, sebagai pengunjung Anda juga bisa menyaksikan penyu bertelur dan tentunya tidak perlu repot-repot mengganggu prosesnya. Tidak hanya keunikan pantai ini, Anda juga bisa melihat sunset yang indah, terumbu karang yang mempesona dan masih banyak lagi.

Fasilitas di Pantai Gili Nanggu

Sayang sekali fasilitas yang diberikan tidak bisa dibandingkan dengan pantai lain di Lombok yang memiliki fasilitas lengkap. Sebagai pantai yang terasa privat seperti pantai pribadi, namun tidak terlalu mengganggu. Lagi pula, jarang ada arus besar turis di pantai ini.

Namun di sekitar pulau tidak langsung di pantai, masih terdapat berbagai fasilitas seperti: B. Menyewa perahu untuk pergi ke pulau dan pelabuhan kecilnya, paviliun di pantai, resor yang bisa disewa, toilet, musala dan kafe dan warung. Untuk akomodasinya sendiri, Anda bisa menyewa mulai dari Rp 500.000 per malam.

Biaya Masuk Pantai Gili Nanggu

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya perjalanan perahu: Rp 300.000-500.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Gili Nanggu

Lokasi dan rute menuju pantai Gili Nanggu

Lokasinya tepat di Sekotong Bar, Sekotong Tengah, Cab Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Rutenya sendiri bervariasi dan ada banyak cara untuk sampai ke Pantai Gili Nanggu. Jika Anda datang dari Mataram, berkendaralah ke desa Batu Kijuk dan kemudian langsung berkendara ke Gili Nanggu sekitar 20 menit. Sedangkan dari bandara cukup naik Damri ke patung sapi Gerung, lalu naik angkot ke pelabuhan Lembar dan langsung menyeberang ke Gili Nanggu sekitar 20-40 menit. Selain Pelabuhan Lembar, Anda juga bisa menggunakan Pelabuhan Tanjung Kelor di Sekotong Barat.

Keindahan alam di sekitar Pantai Gili Nanggu membuat hiburan semakin menarik, terutama karena menimbulkan relaksasi dan ketenangan. Rasanya sangat tidak enak jika mencari pulau Gili Nanggu tapi tidak mampir ke pantainya.

Peta lokasi Pantai Gili Nanggu

Tips mengunjungi Pantai Gili Nanggu

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Gili Nanggu semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Gili Nanggu adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Gili Nanggu bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Gili Nanggu.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Gili Nanggu.

Galeri foto Pantai Gili Nanggu

Pantai Gili NangguPantai Gili Nanggu Sumber: instagram.com/pasqualetto/Pantai Gili NangguPantai Gili Nanggu Sumber: instagram.com/ibra_nov/suasana pantaiKeindahan air lautPantai Gili NangguPerahu tertambat di pantai Gili Nanggupantai berpasir

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button