Tempat Wisata

Bukit Borobudur Dagi, tempat perkemahan populer dan fasilitas pendidikan di Magelang

harga tiket: 25.000 Rp Jam operasional: 04.00-20.00 WIB, Alamat: Borobudur, Kec. Borobudur, Cab.Magelang, Jawa Tengah; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Kebanyakan orang biasanya akan mampir ke Candi Borobudur saat liburan di Jogja. Karena meskipun secara administratif termasuk wilayah Magelang, namun letak candi ini tidak jauh dari kota Jogja sehingga mudah dijangkau. Namun jika bosan dengan Borobudur, Anda bisa mencoba menikmati keindahan candi dari sudut lain yaitu melalui Bukit Dagi.

Bukit Dagi atau sering disebut Bukit Dagi Borobudur merupakan salah satu dari tiga bukit yang ada di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Dari atas bukit ini Anda bisa mengagumi keindahan Candi Borobudur dengan cara yang berbeda. Apa lagi yang menarik dari kawasan perbukitan ini? mari kita cari tahu

Cek Tiket Masuk Candi Borobudur

Daya Tarik Bukit Dagi Borobudur

Daya Tarik Bukit Dagi BorobudurFoto oleh Heru Pratama di Google Maps

✦ Tempat matahari terbit terbaik

Bukit Dagi di Taman Wisata Candi Borobudur merupakan salah satu spot sunrise terbaik di Magelang. Dari ketinggian sekitar 275 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit yang semakin eksotis dengan pemandangan pura.

Selain itu, tidak hanya Candi Borobudur yang bisa dilihat dari atas bukit, tetapi juga Candi Mendut dan Candi Selogriyo yang tak kalah indah dipandang dari jauh. Untuk menikmati semua keindahan ini Anda harus menaiki hingga 200 anak tangga. Tidak kuat untuk mendaki? Jangan khawatir, Anda bisa mengendarai sepeda motor sampai ke puncak agar lebih praktis dan tidak melelahkan.

✦ Bukit Jaten dan Bukit Borobudur

Selain Bukit Dagi Borobudur di sebelah barat candi, ada dua bukit lain di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Dua bukit yang tak kalah indahnya adalah Bukit Jaten dan Bukit Borobudur. Di sini kamu bisa melihat keindahan dua bukit tersebut dari atas bukit.

Karena Bukit Dagi merupakan bukit tertinggi di Taman Wisata Candi Borobudur, tak heran pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar lebih jelas dari atas. Bukit Jaten sendiri digunakan manajemen sebagai sarana meditasi umat Buddha.

Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam (Candi Borobudur, Pemandangan Laut HeHa, Parangtritis dan Lainnya)

✦ Wisata edukasi

Bukit Borobudur Dagi menawarkan tidak hanya wisata alam yang enak dipandang mata tetapi juga paket wisata edukasi bagi pengunjung. Misalnya, Anda akan belajar bermain gamelan, membuat kerajinan dari janur dan belajar tentang sejarah Candi Borobudur.

Namun juga tokoh-tokoh besar sering menggunakan tempat ini sebagai tempat inspirasi dan diskusi untuk menghasilkan berbagai ide kreatif. Tak heran jika nama lengkapnya adalah Dagi Abhinaya. Yang berarti inspirasi dan kreativitas dalam bahasa Sansekerta.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit Dagi BorobudurFoto oleh Awan Setiawan di Google Maps

Bukit Dagi berada di ketinggian 275 meter, sekitar 800 meter dari Candi Borobudur dan tidak jauh dari Taman Lumbini. Lebih tepatnya kawasan perbukitan tersebut berada di Jalan Badrawati, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah

Bukit ini masih berada di dalam kompleks candi Borobudur yang berjarak sekitar 17 kilometer atau 30 menit berkendara dari kota Magelang. Sedangkan perjalanan dari Kota Jogja memakan waktu sekitar 60 menit. Anda bisa berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta untuk mencapai lokasi. Akses jalannya mulus dan beraspal, sehingga memudahkan navigasi.

Sesampainya di kompleks candi Borobudur, Anda bisa menuju ke barat candi menuju bukit Dagi. Dan untuk mencapai puncak Anda perlu menaiki sekitar 200 anak tangga. Ada juga warga lokal yang dengan senang hati mengantarkan dengan sepeda motor jika bersedia membayar lebih.

Lihat penawaran hotel di Magelang

Biaya masuk dan jam buka

Jika Anda berada di Taman Wisata Candi Borobudur, Anda bisa menjelajahi keindahan Bukit Dagi dengan membayar Rp. 25.000Rp. 50.000 per orang. Rp 25.000 untuk anak usia 3 sampai 10 tahun, dan diatas 10 tahun membayar tiket full Rp 50.000. Tiket ini sudah bisa digunakan untuk kunjungan ke Taman Wisata Candi Borobudur dan Courtyard atau Pelataran Candi.

Namun khusus pada hari Senin, kunjungan hanya diperbolehkan di kawasan taman wisata. Karena Dagi Abhinaya juga menawarkan paket wisata sarapan piknik, ada biaya tambahan saat memilih paket ini. Sama dengan paket wisata lain yang ditawarkan di Taman Wisata Candi Borobudur.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Seru Bukit Dagi BorobudurFoto oleh Arief Sam di Google Maps

1. Nikmati paket sarapan piknik

Ingin merasakan sarapan ala Sultan di Bukit Dagi Borobudur? Maka Anda harus memilih paket sarapan piknik yang disediakan. Mulai dari Rp 300 sudah disediakan meja sarapan dengan pemandangan langsung Candi Borobudur yang melegenda.

Pemandangan pagi dari atas bukit akan menjadi luar biasa karena matahari baru saja terbit dan puncak stupa candi dapat dilihat dari kejauhan. Selain itu, menu sarapannya sangat lezat dan disajikan dengan kearifan lokal. Misalnya sop ikan mekuah, wedang pedas, serabi bocor dan masih banyak lagi. Ayo cicipi!

2. Pelajari sejarah Candi Borobudur di Bukit Dagi

Yang istimewa dari Paket Sarapan Piknik di Bukit Dagi ini adalah ada pendongeng yang bercerita tentang Candi Borobudur. Nah, setelah makan kenyang dan menikmati sunrise, Anda masih bisa duduk santai mendengarkan pendongeng “Bercerita” tentang Candi Borobudur.

Tak hanya sejarah, Anda juga akan diajak berdiskusi tentang filosofi dan keunikan candi. Jangan ragu untuk bertanya jika ingin mengetahui sesuatu tentang Candi Borobudur. Pulang dari sini pasti akan memperluas wawasan Anda.

3. Kagumi matahari terbit dan lanskap sekitarnya

Bukit Borobudur Dagi merupakan salah satu spot sunrise terbaik di Taman Wisata Candi Borobudur bahkan di Magelang. Bahkan jika Anda datang antara bulan Juli hingga September, dengan sedikit keberuntungan Anda bisa melihat fenomena matahari terbit yang terbelah di tengah Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Tentu pemandangan eksotis ini akan membuat suasana semakin romantis dan sangat cocok untuk dikagumi bersama orang tersayang. Belum lagi keindahan pedesaan sekitar dengan panorama alamnya yang hijau akan sangat menyegarkan mata.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tanaman Bukit Borobudur DagiFoto Den Yimtae di Google Maps

Dagi Abhinaya memiliki banyak fasilitas untuk ditawarkan kepada para pengunjungnya. Anda dapat memilih dari Paket Sarapan Piknik, Paket Makan Siang Eksklusif, Paket Sunset Eksklusif, Paket Yoga, Paket Foto Pre-Wedding, Paket Wedding, dll. Anda dapat memesan ini terlebih dahulu sehingga Anda dapat menikmati fasilitas tanpa hambatan.

Paket tersebut hadir dalam pilihan menu makanan dan minuman yang lezat untuk memanjakan lidah dan perut Anda. Selain itu, terdapat gazebo di Bukit Dagi dimana pengunjung dapat bersantai dan menikmati pemandangan.

Jika belum puas menikmati semua panorama alam, Anda bisa bermalam di Dagi Abhinaya Cottage yang mengadopsi konsep bangunan kayu yang mewah. Jadi, jika Anda membuka mata keesokan paginya, Anda bisa melihat matahari terbit yang eksotis di Candi Borobudur.

Bukit Borobudur Dagi merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Taman Wisata Candi Borobudur. Anda juga bisa datang ke puncak bukit untuk menikmati keindahan candi dengan cara yang berbeda. Apakah Anda pernah ke Borobudur untuk piknik? Jadi, ayo coba paket sarapan piknik di Bukit Dagi!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button