Tempat Wisata

Labuan Mirror Island: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pesona Indonesia tidak ada duanya. Tidak hanya kaya akan adat dan budaya. Namun banyak pulau di Indonesia yang dibanjiri berbagai kawasan wisata. Salah satunya berada di Kalimantan Timur yaitu pulau Labuan Cermin. Kawasan provinsi Kalimantan ini memiliki daya tarik yang luar biasa.

Daerah ini tidak hanya kaya akan pantai, tetapi juga danau dan pegunungan. Selain itu, Kalimantan dikenal dengan kekayaan alamnya. Seperti sumber daya alam seperti gas alam, minyak bumi dan batu bara.

Ikhtisar dari Danau Labuan Cermin

Pulau Cermin LabuanPulau Labuan Cermin Sumber: instagram.com/indonesiajuaratrip

Wisata ini menjadi perbincangan banyak orang akhir-akhir ini. Tak heran jika mengingat keindahan yang ditawarkan tempat wisata yang satu ini. Danau Labuan Cermin terletak di kawasan hutan belantara Kalimantan.

Meski untuk mencapainya membutuhkan sedikit pengorbanan, namun keindahannya akan menghilangkan penat para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal, nama danau ini juga sampai mancanegara.

riwayat nama Danau Labuan Cermin

Nama Labuan Cermin menyisakan pertanyaan. Kenapa disebut Labuan Cermin? Karena desa ini terletak di Desa Labuan Kelambu, banyak orang yang berinisiatif untuk membuatnya terkenal.

Kemudian kata “cermin” sendiri berasal dari air laut yang sangat jernih seperti cermin. Karena kejernihan airnya, Anda bisa melihat hingga ke dasar danau. Apalagi saat matahari sangat terik. Dari atas Anda dapat dengan jelas melihat seluruh danau. Refleksi ini membuat danau berkilau seperti cermin.

Lokasi Danau Indah Labuan Cermin

Lokasi Danau Indah Labuan CerminDanau Labuan Cermin Sumber: instagram.com/will_jonatan

Labuan Cermin merupakan sarana wisata air yang ada di kabupaten Berau, Kalimantan Timur, lebih tepatnya di desa Labuan Kelambu, Biduk. Destinasi wisata ini dikelola langsung oleh pemerintah kota setempat yang telah bekerjasama dengan instansi yang ada di sekitar Labuan Cermin.

Rute dan akses menuju pulau Labuan Cermin

Bagi anda yang ingin berlibur di kawasan ini. Bersabarlah karena itu akan memakan waktu cukup lama. Untuk menuju kawasan wisata ini, terlebih dahulu berkendara menuju Bandara Samarinda dan perjalanan memakan waktu sekitar 6 hingga 8 jam. Tapi setidaknya Anda tidak akan bosan. Karena pemandangan sepanjang jalan akan membuat pandangan menjadi jelas.

Yang paling unik dari perjalanan ini adalah Anda juga akan melewati hutan lindung yaitu Taman Nasional Kutai. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan mobil atau motor menuju ke kecamatan Biduk-Biduk Berau. Perjalanan yang panjang tapi menyenangkan.

Harga tiket Labuan Mirror Lake

Tidak ada alias tiket resmi untuk destinasi ini yang memperbolehkan pengunjung masuk gratis. Yang harus Anda lakukan adalah menyewa perahu dan pemandu untuk mencapai tempat itu. Harga yang ditawarkan untuk sewa perahu berkisar antara 60 hingga 150.000 rupiah.

Dengan budget yang sangat terbatas, Anda masih berkesempatan mengunjungi destinasi terindah di Kalimantan ini. Apalagi jika Anda berlibur ke Danau Labuan Cermin bersama keluarga atau teman lainnya. Maka biaya perjalanan akan lebih rendah karena dibagi.

Jam buka Danau Labuan Cermin

Setiap tujuan memiliki waktu buka sendiri. Seperti pulau Labuan Cermin ini. Jam buka biasanya dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Waktu ini telah disesuaikan dengan zona waktu setempat. Jam operasional ini juga dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan pengelola.

Peta lokasi Danau Labuan Cermin

Fasilitas pulau cermin Labuan

Fasilitas pulau cermin LabuanPulau Labuan Cermin Sumber: instagram.com/zulfamaharani

Cukup lengkap untuk membicarakan fasilitas di sekitar pulau. Anda juga tidak akan kesulitan menemukan akomodasi murah. Bahkan harga yang diiklankan untuk menginap di sini mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per malam. Apalagi jika Anda salah satunya backpacker. Pilihan akomodasi tersedia untuk penduduk dengan harga yang sangat wajar.

Tempat menarik di Danau Labuan Cermin yang eksotis

Tempat menarik di Danau Labuan Cermin yang eksotisDanau Labuan Cermin Sumber: instagram.com/indoinsiders

Mengingat perjalanan panjang ke daerah ini. Apa sebenarnya hal istimewa yang dikunjungi begitu banyak orang? Ternyata banyak hal menarik yang bisa dilakukan dan dinikmati di sini. Bahkan, tempat menarik yang pantas untuk diabadikan dalam sebuah foto tidak akan pernah bisa dilupakan. Berikut beberapa hal menarik di Labuan Cermin:

Memiliki pesona danau dua rasa yang menakjubkan

Salah satu kekhasan tempat ini adalah laut dan air tawarnya. Ya, Labuan Cermin memiliki air yang berasal dari mata air. Air terasa asin di permukaan. Namun anehnya, setelah kedalaman beberapa meter, rasanya berubah menjadi hambar. Perbedaan ini membuat danau ini menjadi lapisan pemisah. Dimana sinar matahari dapat dipantulkan. Itu sebabnya disebut air dua rasa.

Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan sejuk

Suasana tenang terlihat saat menikmati keindahan sekitar danau. Alam yang masih alami dan air danau yang jernih memastikan kedamaian dan ketenangan. Tempat ini juga cocok untuk mereka yang ingin menyegarkan diri atau sekedar mencari ketenangan.

Menyelam dengan ikan kecil

Salah satu aktivitas yang bisa Anda praktikkan di tempat ini adalah menyelam. Anda tidak perlu membawa perlengkapan sendiri karena banyak jasa yang menawarkan aktivitas ini di dermaga. Air yang jernih membuat ikan berenang dengan gembira. Anda bisa lebih dekat lagi dengan menyewa peralatan snorkeling.

Jika ingin aktivitas ringan, Anda bisa menyewa pelampung untuk sekadar bermain air. Bermain dari atas perahu juga tidak kalah seru. Harga sewa perahu kecil sekitar Rp 100.000. Harga ini dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Kita harus bersyukur menjadi warga negara Indonesia. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat menarik tanpa mengeluarkan banyak uang. Keindahan yang ditawarkan terdengar bahkan di luar negeri. Sebuah nama pulau Labuan Cermin yang patut masuk dalam daftar liburan Anda selanjutnya.

Gambar dan foto Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur

Danau Labuan CerminSnorkeling di Danau Labuan CerminJernihnya air Danau Labuan CerminDermaga di Danau Labuan CerminPerahu di Danau Labuan CerminKeindahan Danau Labuan CerminWisata Danau Labuan Cermin

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button