Tempat Wisata

Telaga Pengilon – Harga Tiket, Lokasi Rute dan Spot Terbaru 2023

Wisata Danau Pengilon – Bukit Dieng atau kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi di Jawa Tengah dan terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Karena selain lokasinya yang sejuk, misalnya di atas Bogor atau daerah perbukitan lainnya. Dataran Tinggi Dieng juga menawarkan beragam destinasi wisata dengan beragam fasilitas yang terjangkau.

Selain wisata gunung, di kawasan ini juga banyak terdapat wisata air, contohnya danau. Danau yang populer antara lain Wisata Telaga Menjer, Wisata Telaga Warna, Telaga Pengilon dan masih banyak lainnya.

Setiap danau memiliki pesona tersendiri. Misalnya, jika Telaga Menjer terkenal dengan airnya yang berwarna hijau, Telaga Pengilon terkenal dengan airnya yang sangat jernih dikelilingi perbukitan.

Dibandingkan dengan Danau Varna yang banyak mengandung belerang, air di Danau Pengilon sangat jernih sehingga memungkinkan tumbuhnya berbagai jenis ikan dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat mencari ikan dan sumber pertanian.

Baca Juga >> 13 Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng

Asal Usul Nama Telaga Pengilon

asal usul nama Telaga PengilonFoto:

Setiap tempat yang dinamai pasti memiliki asal usul sejarah dan bagaimana awalnya, termasuk Danau Pengilon Dieng, yang berasal dari kata “danau” yang berarti “danau” sedangkan kata “pengilon” berasal dari bahasa Jawa, yang berarti sebagai kata benda “Cermin” atau “kaca”. ” dan sebagai kata benda “nigilo” atau “cermin” berarti kata kerja. .

Pasalnya, Danau Pengilon memiliki air yang sangat jernih dan tidak mengandung berbagai zat kimia seperti belerang. Oleh karena itu kemudian dinamakan Telaga Pengilon yang berarti Telaga Cermin.

Sejarah Telaga Pengilon

Sejarah Telaga PengilonFoto:

Dan seperti tempat wisata lainnya, wisata Telaga Pengilon ini memiliki sejarahnya sendiri, atau tepatnya mitos yang muncul dan diterima sebagai kebenaran di masyarakat.

Konon pada zaman dahulu ada seorang ratu penguasa lautan yang memiliki seorang putri cantik. Tapi suatu hari dua ksatria bertengkar tentang itu. Kemudian sang ratu menetapkan syarat berupa sayembara dimana siapa yang dapat membangun danau yang indah berhak untuk menikahi sang putri.

Dalam kompetisi ini, kedua ksatria tersebut berhasil membangun sebuah danau. Ada yang membentuk danau dengan cepat, ada yang lambat, tapi hasilnya bagus dan airnya sangat jernih.

Pertama, sang ratu memilih ksatria pertama, namun karena sang putri terpesona oleh keindahan danau yang dibuat oleh ksatria kedua, keputusan ratu dibatalkan.

Telaga yang mampu menyihir sang putri itu kini dikenal dengan Telaga Pengilon.

Kemudian mereka berdua mandi di sana, dan semua pakaian mereka tertinggal di dahan pohon dan tertiup angin. Semua pakaian itu melayang hingga membentuk warna hijau.

Danau hijau itu kemudian disebut Danau Warna. Namun tentunya cerita di sini hanyalah sebuah legenda, yang ada di masyarakat dan tidak terbukti keasliannya.

Lokasi Danau Pengilon

Lokasi Danau PengilonFoto:

Juga dikenal sebagai danau kembar, kedua danau ini sangat dekat satu sama lain. Wisata Telaga Pengilon sendiri berada di selatan Telaga Warna dan juga berbatasan dengan situs Gia Dieng.

Baca Juga >> Oleh-oleh Khas Wonosobo dan Dieng

Dari pintu masuk ke Telaga Pengilon hanya berjarak sekitar 300 meter jalan kaki menyusuri jalan setapak. Lebih tepatnya teaga ini terletak di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah dan hanya berjarak sekitar 1 km dari kawasan wisata Candi Dieng.



Biaya masuk ke Telaga Pengilon

Biaya masuk ke Telaga PengilonFoto:

Jika Anda berada di Dataran Tinggi Dieng, Anda tidak boleh melewatkan wisata danau yang indah ini. Dengan segudang pesona alam yang bisa Anda nikmati tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Saat artikel ini dimuat, harga tiket masuk Telaga Pengilon adalah Rp 22.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk Telaga Varna karena kedua destinasi tersebut berada di area yang sama.

Dengan biaya ini, Anda dapat yakin bahwa setiap pengunjung dapat berjalan-jalan dan mengagumi pemandangan yang menakjubkan hingga puas. Anda bisa membawa uang lebih banyak, karena beberapa fasilitas menarik tersedia di sini.

Seperti berfoto dengan latar belakang danau yang harganya mulai dari Rp 5.000 sudah termasuk print. Anda juga bisa menikmati makanan ringan di sini, seperti makan kentang rebus/gorengan untuk menghangatkan suasana di dinginnya Dieng.

Aturan tiket tempat wisata khususnya Telaga Pengilon dapat berubah sewaktu-waktu.

jam buka

Jam buka Telaga PengilonFoto:

Anda dapat menjelajahi jalan alam ini kapan saja karena terbuka untuk umum setiap hari. Jam operasional di Telaga Pengilon mulai dari pukul 07.00 hingga 16.00.

Peraturan jam operasional wisata sama dengan Telaga Warna Dieng. Jadi Anda bisa datang di pagi hari untuk merasakan alam yang sebenarnya.

Alternatif lain, Anda bisa mampir di sore hari untuk melihat kabut yang menutupi area danau. Mengunjungi destinasi ini harus pada hari yang cerah, cuaca mendukung dan tidak hujan.

Perabot

Fasilitas di Telaga PengilonFoto:

Naik jalur wisata Dieng yang populer. Telaga Pengilon tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Daya tarik khusus bagi pengunjung adalah pemeliharaan fasilitas yang memadai.

Fasilitas di Telaga Pengilon antara lain:

  • Parkir untuk kendaraan
  • Pusat Informasi
  • jasa pemandu wisata
  • trotoar
  • tempat peristirahatan umum
  • Sarana air bersih
  • ruang sholat
  • warung wisata
  • Aula/ruang rapat
  • taman
  • Spot foto kekinian
  • jasa foto
  • Dan masih banyak lagi

Nikmati beragam pengalaman yang ditawarkan wisata alam di Telaga Pengilon dan pastikan pengalaman berlibur tak terlupakan. Jalan-jalan yang menelusuri setiap sudut indahnya akan memanjakan banyak pasang mata karena panoramanya yang istimewa.

Tempat terbaik di Danau Pengilon

tempat terbaik di danau pengilonFoto:

Selama liburan Anda di sini, jangan lewatkan untuk mengambil foto-foto seru. Tentunya kegiatan selfie adalah tentang mengabadikan dan mengabadikan semua momen agar tetap tak terlupakan.

Buat tampilan menakjubkan yang berbeda sebagai latar belakang foto dan video saat bepergian. Ketika kita berbicara tentang tempat terbaik di Danau Pengilon, itu pasti danau itu sendiri.

Dengan luas 39,6 hektar yang dikelilingi perbukitan dan pohon akasia endemik, danau ini terlihat luar biasa. Abadikan momen sebanyak mungkin agar liburan bersama orang tersayang ini terasa lebih berwarna.

Tips berkunjung

Tips mengunjungi Telaga PengilonFoto:

  • Perkirakan waktu kunjungan Anda ke sini dengan sebaik mungkin, agar semuanya bisa dimanfaatkan secara optimal.
  • Sebaiknya jangan berlibur ke sini jika cuaca tidak mendukung karena danau ini berada di luar ruangan.
  • Ikut serta menjaga kebersihan di kawasan wisata dengan selalu membuang sampah pada kawasan yang telah ditentukan.
  • Hati-hati dan selalu waspada agar liburan kali ini berjalan sebagaimana mestinya dan berjalan dengan baik.

Demikianlah rekap singkat salah satu wisata di Dieng untuk dijelajahi selama akhir pekan. Danau Pengilon Dieng dengan berbagai objek wisatanya yang mempesona wajib masuk dalam daftar destinasi liburan Anda selanjutnya.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button