Tempat Wisata

Pantai Tanjung Layar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Indonesia memiliki beragam destinasi pantai yang fantastis. Tidak hanya Bali, Lombok atau Yogyakarta, wilayah Banten juga memiliki pantai-pantai indah yang sulit untuk dilupakan. Salah satu daerah yang memancarkan pesona surga adalah Sawarna.

Sawarna adalah salah satu dari tiga desa di wilayah Banten yang terkenal dengan Pantai Tanjung Layarnya. Baik dari segi kejernihan air pantai maupun pasirnya, keduanya sangat indah dan berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Asal usul nama Tanjung Layar

Pantai Tanjung LayarSumber Pantai Tanjung Layar : instagram.com/panorama_banten

Nama sebuah pantai tidak dapat dipisahkan dari masa lalunya. Demikian halnya dengan nama Pantai Tanjung Layar yang lebih dikenal dengan nama lain pada masa penjajahan Belanda. Java’s Eerste Punt adalah nama panggilan yang dulu dikenal dengan nama pantai Tanjung Layar.

Lantas bagaimana nama Tanjung Layar dikaitkan dengan pantai ini? Berapa lama namanya berubah? Jadi sepertinya pantai Tanjung Layar sudah masuk dalam legenda Babad Sunda atau legenda pantai selatan sejak zaman dahulu.

Kisah ini rupanya ada hubungannya dengan Sangkuriang. Menurut cerita, Sangkuriang diyakini sedang mengemudikan kapal yang akan dinikahinya dengan ibunya, Dayang Sumbi. Namun, seperti yang kita ketahui dari sejarah, Sangkuriang tidak menikahi ibunya.

Selain ibunya menggagalkan rencana anaknya, Sang Hyang Widi tentu saja tidak merestui pernikahan antara anak dan ibu tersebut. Karena Sang Hyang Widi tidak setuju dengan pernikahan itu, dia marah kepada Sangkuriang. Konon perahu Sangkuriang ditendang di bagian kepala.

Begitu juga dengan layar perahu yang menerjang ke selatan sehingga pantai ini diberi nama Pantai Tanjung Layar. Selama ini selalu menjadi bagian utama cerita Sangkuriang ini dalam kaitannya dengan cerita Gunung Tangkuban Perahu.

Namun tak dipungkiri sejarah Pantai Tanjung Layar yang terhubung dengan Sangkuriang ini juga sangat terkenal di Desa Sawarna. Beberapa kisah imajinatif lainnya juga mengaitkannya dengan legenda di balik nama pantai ini. Namun, kisah Sangkuriang lah yang paling terkenal.

Aktivitas di Pantai Tanjung Layar

Aktivitas di Pantai Tanjung LayarSumber Pantai Tanjung Layar : instagram.com/dewicandrawulan_

Berlibur di Pantai Tanjung Layar sudah menjadi kebiasaan sehari-hari para wisatawan untuk sekedar bersantai atau menikmati pesona alam. Pantai Tanjung Layar memiliki potensi panorama yang kaya, sangat cocok untuk pemotretan dengan lensa kamera.

Pantai Tanjung Layar yang jaraknya sangat dekat dengan pantai tetangga Desa Pasir Putih di Desa Cikaung otomatis memaksa Anda untuk melewati pantai tersebut sebelum datang ke sini. Tentunya dengan pergi ke pantai terlebih dahulu dan menikmati keindahan dua pantai yang berbeda, itu pun menyenangkan bukan?

Pantai Tanjung Layar tidak hanya terkenal dengan keindahan airnya yang jernih dan pasir putihnya, Anda juga dapat dengan mudah menikmati pemandangan bawah laut. Selain itu, ombaknya yang relatif besar akan memiliki daya tarik tersendiri saat menerjang bebatuan.

Selain menikmati pemandangan dan berjalan santai di atas pasir putih, masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Anda juga bisa menikmati keindahan alam dengan mendaki bukit yang sangat simbolis. Intinya sangat khas.

Jika Anda naik ke atas bukit, Anda akan menikmati pemandangan lain. Beberapa dari mereka tidak lupa untuk berfoto selfie dengan latar belakang laut, yang lain menginap hingga malam tiba untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Anda dapat membuat foto gaya siluet. Dengan asumsi Anda tinggal di pantai ini maka Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menginap di penginapan di sekitar pantai, dengan harga mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 300.000 per malam. Tentunya Anda bisa menginap dengan nyaman dengan harga tersebut.

Biaya masuk ke Pantai Tanjung Layar

  • Biaya masuk: Rp 5.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pantai Tanjung Layar

Peta lokasi Pantai Tanjung Layar

Tips mengunjungi Pantai Tanjung Layar

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Tanjung Layar semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Tanjung Layar adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Tanjung Layar bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Tanjung Layar.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Tanjung Layar.

Rute Menuju Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar bukanlah pantai yang asing di mata wisatawan. Selain aksesibilitasnya yang mudah, pantai ini juga masih mudah ditemukan dari mana pun Anda berasal. Apakah Anda datang dari Jakarta atau Bandung, keduanya memiliki akses yang memadai.

Datang dari Jakarta menuju Serang, Anda bisa mengambil rute ke Pandeglang, Sakiti lalu ke Malingping dan selanjutnya menuju Bayah ke Sawarna. Jika Anda datang dari Cilegon, Anda bisa mengikuti rute ke Anyer, berkendara ke Malingping via Labuan, lanjut ke Bayah lalu ke Sawarna.

Fasilitas pantai Tanjung Layar

Fasilitas pantai Tanjung LayarSumber Pantai Tanjung Layar : instagram.com/april_iin

Selain dikenal dengan lokasinya, mudah dijangkau dari berbagai arah dan bersedia menggunakan transportasi umum atau pribadi, fasilitas yang ditawarkan pantai ini juga cukup memadai. Hal ini dikarenakan Pantai Tanjung Layar bukanlah pantai yang asing.

Ada beberapa fasilitas umum yang tersedia di sini. Ada juga toilet dan mushola. Jika ingin bermalam, penduduk sekitar juga menyediakan penginapan yang biasanya di rumah masing-masing. Harganya sangat bervariasi, tentunya sebanding dengan perlengkapan yang Anda dapatkan.

Sementara itu, Anda juga bisa memarkir kendaraan pribadi di Pantai Tanjung Layar dengan tarif berbeda. Jika memarkir kendaraan roda dua biaya parkirnya Rp 2.000, sedangkan parkir kendaraan roda empat Rp 5.000.

Harga tiketnya sendiri hanya 5.000 RP. Jika Anda lapar dan ingin mencari warung makan, kawasan ini juga memiliki banyak warung sederhana yang menjual berbagai jenis makanan. Hadiahnya sendiri berkisar antara 10.000 hingga 50.000 RP.

Bagaimana? Sangat terjangkau bukan? Apakah Anda sudah memutuskan di mana Anda ingin menghabiskan liburan Anda? Tentu saja, ketika Anda pergi ke pantai untuk berlibur, Anda harus memastikan bahwa Anda dalam kondisi prima, bukan? Tentunya agar Anda bisa bersenang-senang dan menikmati liburan Anda.

Gambar dan foto Pantai Tanjung Layar

Foto Pantai Tanjung LayarFoto tempat wisata di Pantai Tanjung Layar Sumber : instagram.com/hdyudaSelamat datang di Pantai Tanjung Layarpesona pantaiPantai Tanjung Layar pada malam haripilihan akomodasiBukit Karang IkonikBebatuan di Pantai Tanjung LayarSunset di Pantai Tanjung Layar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button