Tempat Wisata

Danau Ranu Kumbolo: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Artikel tersebut meliputi lokasi, harga tiket, jam operasional, fasilitas, spot foto menarik, hotel/penginapan terdekat dan itinerary ke tempat wisata Ranu Kumbolo.

Pendaki yang pernah sampai di puncak Gunung Semeru mungkin sudah tidak asing lagi dengan danau ini. Ranu Kumbolo atau Danau Ranu Kumbolo merupakan salah satu keindahan alam di Jawa Timur. Sebelum mencapai puncak Gunung Semeru, Anda wajib mengunjungi danau eksotis ini.

Bahkan, telaga ini sering dijadikan tempat mendirikan tenda untuk beristirahat saat melakukan pendakian. Banyak yang bermalam di tempat ini dan menikmati suasana alam yang menenangkan. Pengunjung bisa menjelajahi keindahan alam sekitar sambil mengumpulkan energi.

Lokasi Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu KumboloDanau Ranu Kumbolo Sumber: instagram.com/azkafauziya

Danau cantik ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tepatnya di desa Mulyosari, Pagerwojo, Cab Tulungagung, Jawa Timur.

Situs ini berada sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut dan suhunya ideal untuk relaksasi. Tak heran jika danau ini cukup ramai saat musim liburan untuk melepas penat.

Biaya masuk ke Danau Ranu Kumbolo

  1. Biaya masuk pada hari kerja: Rp 19.000
  2. Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 24.000
  3. Biaya masuk pada hari kerja (WNA): Rp 210.000
  4. Tiket masuk akhir pekan (WNA): Rp 310.000
  5. Biaya parkir motor: Rp 5.000
  6. Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui April 2023)

Jam operasional Danau Ranu Kumbolo

Seperti kebanyakan danau alam lainnya, danau ini tidak memiliki aturan pembukaan atau penutupan. Jadi pengunjung bisa datang kapan saja karena tempat ini buka 24 jam. Namun, setiap pengunjung tentunya harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola. Jika ingin datang ke danau ini, Anda harus terdaftar sebagai pendaki gunung.

Itu berarti Anda perlu melakukan beberapa tes kesehatan fisik sebelum Anda pergi. Jika Anda sudah memiliki izin pengelola, Anda bisa mulai mendaki. Pendakian bisa dimulai dari titik awal pos Ranu Pani antara pukul 08.00 hingga 18.00.

Peta Danau Ranu Kumbolo

Fasilitas di Danau Ranu Kumbolo

Fasilitas di Danau Ranu KumboloDanau Ranu Kumbolo Sumber: instagram.com/ekokoerniawan

Sebagai salah satu objek wisata yang paling menarik di dekat pendakian, peralatan telaga ini cukup bagus.

Terdapat tempat parkir kendaraan roda dua dan empat tidak jauh dari pos jaga Gunung Semeru.

Sebuah rest area telah disiapkan di sekitar danau ini untuk pengunjung yang ingin bersantai. Apalagi setelah menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke destinasi wisata ini.

Tak perlu khawatir, di sini juga terdapat tempat ibadah bagi pengunjung yang ingin menjalankan tugasnya.

Pengunjung tidak terganggu saat ingin buang air besar atau buang air kecil. Terdapat toilet umum di sekitar danau ini yang cukup bersih dan nyaman.

Spot foto menarik di Danau Ranu Kumbolo

Spot foto menarik di Danau Ranu KumboloDanau Ranu Kumbolo Sumber: instagram.com/duta_8

Sebagai salah satu spot favorit di sekitar area pendakian, danau ini memiliki banyak spot foto yang menarik. Pengunjung bisa membawa kamera ke sini untuk mengambil foto pemandangan alam yang menakjubkan.

Di jalur pendakian dekat danau terdapat hutan pinus kering yang cocok dijadikan latar foto. Tampilan hutannya yang estetis membuat banyak pengunjung mengabadikannya.

Aktivitas menarik di Danau Ranu Kumbolo

Aktivitas menarik di Danau Ranu KumboloDanau Ranu Kumbolo Sumber : instagram.com/ardhy_mahlayabil_

Pada prinsipnya, pengelola danau tidak menawarkan perjalanan wisata resmi. Namun, sesampainya di danau ini, Anda bisa melakukan berbagai jenis aktivitas. Pengunjung dapat melakukan hal tersebut sesuai dengan hobinya yaitu sebagai berikut.

1. Berkemah

Berkemah adalah salah satu kegiatan utama yang banyak dipilih pengunjung. Baik mereka yang merupakan pendaki maupun wisatawan yang sengaja mengunjungi danau ini. Cukup banyak yang mendirikan tenda pengaman di pinggir danau ini. Namun, pasti ada aturan jarak minimum yang harus diperhatikan. Pasang tenda setidaknya 15 meter dari tepi danau.

Hal ini dilakukan agar kebersihan danau eksotis ini tetap terjaga. Selain itu, pengunjung juga dilarang mandi langsung di telaga ini. Saat malam tiba, menyalakan api unggun tidak boleh dilakukan sendiri. Manajer resmi menyiapkan tempat khusus untuk api unggun. Sehingga wisatawan menjadi lebih hangat setelah malam yang dingin.

2. Bersantai di sekitar danau

Kegiatan sederhana ini memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan danau. Panorama alam di sekitarnya mampu memanjakan mata yang melihatnya. Anda bisa menikmati momen tersebut dengan menggelar hammock atau sekedar duduk-duduk di tepi danau. Biar makin berkesan, jangan lupa siapkan cemilan.

3. Perburuan foto yang menarik

Pada dasarnya spot foto di danau ini cukup banyak. Jadi sayang sekali jika tidak terekam kamera. Ada banyak spot foto menarik yang sayang jika tidak dikunjungi. Salah satu spot foto yang paling populer adalah menggunakan danau ini sebagai latar belakang. Selain itu, matahari terbit dan terbenam bisa menjadi momen yang tak terlupakan.

Itinerary ke Danau Ranu Kumbolo

Pada dasarnya objek wisata ini dapat diakses melalui jalan yang relatif mudah. Jika titik awal di kota Lumajang, ambil Jl. Raya Nasional III, jalur tercepat yang harus ditempuh. Nanti Anda akan sampai di tempat wisata Ranu Pane dengan segala keindahan alamnya.

Berwisata di Danau Ranu Kumbolo sebenarnya bisa menjadi pilihan yang tepat saat berkunjung ke Jawa Timur. Anda bisa datang sebagai pendaki atau khusus untuk danau ini.

Sekilas dan foto Danau Ranu Kumbolo di Jawa Timur

Danau Ranu Kumbolo kecil tapi indahDanau Ranu Kumbolo diselimuti embunDanau Ranu Kumbolo di pagi hariKeindahan Danau Ranu KumboloPerkemahan di pinggir Danau Ranu KumboloPemandangan indah Danau Ranu Kumbolo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button