Tempat Wisata

Pantai Selong Belanak: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Selong Belanak terkenal dengan pesona alamnya yang konon mirip dengan Hawaii. Itu sebabnya banyak wisatawan menyebut pantai ini Hawaii-nya Lombok. Meski dalam tahap pengembangan, pantai ini belum banyak dikunjungi pengunjung, namun tentunya tujuan ke depannya adalah untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke pantai ini. Saat musim liburan biasanya pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, bahkan seringkali wisatawan mancanegara lebih banyak dari wisatawan lokal.

Pantai Selong Belanak

Meski sangat ramai di hari libur, pantai ini terbilang sepi di hari biasa. Mungkin strategi untuk Anda bisa pergi ke sana pada hari kerja untuk merasakan pantai pribadi tanpa banyak orang. Pantai Selong Belanak dikatakan menjadi pesaing tangguh Gili Trawangan, tujuan wisata terkenal lainnya di Lombok. Daya saing dari segi keindahan alam sama sekali tidak kalah dengan wisata pantai lainnya yang ada di Lombok, bahkan banyak orang yang beranggapan bahwa pantai di Lombok ini tidak ada tandingannya. Hanya saja fasilitasnya tidak sebagus yang lain mengingat pantai ini sudah lama tidak dibuka.

Atraksi Pantai Selong Belanak:

1. Keindahan alam yang memukau

Tentu saja, ketika berbicara tentang keindahan alam, seseorang menjelajahi semua aspek lingkungan alam, seperti pasir, ombak, pepohonan di sekitarnya, dan bahkan langit di sekitarnya. Semua itu memiliki suasana yang berbeda di pantai ini. Terasa istimewa karena dikelilingi perbukitan hijau. Bentuk pantainya melengkung dan memiliki warna air yang indah. Tentunya air lautnya tidak kalah menarik, sangat cocok untuk para pecinta diving.

2. Memiliki sejarah yang unik

Pantai dengan luas 1 km dan lebar 10 m ini terkenal dengan keunikan sejarahnya yang penuh misteri dan mitos mistis. Hal seperti itu sebenarnya cukup umum terjadi di Lombok, bahkan hampir setiap tempat wisata memiliki sejarahnya masing-masing, bisa dimaklumi karena NTB dulunya adalah tempat kerajaan-kerajaan besar.

3. Memiliki pasir halus

Lombok memang terkenal dengan pantainya, bukan hanya pemandangannya saja, tapi pasir pantainya menjadi penilaian lain. Beberapa pantai di Lombok memiliki butiran pasir yang cukup besar, rata-rata seukuran biji merica, bahkan ada yang lebih besar. Namun berbeda dengan pasir di Pantai Selong Belanak yang cukup kecil dan halus. Saking licinnya, saat terkena air, pasirnya mengeras dan bisa dilalui sepeda motor atau mobil. Karena pasir inilah pengunjung bisa bermain istana pasir, bermain voli pantai, menerbangkan layang-layang, berendam di pasir, dan bersantai.

4. Memiliki dua jenis gelombang

Ombak sendiri memiliki beberapa klasifikasi, ada ombak tenang dan ombak ganas. Ombak yang lebih besar dan agresif tentu menjadi primadona para peselancar. Uniknya ombak agresif di perairan sebelah kanan ini. Mungkin karena banyak pulau kecil disana. Sedangkan bagi yang ingin bermain aman dengan berenang atau bermain air sebaiknya mencoba ke sisi kiri karena ombak di sana tenang.

5. Dari selancar hingga menyelam

Beberapa kegiatan olahraga yang biasa dilakukan oleh orang-orang dari mancanegara dapat ditemukan di sini. Ada ombak lembut di sebelah kiri yang bagus untuk berenang atau sekadar bermain air bersama keluarga. Di sisi kanan pantai Anda bisa menggunakan ombak untuk berselancar. Menyelam juga dimungkinkan di pantai ini, karena menawarkan pemandangan bawah laut yang mempesona. Tidak hanya itu: bermain pasir, bermain voli atau menjelajahi pantai adalah cara lain menikmati liburan di pantai ini.

Fasilitas di Pantai Selong Belanak:

Meski tergolong pendatang baru di Lombok, tempat wisata tepi pantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup baik. Ada parkir mobil untuk kendaraan dengan biaya parkir terpisah, tetapi ini sudah termasuk dalam biaya masuk. Akomodasi hotel terdekat adalah Kuta Indah Hotel dan Kuta Paradise Lombok, tetapi akomodasi dasar juga tersedia di area pantai. Ada juga persewaan papan selancar dengan harga yang berbeda-beda, kamu juga bisa membeli oleh-oleh atau papan selancar di sana. Selain itu, tersedia pula buku panduan bagi Anda yang ingin belajar berselancar. Fasilitas lainnya termasuk paviliun, kafe, dan warung makan dengan berbagai macam makanan, terutama makanan laut.

Biaya masuk ke pantai Selong Belanak

  • Biaya masuk: Rp 2.000/orang
  • Biaya naik perahu: Rp 5.000
  • Biaya parkir motor: Rp 2.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000
  • Biaya sewa papan selancar: Rp50.000 hingga Rp350.000
  • Biaya sewa peralatan selancar: Rp 100.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka di Pantai Selong Belanak:

Lokasi dan Rute Pantai Selong Belanak :

Lokasinya tepat di desa Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab.Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jarak tempuh dari Kota Mataram sekitar 49 km dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Caranya cukup mudah, kamu bisa langsung membidik ke desa Selong Belanak. Tempat ini juga dapat dengan mudah dicapai di peta google, tetapi sayangnya tidak ada transportasi umum yang menuju ke sana baik dari kota Lombok atau Mataram. Jadi Anda perlu menggunakan mobil pribadi, menyewa mobil atau menggunakan jasa travel.

Keindahan alam pantai ini memang sangat indah. Berwisata ke Lombok tanpa mampir ke pantai ini akan membawa penyesalan yang tak terlupakan, apalagi jika Anda berasal dari luar Lombok atau wisatawan mancanegara.

Peta lokasi pantai Selong Belanak

Tips Mengunjungi Pantai Selong Belanak

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Selong Belanak semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pantai Selong Belanak adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Selong Belanak bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Selong Belanak.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Selong Belanak.

Galeri foto Pantai Selong Belanak

Pantai Selong BelanakPantai Selong Belanak Sumber: instagram.com/ignatiusega/Pantai Selong BelanakPantai Selong Belanak Sumber: instagram.com/lombokamazingtour/suasana pantaiKawanan kerbau di pantaiDengan kapalPantai berpasir di sore hariMatahari terbenam di pantai Selong Belanak

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button