Tempat Wisata

√ 6 Tempat Wisata di Madura Dengan Pemandangan Menakjubkan

Pulau Madura semakin mudah diakses berkat Jembatan Suramadu. Alhasil, banyak tempat wisata indah dan menarik di Madura yang semakin banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pulau Madura masih terlibat Wilayah Jawa Timur. Karena letaknya yang strategis, Pulau Madura memiliki wisata alam yang sangat indah.

Pulau Madura memiliki banyak potensi wisata alam dan buatan yang indah dan mempesona. Berikut akan kami rangkum dan bahas beberapa Tempat wisata di madura menarik dengan pemandangan yang menakjubkan.

Tempat wisata terkenal di madura

7 Tempat Wisata Di Madura Dengan Pemandangan Yang Memukau

Di bawah ini adalah 7 tempat wisata di Madura yang sedang naik daun.

1. Tempat Wisata Bukit Jaddih

Tempat wisata di Bukit Jaddih juga sering disebut Gunung Jaddih. Tempat wisata ini merupakan bekas tambang batu kapur yang kemudian dialihfungsikan menjadi tempat wisata di Madura. Untuk lokasi Tempat Wisata Bukit Jaddih di Desa Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan.

Tempat Wisata Bukit Jaddih dapat ditempuh dengan mobil dari Jembatan Suramadu melalui Jalur Kota Bangkalan. Atau Anda bisa mengambil jalur alternatif melalui Jalan Raya Labang yang hanya bisa dilalui sepeda motor. Jarak dari pusat kota sekitar 10 km.

Penambangan batugamping masih berlangsung hingga saat ini di daerah yang jaraknya cukup jauh satu sama lain. Namun, tetap berhati-hati karena tanah longsor dapat terjadi kapan saja.

Alat-alat besar dan truk-truk besar juga terlihat di dekatnya sebagai pengangkut kapur, mondar-mandir di kawasan yang memang kaya akan kapur ini. Ini membuat tempat ini semakin ramai.

Di sisi utara bukit juga terdapat kolam pemandian yang menjadi pusat wisatawan. Cekungan ini awalnya bekas tambang batu kapur. Di sekitar tempat wisata Bukit Jaddih juga terdapat sumber mata air yang menyemburkan air cukup banyak di tengahnya.

Pemerintah kota menggunakannya untuk mengelola kolam pemandian alam. Ukuran kolam cukup besar untuk menampung hingga ratusan pengunjung.

Harga tiket masuknya hanya Rp 10.000 per orang. Pastikan Anda datang pada pagi atau sore hari karena matahari sangat terik di siang hari dan kawasan ini tergolong kering.

2. Tempat Wisata di Gili Labak

Tempat wisata Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil milik Kabupaten Sumenep di Madura. Luasnya hanya sekitar 5 hektar dan dihuni sekitar 35 kepala keluarga. Pulau mungil ini sangat kecil sehingga Anda dapat mengelilinginya hanya dalam 30 menit.

Tempat wisata di Gili Labak banyak dikunjungi wisatawan sejak keindahan pantainya dibagikan di media sosial. Birunya air laut yang begitu jernih menyejukkan mata.

Pasir putih bersih terbentang luas mengitari pulau tanpa pecah, dan ombaknya juga sangat tenang dan dangkal sehingga cocok untuk snorkeling dan berenang.

Kita bisa menemukan ikan-ikan kecil yang hidup di terumbu karang yang indah. Mau mu snorkeling Anda harus membawa peralatan sendiri karena tidak ada persewaan alat di sini.

Untuk makanan dan minuman, sebaiknya bawa perbekalan yang cukup karena tidak ada restoran.

Pengelolaan kawasan wisata ini masih sederhana. Ada beberapa perahu motor yang tersedia untuk disewa untuk memancing di laut dan menikmati pemandangan dasar laut dari atas. Belum ada akomodasi dan restoran.

Tapi jangan khawatir, kita bisa tinggal bersama penduduk lokal atau mendirikan tenda di pinggir pantai. Juga, bawa tenda sendiri, oke?

Selain itu, pembatasan makanan, air bersih, dan listrik harus diwaspadai. Tidak ada sumber air tawar dan listrik hanya tersedia pada malam hari.

Tempat wisata Gili Labak dapat dicapai dengan menggunakan perahu dari Pelabuhan Kalianget. Dalam satu kali kapal bisa mengangkut sekitar 15 penumpang.

Sewa perahu sekitar Rp 350.000 dan bisa dinegosiasikan. Jarak ke Gili Labak dari sini sekitar 2 jam.

3. Tempat Wisata Waduk Nipah

Keberadaan Waduk Nipah ini tidak hanya menjadi solusi pengairan tetapi juga menjadi tempat wisata di Madura. Bentuk fisik bangunan waduk Nipah terlihat indah dengan tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya.

Daerah sekitar waduk dibiarkan alami, dengan banyak pohon tinggi yang dihuni oleh kawanan monyet. Kawasan wisata Waduk Nipah ini luasnya kurang lebih 500 hektar dan dibangun untuk mengairi sekitar 1.150 hektar lahan pertanian di daerah tersebut.

Obyek wisata Waduk Nipah terletak di Desa Montor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Dari Kota Bangkalan dapat diakses dengan berkendara sekitar 65 km.

Ada angkutan umum L300 yang melewati waduk ini. Tarifnya Rp 20.000. Saat memasuki kawasan wisata, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 30.000 untuk mobil. sehingga jalur masuk dan keluar lebih tertata.

4. Tempat wisata di Telaga Biru

Tempat wisata Telaga Biru termasuk tempat wisata di Madura yang berada di kawasan Bukit Jaddih. Telaga Biru ini berada di bekas lubang penambangan batu kapur.

Air tersebut berasal dari air hujan yang menggenang dan memenuhi lubang raksasa sedalam 2 meter. Airnya berwarna biru muda, makanya disebut Telaga Biru.

Harga tiketnya cukup terjangkau, hanya Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Mandi dan berenang tidak diperbolehkan di sini, karena air berkapur dapat merusak kulit karena sifatnya.

Karena itu, ada perahu kecil yang bisa disewa seharga Rp 5.000 untuk mengelilingi danau mini ini. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan indah yang dikelilingi tebing bebatuan berwarna putih. Tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan prewedding.

5. Tempat Wisata Pantai 9 Gili Genting

Tempat wisata Gili Genting adalah sebuah pulau kecil di desa Bringsang di Kabupaten Sumenep. Di tanggul ini terdapat pantai dengan pesona yang luar biasa indah.

Namanya Pantai 9. Disebut demikian karena di tepi pantainya terdapat kolam yang menyerupai angka 9. Bentuk ini terlihat jelas dari ketinggian, terutama saat air pasang.

Pasirnya putih dan bersih. Airnya jernih, sehingga Anda bisa melihat dasar laut yang datar dengan jelas. Karena belum banyak turis yang datang ke sana, kawasan sekitar masih asri alamnya.

Tempat Wisata Pantai 9 sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur tanpa harus keramaian dan ingin memiliki pantai sendiri.

Tempat wisata Pantai 9 dapat diakses melalui jalur utama dari Pelabuhan Saronggi Sumenep.

Sepeda motor juga dapat dibawa di penyeberangan Gili Genting jika Anda ingin membawa sepeda motor kesayangan Anda untuk menjelajahi Gili Genting. Biaya penyeberangan per orang adalah Rp 10.000 per orang.

6. Tempat wisata di Gua Lebar

Tempat Wisata Gua Lebar ini terletak di Desa Dalpenang, Kotamadya Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Pada zaman dahulu goa ini dikabarkan merupakan tempat wisata yang populer dikunjungi oleh banyak wisatawan baik dalam maupun luar Kabupaten Sampang.

Tempat wisata Gua Lebar ini juga dinobatkan sebagai salah satu landmark wisata Kabupaten Sampang. Pemandangan alam yang indah di dalam goa menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan.

Sebelum Gua Lebar ini dijadikan kawasan wisata alam, dulunya merupakan tambang batu kapur. Batu kapur yang digali di gua ini adalah batu kapur putih. Suasana di dalam Gua Lebar sangat sejuk namun masih alami.

7. Pantai Tlangoh

Pantai Tlangoh merupakan salah satu wisata pantai yang sedang berkembang di Kabupaten Bangkalan. Pantai ini terletak di Desa Tlangoh di Kecamatan Tanjungbumi.

Wisata pantai menanti Anda di Pantai Tlangoh dengan pantai berpasir putih yang sangat luas dan indah. Anda bisa bermain pasir dan berenang sepuasnya.

Ada banyak spot foto di pantai Tlangoh ini. Anda juga bisa bermain ATV yang bisa disewa dengan harga sekitar 20.000 rupiah.

Baca Juga : Tempat Wisata di Malang

Ini adalah ulasan dari 7 Tempat wisata di madura yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Saat berkunjung ke Surabaya, Anda bisa singgah di Madura dengan melintasi Jembatan Suramadu, jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura.

Saat Anda melintasi Jembatan Suramadu, Anda akan melihat permukaan laut yang indah. Dari jembatan tersebut Anda bisa berhenti sejenak dan menikmati pemandangan.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button