Tempat Wisata

Bukit Merese: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Bukit Merese merupakan salah satu tempat wisata alam di Lombok, NTB. Pulau Lombok tidak hanya dikenal dengan wisata alam lainnya seperti gunung, pantai atau air terjun, tetapi juga beberapa wisata gunung disana. Kawasan Bukit Merese menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan spot foto yang menarik. Cocok untuk kamu yang suka selfie. Selain itu, wisatawan juga dikenalkan dengan kekayaan budaya Lombok, khususnya di kawasan Bukit Merese.

Bukit Merese

Bukit ini dekat dengan beberapa Gili terkenal di Lombok seperti Gili Air, Meno bahkan Trawangan. Saat Anda berada di atas bukit itu, Anda bisa menikmati semuanya. Selain itu, Bukit Merese juga dekat dengan beberapa destinasi wisata lainnya seperti Tanjung Aan karena jalurnya hanya single track. Jadi jika Anda ingin mengunjungi salah satu destinasi tersebut, Bukit Merese mungkin menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat sejenak sebelum berpindah ke tempat wisata lainnya.

Atraksi Bukit Merese:

1. Memiliki kecantikan yang luar biasa

Tentunya mengunjungi perbukitan atau dataran tinggi selalu menyuguhkan pemandangan yang indah. Wisata ini mirip dengan Lappa Laona di Barru, Sulawesi Selatan karena menyuguhkan pemandangan pegunungan dataran tinggi di sekitarnya. Bedanya Bukit Merese berada di tepi laut, jadi pemandangan lautnya lebih bagus di sana. Apalagi saat sore tiba Anda bisa melihat matahari terbenam yang indah saat matahari terbenam di balik gunung terdekat. Sekilas, Bukit Merese memiliki hamparan rumput hijau yang luas di sekelilingnya.

2. Pemandangan indah dalam perjalanan menuju lokasi

Sebelum memasuki kawasan Bukit Merese, Anda bisa melalui beberapa tahapan perjalanan dari rumah. Sepanjang jalan, Anda tidak akan menyesal melangkah ke Lombok karena rute yang Anda ambil di sana hampir seluruhnya melalui kawasan wisata. Pemandangan panorama setiap meter perjalanan sangat menyenangkan. Tertidur saat bepergian bisa merugikan. Dalam perjalanan menuju kawasan perbukitan, wisatawan dapat melihat berbagai hewan ternak, kebun bahkan beberapa rumah adat.

3. Pemandangan laut, bebatuan dan pegunungan

Di puncak Bukit Merese ada beberapa hal yang menarik perhatian. Itulah pandangannya. Di puncak bukit Anda bisa melihat batu karang yang diselimuti air laut berwarna hijau. Saat matahari sedang terik, terlihat kilauan kristal yang indah. Selain itu, Anda juga bisa melihat pegunungan di kejauhan yang mengelilingi bukit. Warna gunung terlihat biru karena terlalu jauh. Lalu ada hamparan laut yang sangat luas dan daratan di sekitarnya memiliki rerumputan hijau. Trik kecil untuk Anda yang ingin mengambil foto yang bagus: coba gunakan tongkat selfie lalu ambil foto dari atas agar keseluruhan pemandangan bisa ditangkap.

4. Dikemas dengan budaya lokal

Orang-orang tinggal di daerah ini. Budayanya masih sangat kentara, meski bisa dibilang orang-orang bergerak mengikuti zaman. Sepanjang jalan Anda akan melihat banyak penduduk yang memelihara hewan ternak. Ada juga beberapa rumah tradisional yang masih dilestarikan. Selain itu, di kawasan Bukit Merese, terkadang masih ada warga yang memanfaatkan padang rumput di sana sebagai pakan ternak, seperti sapi, kambing, atau kuda.

5. Sediakan udara sejuk

Namanya juga dataran tinggi, yang pasti udaranya sejuk. Terkadang angin bertiup sangat kencang juga, mengingat lokasinya berada di pinggir laut. Disarankan hanya memakai topi atau penutup kepala karena meski udaranya sejuk, namun teriknya matahari terkadang bisa membuat Anda pusing. Jadi tolong jaga kesehatan Anda.

Fasilitas Bukit Merese:

Fasilitas yang ada di kawasan Bukit Merese tidak ada. Hanya ada perbukitan dengan sejuta keindahan. Lokasi sangat dekat dengan tempat wisata lainnya dan jalan utama. Jadi kalau cari fasilitas sebaiknya ke sana saja. Ada beberapa hotel yang bisa Anda temukan, ada juga tempat ibadah, toilet, warung dan lainnya. Hal itu biasanya terlihat pada jalur yang ditempuh saat memasuki kawasan Bukit Merese.

Biaya masuk ke Merese Hill

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Merese Hill:

Lokasi dan Rute Bukit Merese:

Lokasinya tak jauh dari Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Rutenya bisa dilihat langsung melalui Google Maps. Jalurnya sendiri terbilang aman dan mulus jika Anda mengambil jalur ke Tanjung Ann dan kemungkinan harus membayar tiket masuk ke sana. Dari Mataram, perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Para wisatawan biasanya menggunakan jalur Cakranegara – Kediri jika datang dari Mataram. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Praya – Batuntale – Sengkol – Rambitan – Desa Sade – Jalan Kuta – Tanjung Aan. Kemudian cukup lanjutkan ke kawasan Bukit Merese. Sama halnya dengan kota Lombok. Ikuti saja google map atau minimal sampai di titik Jalan Raya Kuta di kawasan Desa Sade.

Udara sejuk dan pemandangan alam yang indah selalu menghiasi setiap wisata puncak atau bukit. Semua itu bisa dirasakan di Bukit Merese, dengan pemandangan laut yang mempesona. Pergi ke Lombok untuk mencari wisata gunung, datang saja ke sini.

Peta lokasi Bukit Merese

Tips mengunjungi Bukit Merese

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Merese Hill semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Merese adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tercinta ke Bukit Merese untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Merese Hill.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.

Galeri Bukit Merese

Bukit Merese, LombokBukit Merese Lombok Sumber instagram.com/ontrafa.official/Bukit MereseBukit Merese Sumber: instagram.com/agelkmr/Spot foto dengan background lautTembakan pantai dari bukitberburu fotoNikmati keindahan perbukitan dan pantai sekaligusPerhatian

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button