Tempat Wisata

Tanjung Ringgit: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Tanjung Ringgit terletak di ujung tenggara Pulau Lombok. Di kawasan ini banyak terdapat bebatuan karst dan bukit karang. Karena lokasinya yang berada di tepi pantai, Tanjung Ringgit layak disebut sebagai salah satu tempat terindah di Lombok. Sayang sekali tidak banyak orang yang tahu tentang tempat ini sehingga tidak ada turis di sana dan terlihat sangat alami. Salah satu penyebabnya adalah tempatnya yang sangat terpencil dan jalur menuju ke sana tidak terlalu mulus dan beraspal.

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa pemandangan Tanjung Ringgit sangat indah. Sangat cocok dijadikan sebagai lokasi foto prewedding atau selfie bersama teman. Terletak di Lombok Timur, tempat wisata satu-satunya ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Sesampainya di sana, hal pertama yang Anda lihat adalah ngarai dengan keindahan air laut yang mempesona. Air lautnya sendiri berwarna biru, menandakan dalamnya laut di bibir tanjung. Di beberapa tempat di kaki tebing juga terdapat pantai dengan pasir putih dan halus.

Pemandangan Tanjung Ringgit :

1. Memiliki mercusuar yang aktif

Banyak orang menginginkan mercusuar untuk memberi mereka perasaan berada tepat di tepi laut sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Coba ke daerah ini. Ada mercusuar aktif yang memberi petunjuk kepada kapal bahwa ada daratan disana. Kawasan tersebut juga termasuk ekoregion, artinya kawasan di sekitarnya dimiliki oleh Departemen Kehutanan negara bagian. Dari jauh pun Anda bisa menikmati pemandangan mercusuar yang begitu mempesona.

2. Nikmati pemandangan tebing yang menakjubkan

Di Bali ada yang disebut Ulu Watu, sebuah tebing yang keindahannya luar biasa. Di daerah sekitar Tanjung Ringgit juga ada. Ada banyak tebing berbatu yang terlihat seperti irisan kue dan di bawahnya terdapat air laut yang biru pekat. Di sana juga, ombaknya cukup sedang, tetapi bisa menerbangkan tebing dan menimbulkan suara ombak. Ada juga peradaban burung yang cukup besar di daerah tersebut. Burung sering terdengar bernyanyi, seperti dalam adegan pantai di sebagian besar film.

3. Kegiatan di Tanjung Ringgit

Meski terkesan sepi fasilitas dan pengunjung, masih banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Seperti memanjat tebing. Namun tentunya Anda harus berhati-hati saat mendaki. Disarankan ke sana saat cuaca cerah, karena pemandangan laut lebih jernih tanpa awan. Namun karena terik matahari, disarankan juga untuk membawa air minum untuk mencegah dehidrasi karena ada banyak pilihan tempat berteduh, kebanyakan hanya tanah datar dengan rerumputan. Selain itu, Anda juga bisa mendirikan tenda dan berkemah bersama teman-teman Anda di area tersebut. Berburu foto adalah kegiatan utama yang harus Anda lakukan karena daya tarik utama Tanjung Ringgit adalah pemandangannya yang indah.

4. Tempat Bersejarah di Tanjung Ringgit

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah. Ada pula status sejarah di kawasan yang ditinggalkan sejak zaman penjajahan Jepang, yaitu meriam peninggalan Jepang. Konon tentara Jepang pernah berlabuh di perairan sekitar Pelabuhan Palopo yang kini dibangun. Mereka pernah mendirikan markas di Pantai Tangsi. Namun kebenaran cerita tersebut masih dipertanyakan, namun yang pasti semuanya berkontribusi pada daya tarik Tanjung Ringgit. Selain itu, juga terdapat gua besar yang diyakini pernah dihuni oleh orang Jepang.

Fasilitas Tanjung Ringgit:

Selain mercusuar atau meriam peninggalan Jepang, tidak ada fasilitas lain di sekitar Tanjung Ringgit. Sangat minim, hanya ada tebing, garis pantai, dan air laut biru kehijauan yang indah. Keindahan memang satu-satunya fasilitas yang tidak ada duanya di kawasan Tanjung Ringgit ini. Anda yang sedang mencari penginapan sebaiknya menahan diri untuk tidak mencari di kawasan Tanjung Ringgit. Anda harus menggunakan jalur utama atau kota untuk mencari akomodasi. Tempat parkir dan warung makan persis di pintu masuk Tanjung Ringgit. Karena itu, sebagian besar wisatawan datang membawa makanan dan minuman sendiri.

Jam buka dan biaya masuk Tanjung Ringgit:

Untuk masuk ke sini tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis (Update Mei 2023). Juga tidak ada fasilitas yang harus dipelihara dengan uang. Jam buka sekarang cukup terbatas dan mulai dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Dalam hal pemberitahuan, ketentuan yang disebutkan dapat berubah tergantung pada pemandu wisata. Namun sebagai saran, sebaiknya siapkan perbekalan untuk perjalanan ke Tanjung Ringgit karena bisa jadi Anda terlalu lama berada di sana karena pemandangannya yang indah.

Lokasi dan Rute Tanjung Ringgit :

Lokasinya adalah Jl. Lingkok Siwaq, Kel. Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab.Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Butuh waktu cukup lama dari Mataram ke tempat ini, karena jaraknya sekitar 80 kilometer. Waktu tempuh dari Mataram ke sini sekitar 2,5 jam. Sangat disayangkan medan yang dilalui cukup menuntut, tetapi semua ini diimbangi dengan pemandangan yang menakjubkan. Melalui Google Maps Anda bisa melihat rute terbaik menuju ke sana, baik dengan sepeda motor maupun mobil. Arahkan saja langsung ke Sekaroh atau Jalan Lingkok Siwaq. Dari sana, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat di mana pintu masuk Tanjung Ringgit.

Pemandangan menjadi modal utama destinasi Tanjung Ringgit jika ingin menarik wisatawan. Di sisi lain, meski minim fasilitas, Anda bisa merasakan keindahan alam yang benar-benar alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan. Tentunya sebagai seorang turis tidak boleh meninggalkan sampah apapun di kawasan ini.

Peta lokasi Tanjung Ringgit

Tips Berkunjung ke Tanjung Ringgit

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Tanjung Ringgit semakin menyenangkan dan berharga. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Tanjung Ringgit adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Tanjung Ringgit bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Tanjung Ringgit.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Tanjung Ringgit.

Galeri Foto Tanjung Ringgit

Tanjung RinggitTanjung Ringgit Sumber: instagram.com/leo_feel_visuals/Tanjung RinggitTanjung Ringgit Sumber: instagram.com/leo_feel_visuals/Potret laut dari Coral HillPilihan akomodasi di pantaiKeindahan air lautMercusuar Tanjung Ringgitpotret samudra

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button