Tempat Wisata

Candi Borobudur: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Memang, kemegahan Candi Borobudur sudah diakui dunia. Oleh karena itu tidak mengherankan jika peninggalan sejarah ini, meskipun dilindungi, telah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Kuil terbesar ini memiliki sejarah yang membuatnya semakin dihormati banyak orang. Turis dari dalam dan luar negeri terus berdatangan untuk melihat langsung peninggalan tersebut.

Terletak di Magelang, Jawa Tengah, candi ini berbeda dengan candi lain di Indonesia. Berbagai relief masih terjaga dengan baik. Batu-batu berumur puluhan ribu tahun itu masih terjaga dengan baik. Pengunjung menggunakannya sebagai objek pembelajaran sejarah dan sebagai jejak berbagai peristiwa yang terjadi pada masa itu. Indonesia patut bangga memilikinya.

Daya Tarik Candi Borobudur

1. Pembangunan candi

Salah satu candi terbesar di dunia ini menjadi destinasi wajib bagi wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke Yogyakarta dan Magelang. Tidak hanya kemewahan yang ditawarkan. Namun lebih pada nilai sejarah dan tempat ibadah agama Budha di Indonesia. Selain itu, pengunjung di sini diperbolehkan mendaki pura untuk menikmati keindahan alam.

Mencapai puncak candi, wisatawan akan terkagum-kagum dengan konsep jaman dahulu. Hal ini didukung oleh stupa dan berbagai arca yang berusaha dipertahankan keasliannya hingga saat ini. Oleh karena itu tidak heran jika candi ini banyak menarik perhatian para peneliti dari luar negeri. Sejauh ini seluruh kegilaan telah terpelihara dengan baik.

2. Bentuk relief

Bentuk gambar dan simbol yang tergambar di bebatuan menceritakan kisah masa lalu. Struktur bangunan didesain dengan gaya mandala. Setiap relief dengan kombinasi stupa menawarkan ajaran yang mendalam bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya. Semua unsur tersebut digabungkan menjadi satu untuk menggambarkan konsep alam semesta menurut kepercayaan Buddha.

Kamadhatu, 160 relief di dinding. Sutra Karmawibhangga yang berarti hukum sebab akibat di dunia. Rupadhatu, bentuk relief dan arca Buddha berjumlah sekitar 328 arca melambangkan alam peralihan. Dimana manusia mulai melepaskan diri dari urusan dunia. Terakhir, Arupadhatu menggambarkan alam tertinggi. Anda tidak akan menemukan kelegaan di sini.

3. Matahari Terbit di Borobudur

Atraksi lain yang ditawarkan Candi Borobudur adalah paket menyaksikan matahari terbit dari atas candi. Sinar matahari yang kemerahan perlahan menyinari keindahan dengan tampilan alami yang menawan, membuat segalanya semakin menawan dan megah di saat yang bersamaan. Semua dikemas dan disatukan dalam sebuah suguhan yang menyatu dengan nilai-nilai sejarah yang hadir di pura tersebut.

Tak heran jika banyak wisatawan yang siap ke sana pagi-pagi sekali. Sedangkan harga tiketnya masih cukup tinggi yaitu Rp 325.000 untuk dewasa dan 162.500 untuk anak-anak sudah termasuk snack dan minuman. Anda dapat membelinya melalui Manohara Hotel. Biaya sebanding dengan keindahan yang ingin dicapai.

4.Kebun Binatang

Ada kebun binatang rusa di Prambanan. Sementara itu, safari gajah berlangsung di Candi Borobudur. Usai berjalan-jalan menikmati keindahan pura, Anda bisa mampir sejenak untuk menikmati atraksi gajah yang memang sengaja dirancang untuk menghibur pengunjung, terutama anak-anak. Lokasinya tidak jauh dari pusat candi. Jadi Anda tidak perlu khawatir tidak dapat menemukannya.

Bagi wisatawan yang tidak menyukai safari, ada alternatif lain: Mereka bersepeda melintasi kawasan taman yang sengaja disediakan oleh petugas. Pepohonan yang rimbun membuat liburan Anda semakin seru. Tentunya, kehadiran keluarga dan sahabat bisa membuat segalanya menjadi sempurna.

5. Peninggalan Sejarah

Selanjutnya, Candi Borobudur merupakan bagian dari sejarah Indonesia yang patut untuk dilestarikan. Destinasi yang wajib dikunjungi dan disuguhkan kepada anak-anak. Sejarah kuno diringkas dengan indah dalam satu relik. Hal inilah yang membuat wisatawan terus datang kembali ke sini untuk berbagai penelitian dan pembelajaran.

Fasilitas Umum Candi Borobudur

ruang sholat

Fasilitas pertama yang tersedia adalah mushola dengan perlengkapan sholat. Tidak hanya satu musala, namun panitia menyediakan beberapa musala untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Selain itu, karena ketersediaan air bersih yang melimpah, wisatawan bebas mengambil air cucian.

Toilet

Selain itu, toilet umum yang bersih tersebar di beberapa sudut kompleks sehingga memudahkan Anda untuk ke toilet. Kenyamanan dan keamanan tetap terjaga karena setiap petugas siap memberikan arahan jika pengunjung kebingungan.

Tempat makan

Selain itu juga tersedia tempat catering dengan berbagai menu spesial. Warung-warung bersih yang menghadap ke pura memang sangat mengasyikkan. Tidak hanya itu, karena sambil menunggu pesanan datang, Anda bisa berfoto selfie lucu bersama gajah yang masih berada di area parkir yang sama.

pusat hadiah

Yang tak kalah penting adalah kemudahan menemukan penjual oleh-oleh khas. Biasanya para pedagang menunggu pengunjung di depan pintu keluar. Anda bebas memilih produk signature yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menawar saat membeli dalam jumlah banyak.

Biaya masuk ke Candi Borobudur

  • Biaya masuk domestik untuk dewasa (>10 tahun): Rp50.000/orang
  • Harga tiket untuk anak domestik (<10 tahun): Rp 25.000/orang
  • Tiket masuk rombongan pelajar atau mahasiswa: Rp 20.000
  • Biaya paket Tiket Candi Borobudur dan Prambanan Dewasa: Rp 75.000
  • Biaya Paket Pass Prambanan dan Candi Borobudur untuk Anak: Rp 35.000
  • Biaya Paket Dewasa Terusan Candi Borobudur dan Ratu Boko: Rp 75.000
  • Biaya Paket Pass Candi Borobudur dan Ratu Boko untuk Anak: Rp 35.000,-
  • Biaya masuk untuk orang asing dewasa (> 10 tahun): $25 / orang
  • Biaya masuk untuk anak asing (<10 tahun): $15/orang
  • Biaya Paket Candi Borobudur dan Lorong Prambanan: Orang Asing Dewasa: $45
  • Biaya Paket Pass Anak Prambanan dan Candi Borobudur: $27
  • Biaya Paket Candi Borobudur dan Ratu Boko Pass: Orang Asing Dewasa: $45
  • Biaya Paket Tiket Masuk Anak Candi Borobudur dan Ratu Boko: $27

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Candi Borobudur

  • Buka setiap hari dari jam 6.30 pagi hingga 4.30 sore

Lokasi dan Rute Candi Borobudur

Kecamatan Barobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Menuju ke sana tidak terlalu sulit jika Anda berada di Jogjakarta kemudian mengambil Jalan Magelang-Jogjakarta. Setelah itu ikuti Jalan Kusen Mayor lalu pertigaan ke arah barat melalui Jalan Suderman lalu lurus hingga sampai di kompleks candi.

Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam segala hal. Candi Borobudur Di Magelang ini menjadi salah satu Situs Warisan Dunia yang diakui UNESCO sejak tahun 1991. Artinya, Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan perekonomian nasional melalui pariwisata. Yang penting sekarang adalah bagaimana dan dengan cara apa itu akan terjadi. untuk menjaga warisan sejarah ini bersama-sama.

Peta lokasi Candi Borobudur

Tips Mengunjungi Candi Borobudur

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Candi Borobudur lebih menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Candi Borobudur adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Candi Borobudur bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Candi Borobudur.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Candi Borobudur.

Galeri Foto Candi Borobudur

Candi BorobudurCandi Borobudur Sumber: instagram.com/nithaer23/Candi BorobudurCandi Borobudur Sumber: instagram.com/mhey25_/Potret udara Candi BorobudurFestival Payung di Candi BorobudurSpot foto di depan candiDi kuilpuncak candiPotret Candi Borobudur saat matahari terbenam

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button