Tempat Wisata

Embung Krapyak menjadi saksi keindahan danau yang indah di Kulon Progo

harga tiket: 10.000 Rp Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Pantok Wetan, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Taksi Kulon Progo, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Tahukah Anda bahwa Kulon Progo termasuk salah satu daerah dengan destinasi wisata alam yang menawan? Salah satu wisata yang sedang trending saat ini adalah area persawahan yang luas bernama Pronosutan View. Namun, ada destinasi lain yang agak tersembunyi namun memiliki keindahan yang luar biasa.

Kawasan wisata tersebut bernama Embung Krapyak. Menurut masyarakat setempat, Embung dapat diartikan sebagai danau. Terletak di Kapanewon Kalibawang, destinasi ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Banyak pengunjung datang ke danau ini untuk menghabiskan sepanjang hari berlibur.

Cek hotel murah di Kulon Progo

Daya tarik Waduk Krapyak

Atraksi Waduk KrapyakFoto oleh Zulistya Adi di Google Maps

✦ Keindahan danau yang indah

Sebelum membicarakan daya tarik kawasan wisata ini, Anda perlu mengetahui latar belakang namanya. Telaga atau embung ini dinamakan Krapyak karena masih berdekatan dengan kawasan wisata religi Kyai Krapyak di Banjaroya. Tentunya salah satu hal yang bisa ditemukan di kawasan wisata ini adalah keindahan danau yang masih asri.

Seluas 12 hektar, danau ini menawarkan suasana dan pemandangan yang unik dan menenangkan. Padahal, telaga ini bukanlah telaga alami yang dibuat oleh perusahaan milik Desa Banjaroyo. Organisasi yang mengelola danau ini bernama Binangun Mitra Menoreh.

Sebagai anggota organisasi ini, sebenarnya masyarakat setempatlah yang ingin berkontribusi dalam pemeliharaan dan pelestarian kawasan danau yang telah tercipta. Terakhir, untuk menambah keunikannya, kawasan ini dibuka sebagai kawasan wisata yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini adalah sore atau dini hari.

✦ Tur Taman Bunga

Di sini Anda tidak hanya akan menemukan danau, tetapi juga taman yang penuh dengan bunga berwarna-warni. Tentunya kawasan Embung Krapyak ini sangat cocok bagi para pecinta tanaman dan mereka yang mencari kesegaran.

Lokasi taman bunga ini berada di sisi timur danau. Anda bisa berkeliling danau untuk menemukan lokasi taman bunga yang sangat indah ini.

Wisata Jogja 1 Hari : Candi Borobudur, Svargabhumi, Sungai Mudal dan Pule Payung

✦ Wisata Kebun

Jika ingin mencari buah segar yang bisa dipetik langsung dari pohonnya, Anda bisa mengunjungi wisata kebun buah. Perkebunan ini memiliki luas sekitar 3,7 hektar, sehingga Anda dapat ikut memanen dan merasakan kesegaran buah yang ditanam dengan cara alami ini. Pastikan Anda menikmati keseruan memetik buah di kawasan wisata kebun ini.

Tentunya tidak hanya satu jenis buah yang ada di kebun ini. Ada berbagai jenis buah seperti mangga, pepaya, jambu biji, belimbing bahkan durian. Selain buah, sebenarnya masih ada sayuran segar seperti bayam, cabai rawit dan masih banyak lagi lainnya.

Perlu diketahui bahwa taman-taman di kawasan wisata laut mengadopsi skema tumpang sari. Skema ini dapat diartikan sebagai tahapan penanaman dua atau lebih tanaman yang berbeda jenis, yang dilakukan dalam satu periode yang sama. Cara ini memerlukan perawatan khusus, sehingga pengelola selalu memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam (Gua Pindul, Pemandangan Langit Heha dan Tempat Lainnya)

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat waduk KrapyakFoto oleh Zulistya Adi di Google Maps

Tentu saja, ketika Anda melihat atraksi di atas, banyak keseruan yang diharapkan. Untuk menikmatinya Anda hanya perlu datang ke Desa Pantog Wetan, Banjaroya, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota berjarak kurang lebih 20 km dengan menuju ke arah Jalan Mataram setelah bundaran.

Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga menemukan Jalan Abu Bakar Ali dan Jalan Ps Kembang. Anda bisa terus mengikuti rambu hingga menemukan jalan Nanggulan Mendut, lalu belok kiri hingga menemukan kawasan danau yang luas. Jika Anda tidak yakin dengan rambu yang dipasang, Anda dapat menggunakan Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Karena kawasan wisata laut ini dikelola oleh pemerintah kota, maka Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per pengunjung.

Lalu, jika ingin masuk ke taman bunga atau kebun buah perlu menambah biaya masuk masing-masing sebesar Rp 10.000. Biaya tak terduga lainnya adalah parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Krapyak EmbungFoto oleh Yudha F di Google Maps

1. Amati pemandangan danau

Kegiatan pertama yang dilakukan saat tiba di kawasan Krapyak Embung adalah menikmati pemandangan dan keindahannya. Anda bisa duduk dan bersantai di tepi danau atau berjalan-jalan untuk mengagumi keindahan panorama sekitarnya. Kegiatan ini secara tidak langsung mampu menenangkan pikiran sehingga mengurangi stres.

2. Bersepeda di kawasan waduk Krapyak

Jika tidak ingin jalan kaki, Anda bisa menyewa sepeda dari pengelola. Untuk menggunakannya, Anda perlu membayar biaya sewa sebesar Rp 10.000/jam. Saat disewa, Anda berkesempatan untuk menggunakannya di mana saja, termasuk menjelajahi seluruh kawasan wisata Embung Krapyak di Kulon Progo.

Dengan durasi 1 jam sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mengelilingi danau. Cobalah aktivitas ini untuk membuat traveling semakin seru dan menciptakan nuansa liburan yang berbeda. Tentu saja keseruan ini tidak anda rasakan saat berkunjung atau berada di tempat wisata lain di Kulon Progo.

3. Memancing

Aktivitas yang didambakan oleh sebagian pengunjung sebenarnya adalah memancing. Tentunya saat melihat luasnya danau tersebut, Anda langsung berpikir untuk memancing di tepi danau.

Kegiatan ini dimungkinkan karena danau dipenuhi dengan banyak spesies ikan. Jika Anda tidak membawa alat tangkap, Anda bisa menyewanya dari pengelola.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

fasilitas waduk KrapyakFoto oleh Zulistya Adi di Google Maps

Meski dikelola oleh penduduk setempat, fasilitas di kawasan wisata Embung Krapyak cukup luas. Berbagai aktivitas yang ingin dilakukan pengunjung dapat dengan mudah dipenuhi. Dengan demikian, bisa dikatakan fasilitas yang ditawarkan tidak kalah menarik dengan destinasi wisata modern lainnya.

Fasilitas pertama yang tidak bisa dilewatkan adalah tempat parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung. Fasilitas ini akan berdampak besar pada jumlah kunjungan. Selain itu, ada juga mushola yang bisa digunakan untuk beribadah dengan khusyuk. Toilet bersih dan paviliun untuk duduk santai juga mudah ditemukan.

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir lagi saat mengunjungi Embung Krapyak. Meski tidak direncanakan, seperti yang sudah disebutkan, Anda bisa melakukan aktivitas menarik, karena peralatan memancing atau sepeda juga bisa disewa secara spontan di kawasan wisata ini, sehingga liburan Anda akan lebih menarik dan berwarna.

Melihat keindahan pemandangan alam yang sangat indah bisa menjadi salah satu pemicu gangguan mental seseorang. Jika Anda datang ke danau ini dalam suasana hati yang buruk, hal itu dapat segera terobati setelah melihat keindahan dan kehijauan di sekitarnya. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button