Tempat Wisata

Candi Prambanan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Candi Prambanan merupakan bagian dari peninggalan sejarah Indonesia. Dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Tri-Murti yang diyakini dalam agama Hindu. Jangan lewatkan kisah Roro Jonggrang dan pemuda yang mencintainya berpadu dengan kemewahan candi di Sleman, Yogyakarta. Untuk alasan ini, sering disebut sebagai “Seribu Kuil”.

Selain itu, keunikan masing-masing relief yang menceritakan kisah Ramayana dapat dilihat langsung oleh pengunjung. Karena banyaknya candi di kompleks ini, wisatawan bisa mengabadikan momen dengan kamera. Selama kunjungan, memanjat batu atau patung yang terletak di sekitar fasilitas tidak diperbolehkan.

Daya Tarik Candi Prambanan

1. Kuil terindah

Setiap candi memiliki karakternya masing-masing dan semuanya memiliki cerita yang perlu diketahui masyarakat. Dari segi keindahan bangunan, Candi Prambanan memposisikan dirinya sebagai candi terindah di Asia Tenggara. Tak heran, wisatawan terus berdatangan. Termasuk sebagai peninggalan agama Hindu yang eksotismenya harus selalu dilestarikan.

Seseorang dapat melihat kecantikannya dengan berbagai cara. Mulai dari arsitektur yang megah hingga sejarah di dalam gedung. Jika dirasa kurang, disarankan pengunjung datang pada sore hari. Saat matahari terbenam, cahaya kemerahan perlahan menyinari itu. Pesona alamlah yang membuat peninggalan ini dikenang oleh hampir semua orang.

2. Arsitektur unik

Dibangun oleh raja-raja Sanjaya, peninggalan sejarah ini menampilkan arsitektur yang unik. Hal ini terlihat di awal pintu masuk yaitu di gapura timur. Kemewahan bangunan juga terlihat pada tiga candi utama yang terletak di pelataran utama. Ketiganya adalah candi Siwa, Wisnu dan Braha sebagai simbol Tri Murti.

Fakta yang menarik adalah ketiga candi tersebut menghadap ke timur. Bangunan candi yang menjulang tinggi menyerupai Gunung Mahameru yang dikeramatkan, diyakini sebagai tempat bersemayam para dewa, merupakan bagian dari eksotisme yang ditawarkan. Anda tidak hanya akan ditawari keindahan pemikiran kuno. Namun, nilai-nilai religi juga disampaikan.

3.Kebun Binatang

Setelah mengetahui sejarah Candi Prambanan, sempatkanlah untuk mengunjungi kebun binatang yang terletak di belakang kompleks candi. Anak-anak pasti senang mengobrol dengan rusa yang dipelihara di sana. Jangan lewatkan tempat ini. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman karena lingkungannya nyaman dan bersih.

4. Itu tercantum dalam Kitab Suci

Prambanan memiliki kisah Ramayana yang terlukis indah di setiap reliefnya. Semua kisah ini masih tersimpan dan dapat dijelaskan oleh pemandu wisata yang Anda sewa. Menarik juga bahwa seluruh arsitektur candi didokumentasikan dalam naskah Wastu Sastra. Keadaan ini tentu bukan kebetulan atau dibuat-buat.

Catatan itu cocok dengan semua cerita yang akan ditemui seseorang. Tidak ada salahnya mempelajari sejarah, karena orang-orang zaman dulu punya caranya sendiri untuk berbagi pengalaman. Karena banyaknya pengalaman yang didapat, pengunjung harus menyiapkan alat tulis atau dictaphone agar semua yang telah dipelajari tidak hilang begitu saja.

5. Sendratari Ramayana

Tidak jauh berbeda dengan Bali. Di sini Anda berkesempatan melihat pertunjukan musik tradisional dengan iringan gamelan. Sangat menarik penuh dengan tradisi dan budaya Indonesia. Pertunjukannya sendiri berlangsung di belakang kompleks. Harga tiket bervariasi, waktu pentas dimulai pukul 19.30 WIB dan berakhir.

Fasilitas Candi Prambanan

ruang sholat

Untuk membantu kenyamanan pengunjung, pengurus menyiapkan beberapa mushola. Anda tidak perlu khawatir dengan Mukena dan perlengkapan Shiolat lainnya karena sudah disiapkan. Selain itu, air yang melimpah membuat wisatawan tidak perlu takut untuk berwudhu. Akses mudah dan pejabat yang membantu.

tempat peristirahatan umum

Selanjutnya, banyak toilet umum tersedia. Anda tidak perlu khawatir mengantri untuk buang air kecil. Seluruh toilet dipastikan bersih dan memenuhi standar fasilitas umum yang nyaman dan aman.

Tempat parkir yang luas

Fasilitas lain yang dihadirkan adalah tempat parkir mobil yang sangat luas sehingga segala jenis kendaraan bisa masuk dengan rapi. Tak hanya itu, petugas juga bersiaga untuk mengatur lalu lintas kendaraan yang keluar masuk. Jadi tidak ada kemacetan lalu lintas dengan mobil atau sepeda motor.

taman

Selain menyediakan area kebun binatang yang terletak di belakang kompleks Prambanan. Di kawasan yang sama juga terdapat taman luas yang memungkinkan setiap pengunjung untuk beristirahat dan menghabiskan waktu luang bersama keluarga dan teman di taman yang asri dan nyaman ini.

Tempat foto terindah

Candi Prambanan memiliki spot foto yang indah dan eksklusif. Keadaan ini didukung oleh kompleks candi yang didesain sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat mengambil foto tanpa hambatan. Fasilitas ini tentunya sangat membantu bagi Anda yang menyukai aktivitas selfie. Oleh karena itu, ada baiknya menyiapkan kamera terbaik.

  • Biaya masuk ke Candi Prambanan
  • Biaya masuk domestik untuk dewasa (>10 tahun): Rp50.000/orang
  • Harga tiket untuk anak domestik (<10 tahun): Rp 25.000/orang
  • Biaya paket candi Prambanan dan Borobudur untuk dewasa: Rp 75.000
  • Biaya Paket Pass Prambanan dan Candi Borobudur untuk Anak: Rp 35.000
  • Biaya Paket Pelintasan Candi Prambanan dan Ratu Boko Dewasa: Rp 85.000
  • Biaya Paket Pass Anak Candi Prambanan dan Ratu Boko: Rp 40.000
  • Biaya tetap untuk perjalanan orang dewasa melalui Candi Prambanan dan Plaosan: Rp 75.000
  • Biaya paket Candi Prambanan dan Lorong Plaosan untuk anak-anak: Rp 35.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Candi Prambanan

  • Buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 17.00

Lokasi dan Rute Candi Prambanan

Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan untuk rute dari Kota Jogja, Anda harus lurus ke timur menuju Jalan Jogja-Solo hingga menemui gapura perbatasan Jogja-Jawa Tengah, lurus ke lampu lalu lintas kemudian belok kiri menuju kompleks candi.

Candi Prambanan memiliki aura cantik yang dapat mempesona siapa saja yang melihatnya. Sekali lagi Indonesia patut berbangga padanya. Tugasnya sekarang bukan hanya memberi tahu dunia tentang hal itu. Namun, bersama-sama melestarikan warisan. Agar kelak anak cucu kita bisa menikmati perjalanan panjang sejarah ke negeri sekaya Indonesia ini. Saya harap ini berguna.

Denah lokasi Candi Prambanan

Tips mengunjungi Candi Prambanan

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Candi Prambanan semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Prambanan adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Candi Prambanan bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas repot di Candi Prambanan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Candi Prambanan.

Galeri Foto Candi Prambanan

Candi PrambananCandi Prambanan Sumber: instagram.com/prambananpark/Candi PrambananCandi Prambanan Sumber: instagram.com/prambananpark/Keajaiban Candi PrambananSpot foto di depan candikali buramPotret candi saat ramai dikunjungi pengunjungPohon-pohon indah di depan kuil

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button