Tempat Wisata

Pulau Kangean Madura: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Madura memiliki beragam tempat wisata. Jika Anda berada di kawasan ini, jangan lewatkan kunjungan ke Pulau Kangean. Pasalnya, pulau yang berada di kawasan yang sama dengan Madura ini memang indah. Dahulu penduduk pulau ini merupakan campuran antara Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sekilas tentang destinasi wisata di Pulau Kangean

Pulau KanganPulau Kangean Sumber: instagram.com/tempebaceem

Pulau ini merupakan kepulauan dengan sedikitnya 60 pulau kecil. Kangean merupakan salah satu pulau terbesar bersama dengan Pulau Sepanjang dan Pulau Paliat. Memiliki luas hampir 500 km dan memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik.

Mulai dari Pemandian Celgung, Jembatan Ajaib, Pemandian Oblek, Gua Kuning hingga Pulau Mamburit yang keren sebagai tempat menyelam. Ada juga beberapa makanan khas di daerah ini. Seperti Kue Lanon, Gurubik, Kamboya, Pasta, Keripik Tekai dan masih banyak lagi lainnya.

Itinerary dan Akses ke Pulau Kangean

Pulau Kangean Sumber: instagram.com/anissadianw

Pulau Kangean berjarak sekitar 100 km dari Kabupaten Sumenep. Moda transportasi yang ada saat ini adalah kapal laut yang salah satunya dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep dan PT Dharma Lautan Indonesia. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa mencapai pulau ini dalam waktu sekitar 9 hingga 10 jam dari pelabuhan Kalianget.

Selain menggunakan kapal, pengunjung juga bisa menyewa kapal ekspres dari beberapa perusahaan swasta yang hanya memakan waktu sekitar 3-4 jam. Adanya sarana transportasi ini memungkinkan masyarakat desa melakukan berbagai jenis kegiatan, baik swasta maupun komersial.

Harga tiket kapal ke Pulau Kangean

Pulau berjuluk “Pulau Ayam Cukir” ini memang patut dikunjungi. Keindahan alam bawah laut yang menakjubkan masih menjadi daya tarik wisata ini. Gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya juga menambah eksotisme.

Tiket kapal ke pulau ini bervariasi menurut kelasnya. Untuk kelas VIP harganya sekitar Rp 200.000. Sekarang sekitar Rp 180.000 untuk eksekutif. Namun, jika berniat menggunakan kelas reguler, harganya cukup terjangkau yakni sekitar Rp 85.000.

Biaya masuk ke Pulau Kangean

Secara umum, harga tiket setiap tour pada hari kerja dan hari libur berbeda. Harga tiket masuk pulau ini sekitar Rp 30.000. Harga ini dapat berubah tergantung pada kebijakan pemandu.

Jam operasional di Pulau Kangean

Setiap tempat wisata memiliki waktu buka dan tutupnya masing-masing. Begitu juga dengan Pulau Kangean. Destinasi ini buka 24 jam. Jadi kapan pun Anda ingin berlibur, pulau di Madura ini siap menemani Anda.

Peta lokasi Pulau Kangean

Akomodasi untuk wisatawan di Pulau Kangean

Meski terdapat wisata yang menakjubkan di sini, namun sektor pariwisata di pulau ini belum terlalu berkembang. Oleh karena itu, cukup sulit mencari penginapan di tempat ini. Pilihan akomodasi juga sangat terbatas. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa perlengkapan camping sendiri dari rumah jika ingin menginap disini.

Nuansa keindahan Pulau Kangean

Nuansa keindahan Pulau KangeanSumber Pulau Kangean: instagram.com/visiteastjava

Pulau Kangean memiliki banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi. Nuansa alam yang masih asri dan lingkungan yang sangat bersih sangat cocok untuk melepas penat di tengah kesibukan sehari-hari. apa pun? Berikut ini lebih lanjut:

1. Pantai Batu Gulok

Pantai Batu Gulok adalah sebuah pantai di desa Bilis-bilis, Arjasa. Pantai ini juga tidak jauh dari kawasan pelabuhan Batu Gulok. Yakni pelabuhan utama Madura. Pasir putih dan keberadaan perbukitan menambah keindahan pantai ini. Apalagi air lautnya terlihat jernih.

2. Gua Kuning

Tempat menarik lainnya di Pulau Kangean adalah Goa Kuning. Gua ini merupakan gua buatan pada masa penjajahan Belanda. Dulu goa ini konon merupakan tempat persembunyian warga. Di dalam goa banyak terdapat perabot bekas yang terbuat dari batu.

Gua ini terletak di Desa Kalikatak, Dusun Nyamplong Undung, Arjasa. Karena dominasi bebatuan kuning, gua ini dijuluki Gua Kuning. Selama ini disebut Goa Kuning.

3. Pemandian Celgung

Pemandian ini terletak di Desa Pabian. Destinasi yang satu ini dikenal sebagai daya tarik wisata utama masyarakat Kangean. Salah satu yang menarik dari pemandian ini adalah mata air bawah tanah yang masih alami. Uniknya, pengunjung bisa mengamati fenomena tersebut saat air pasang. Mata air dan air laut yang tidak bisa menyatu mirip dengan fenomena di kawasan Timur Tengah.

4. Pulau Saebus

Masih ngomongin destinasi wisata di Pulau Kangean. Kali ini ada sebuah tempat indah bernama Pulau Saebus. Keindahan pulau ini pasti akan memukau semua orang. Ini karena pasirnya yang putih dan airnya yang biru jernih begitu memanjakan mata. Anda juga bisa menyelam untuk mengagumi keindahan alam bawah laut. Selain itu, tersedia beberapa fasilitas penunjang.

Fakta Unik Pulau Ayam

Pulau yang dikenal dengan sebutan Ayam Cukir ini kemungkinan memiliki berbagai fakta menarik. Berikut adalah beberapa fakta unik yang harus Anda ketahui:

1. Perbedaan bahasa dengan tingkat asli Madura

Pada umumnya daerah Madura seperti Pamekasan, Sumenep, Ra’as dan lainnya menggunakan bahasa yang sama. Namun tidak dengan masyarakat Pulau Kangean. Penduduk di sini menggunakan bahasa mereka sendiri, yang sangat berbeda dengan bahasa pulau lain.

2. Perbedaan tradisi

Selain bahasa, orang Kangean juga memiliki tradisi yang sedikit berbeda dengan orang Madura. Tradisi “Kokocoran” terkenal. Tradisi ini merupakan kesenian yang umumnya terjadi pada acara-acara besar seperti Hari Kemerdekaan atau perayaan.

3. Letak wilayah yang hampir berada di Indonesia bagian tengah

Dilaporkan oleh beberapa situs seperti Wikipedia.id. Kangean berjarak 120 km sebelah utara Bali. Sekitar 120 km arah timur Madura. Wilayah administratif daerah ini berada di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Meski lebih dekat dengan wilayah Indonesia Tengah, wilayah ini tetap menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB).

Mengakui keragaman budaya negara sendiri lebih baik daripada mencerminkan keindahan negara tetangga. Memang, keindahan Pulau Kangean menyaingi daerah lain yang terkenal keindahannya. Hanya perlu dukungan dari pemerintah setempat agar pariwisata semakin populer.

Gambar dan foto Pulau Kangean di Madura

Pemandangan Pulau Kangean dari atasPerairan di Pulau KangeanPantai Pulau KangeanSpot foto di pantai Pulau KangeanDermaga di Pulau KangeanSpot foto terbaik di Pulau KangeanAir jernih di Pantai Pulau Kangean

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button