Tempat Wisata

Pantai Pagatan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia adalah negara yang terdiri dari ribuan pulau. Ketersediaan ribuan pulau memungkinkan pengunjung untuk mengakses lebih banyak pantai.

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Pagatan. Kebanyakan orang mungkin tidak familiar dengan jenis pantai ini. Namun, Anda harus tahu bahwa pantai ini juga memiliki banyak keindahan alam yang ditawarkan.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai, ini wajib dicoba. Dalam artikel ini kami menjelaskan apa saja yang disertakan. Penasaran banget kan?

Pantai PaganSumber Pantai Pagatan : instagram.com/syifaaoktaviaa

Sekilas tentang Pantai Pagatan

Bisa dikatakan Pantai Pagatan merupakan pantai yang unik. Pantai ini begitu unik, menawarkan begitu banyak pemandangan eksotis. Pantai ini juga dikelilingi oleh pemukiman nelayan, lho!

Oleh karena itu, sangat mungkin jika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan menemukan banyak ciri khas para nelayan, termasuk perahu-perahu yang ada di pantai. Di pantai yang satu ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam.

Anda benar-benar harus tahu pantai ini. Banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini. Apakah Anda mungkin penasaran? Jika iya, baca artikel berikut ini sampai selesai.

Objek wisata Pantai Pagatan

Objek wisata Pantai PagatanSumber Pantai Pagatan : instagram.com/ptribella__

Saat berlibur sudah pasti menjadi pilihan kebanyakan orang, jika bukan daerah pegunungan maka pantai. Bagi anda yang ingin liburan pantai, kami merekomendasikan Pantai Pagatan. Jangan khawatir karena banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di dalamnya.

1. Pantainya indah

Seperti judulnya, pengunjung bisa berenang di pantai, antara lain. Pantai Pagatan sebenarnya adalah salah satu pantai yang tidak memiliki ombak besar.

Jadi airnya cukup aman untuk berenang. Meski ombaknya tidak terlalu besar, pengunjung tidak disarankan untuk berenang ke tengah laut. Ikuti saja saran saat ini dan kami akan berada di sisi yang aman.

Sekarang! Selain berenang di pantai Pagatan, Anda juga bisa menggunakan pantai yang sangat menakjubkan. Untuk anak-anak yang ingin berenang di pantai, penggunaan ban renang sangat dianjurkan.

2. Matahari terbenam yang eksotis

Siapa sih yang tidak suka melihat sunset alias matahari terbenam? Menyaksikan matahari terbenam yang indah di tepi pantai adalah salah satu kegiatan yang paling dinanti-nanti oleh kebanyakan orang.

Karena itulah saat Anda berkunjung ke Pantai Pagatan, ada baiknya Anda menikmati keindahan alam saat senja. Anda dapat menggunakan keindahan alam ini untuk menyegarkan otak Anda.

Kebanyakan orang benar-benar mengambil gambar lucu dan mempostingnya di media sosial. Mereka mengatakan ini adalah cara memandang hal-hal yang disebut “estetika”. Sekarang! Jika ingin menikmati keindahan alam, kenapa tidak mampir sebelum senja usai?

3. Ada pesta laut

Daya tarik utama lainnya di Pantai Pagatan adalah Pesta Laut. Tidak setiap hari, tepatnya setiap bulan April, Pantai Pagatan selalu dipadati pesta laut. Pesta laut ini sendiri biasa disebut Mappanretasi.

Nama ini selalu menggambarkan pesta laut di sekitar pantai Pagatan, meski tradisi ini sudah ada lebih dulu di kalangan masyarakat Bugis. Lalu kenapa ada sea stage di pantai ini?

Pesta laut itu sendiri merupakan wujud rasa syukur atas makanan yang berlimpah. Dimana Pantai Pagatan memiliki banyak sekali keunggulan. Seperti dunia bawah laut.

Padahal, nenek moyang kita dulu berusaha mempertahankan budaya semacam ini. Sehingga tradisi itu selalu hadir, bahkan dalam masa pewarisan.

4. Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Pantai Pagatan tanpa berburu kuliner. Banyak makanan khas daerah yang disajikan di sana. Uniknya lagi, Anda bisa menikmati kuliner di perkampungan nelayan suku Bugis.

Lokasi Pantai Pagatan

Lokasi Pantai PagatanSumber Pantai Pagatan : instagram.com/datu_balambika

Masyarakat Kalsel pasti sudah sangat familiar dengan Pantai Pagatan. Jadi, Pagatan terletak di Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, lebih tepatnya di desa Pagatan yang masuk dalam wilayah kecamatan Kusam Hilir. Jika Anda datang dari arah kota Tanah Bumbu, jaraknya sekitar 19 km. Namun, jika Anda datang dari Banjarmasin, jaraknya cukup jauh. Jangkauan 241 km.

Rute menuju Pantai Pagatan

Tamasya ke Pantai Pagatan adalah hal yang perlu diketahui. Rute menuju tempat wisata ini bisa Anda mulai di kawasan Tanah Bumbu yang membutuhkan jarak 19 km. Jika dari poros Trans-Kalimantan Selatan, lokasinya bisa dibilang tidak jauh.

Datang dari kota Tanah Bumbu, Anda perlu berkendara menuju Banjarbaru. Setelah itu, menuju kawasan Plaihari dan langsung berkendara menuju desa Pagatan. Begitu masuk ke kawasan ini, nantinya Anda akan menemukan pertigaan.

Dari pertigaan tersebut silahkan ambil arah kanan untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Pagatan. Sekarang! Jika Anda sampai di pertigaan lebih awal, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Banyak sekali rambu-rambu lalu lintas yang bisa dijadikan petunjuk arah.

Biaya masuk ke Pantai Pagatan

  1. Biaya masuk untuk anak-anak: 0 IDR (gratis)
  2. Biaya masuk untuk dewasa: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui April 2023)

Jam buka dan fasilitas di Pantai Pagatan

Anda bisa datang ke Pantai Pagatan kapan saja karena tidak ada batasan waktu buka (24 jam). Fasilitasnya sendiri sangat beragam. Pantai Pagatan memiliki tempat perkemahan, tempat makan, tempat parkir, serta paviliun atau gubuk sederhana untuk beristirahat di siang hari.

Peta lokasi Pantai Pagatan

Gambar dan Foto Pantai Pagatan

Foto Tempat Wisata Pantai PagatanSumber Pantai Pagatan : instagram.com/ariessetiawan724Dermaga di Pantai PagatanTaman bermain di Pantai PagatanPesona Pantai PagatanPantai Pagatan di sore hariPantai Pagatan pada malam hariNaik ATV di pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button