Tempat Wisata

Kota Tua Ampenan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Di Jakarta ada yang disebut Kota Tua, di wilayah lain di Indonesia juga ada yang menyandang gelar Kota Tua dan memiliki sejarah berdirinya sendiri. Tentunya sebagai tempat dengan banyak tujuan wisata, Lombok juga memiliki kota tua bernama Kota Tua Ampenan. Kota ini terletak di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, lebih tepatnya di daerah sebelah barat kota Mataram. Seperti namanya, kota ini memiliki nuansa kuno dan hanya dengan melihatnya, Anda dapat merasakan bahwa kota ini memiliki banyak masa lalu yang menarik.

Kota tua Ampenan

Karena itu, kota ini tidak hanya menjadi tujuan wisata bagi para pelancong, tetapi juga merupakan peninggalan sejarah yang hidup di Lombok. Nama itu sendiri diberikan bukan tanpa alasan, menurut cerita masyarakat setempat, Ampenan adalah nama yang diberikan oleh ksatria suku Dayak. Dahulu kala Kerajaan Bali berhasil menguasai wilayah desa Kenaga yang saat itu diperintah oleh Raden Satria Nata. Saat terbakar, Raden Satria Nata perlahan membangun peradaban baru bernama Madya. Ceritanya sendiri cukup panjang, hal-hal menarik tentang kota ini akan diceritakan nanti.

Tempat Wisata Kota Tua Ampenan :

1. Permukiman dengan penduduk yang heterogen

Sebenarnya ada beberapa desa di kota ini yang masing-masing bisa hidup berdampingan, namun pada dasarnya budaya mereka terkadang tidak cocok. Ada suku melayu, ada juga kampung cina, kampung jawa, kampung bugis dan masih banyak lagi yang lainnya. Kota itu sendiri sebagian besar dihuni oleh orang Melayu. Meski demikian, keberagaman dan kesatuan ditanamkan pada warganya sejak lahir, meski berbeda suku dan desa. Pada tahun 1970-an, kota ini juga berkembang menjadi pelabuhan yang terkenal, namun perlahan menghilang dengan berpindahnya ke Lembar.

2. Memiliki sejarah yang unik

Setelah berdirinya Madya di masa lalu, tanah di sana digunakan untuk pertanian dan secara bertahap perdamaian dipulihkan. Saat Komak mekar, tiba-tiba Puteri Jin datang untuk menyusu bunga tersebut, namun salah satu puterinya ditangkap oleh para pengikut Raden Satria Nata, akhirnya menikah dan melahirkan seorang putera. Waktu berlalu sebelum istri dan anaknya mengingkari janjinya dan Raden bermeditasi untuk menenangkan diri. Putranya kemudian pulang, tetapi tidak bersama istrinya. Setelah putranya kembali, Raden menemukan seorang pendekar Dayak yang dirasanya cocok untuk menamai putranya. Satria Tampena kemudian resmi menjadi nama. Inilah asal usul kota ini. Keturunan Satria Tampenan dipercaya bermukim di daerah Suradadi Lombok Timur.

3. Bangunan dan reruntuhan bersejarah

Masih banyak gundukan asli di kota ini. Wisatawan dapat dengan jelas melihat bangunan tua saat mengunjungi kota. Semuanya tampak rusak dan sangat tua, meskipun beberapa telah diperbaharui untuk mempertahankan kondisinya. Ampenan sendiri merupakan sebuah kecamatan di Mataram. Dahulu perdagangan di daerah ini cukup baik karena daerah ini dihuni oleh keturunan Tionghoa dan Arab yang sangat ahli dalam urusan perdagangan. Tentu saja yang menarik dari mengunjungi kota ini adalah gedung-gedungnya. Arsitektur kuno yang masih sangat kental membuat kota ini unik dan layak untuk dikunjungi.

4. Vihara Bodhi Dharma

Tentu saja, ketika seseorang mendengar Biara Bodhi Dharma, dia sama sekali tidak berpikir tentang Islam. Namun, ada Bodhi Dharma yang dibangun sejak tahun 1804. Istimewanya adalah dihuni oleh umat Islam dan terletak di depan Kampung Melayu.

5. Pemandangan yang indah

Tentu pemandangan kota tua ini sangat menarik, disana anda juga bisa merasakan sunset yang indah dengan panorama pantai dan laut yang luas, karena lokasinya yang cukup dekat dari sana. Cocok untuk siapa saja yang pergi berlibur bersama teman dan ingin makan jagung bakar. Kota ini sangat menarik dan memberikan kesan menyeramkan dan indah. Saat malam tiba, bulan menerangi semua reruntuhan kota dan menawarkan pemandangan yang indah.

Fasilitas Kota Tua Ampenan:

Tidak ada alasan untuk mempertanyakan fasilitasnya sendiri, karena yang mereka kunjungi adalah kota, bukan hutan, tanpa fasilitas. Ada yang dibutuhkan orang di sana, Anda bisa meminta bantuan penduduk setempat jika Anda membutuhkannya, misalnya jika Anda sangat membutuhkan toilet. Ada juga pilihan transportasi yang mudah diakses. Ada juga akomodasi yang sangat dekat seperti Nitrour Inn Hotel, Cabe Ampenan Inn dan Wisma Triguna Ampenan dengan harga dan fasilitas yang berbeda. Anda tidak perlu khawatir dengan internet, karena jika Anda menyewa penginapan, Anda juga memiliki WiFi gratis.

Tiket masuk Kota Tua Ampenan

  • Biaya masuk pada hari kerja: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Kota Tua Ampenan:

Lokasi dan Rute Kota Tua Ampenan:

Lokasinya berada di Kota Mataram, lebih tepatnya di Jalan Pabean, Ampenan Tengah, Mataram, NTB. Jalan setapaknya relatif mudah untuk dilalui dan Anda tidak perlu khawatir dengan jalan rusak atau semacamnya. Jika demikian, itu harus sangat minim. Anda dapat tiba dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Berkendara dari Mataram ke Jalan Pejangik lalu ke Jalan Yos Surdarso atau Jalan Langko. Sesampainya di pertigaan lima, ambil jalur menuju Kota Wisata Ampenan dan disanalah anda memasuki kawasan tersebut.

Tidak hanya menawarkan sejarah yang menarik saat berkunjung ke kota tersebut, tetapi juga menawarkan panorama alam yang indah, meski berada di kawasan kota tua. Saat berkunjung ke Mataram, cobalah mampir ke Kota Tua Ampenan.

Peta kota tua Ampenan

Tips berkunjung ke kota tua Ampenan

Jadikan liburan anda dan liburan keluarga di kota tua Ampenan semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Kota Tua Ampenan adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah bersama orang tersayang ke kota tua Ampenan dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas repot di Kota Tua Ampenan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Kota Tua Ampenan.

Galeri Foto Kota Tua Ampenan

Kota tua AmpenanKota Tua Ampenan Sumber : instagram.com/lombokhit/Kota tua AmpenanKota Tua Ampenan Sumber : instagram.com/laluahmadmariadi_/Selamat datang di kota tua AmpenanSpot foto di depan bangunan bersejarahTempat foto pinggir jalanPemandangan laut di kota tua AmpenanSunset di pantai kota tua Ampenan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button