Tempat Wisata

Danau Sipin di Jambi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Danau Sipin merupakan salah satu tempat wisata di kota Jambi. Danau dengan luas sekitar 40 hektar ini memiliki dua mata air. Danau ini terbentuk dari sungai Teluk Kenali dan Batanghari. Mudah dijangkau karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Jambi. Tidak heran tujuan wisata ini semakin dikenal.

Saat berkunjung ke Jambi, singgah di tempat wisata berupa danau bisa menjadi pilihan. Pada dasarnya wisatawan hanya membutuhkan waktu 15 menit berkendara dari Kota Jambi. Menjelang sore, tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan dari daerah sekitar maupun dari luar kota.

Lokasi Danau Sipin

Danau SipinDanau Sipin Sumber: instagram.com/jejel_andika

Danau eksotis ini terletak di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Provinsi Jambi, lebih tepatnya di Jalan Ade Irma Suryani, Telanaipura, Legok.

Biaya masuk ke Danau Sipin

  1. Biaya masuk: Rp 5.000
  2. Biaya sewa perahu: Rp 25.000/30 menit

(Diperbarui April 2023)

Waktu pengoperasian Danau Sipin

Danau Sipin sedikit berbeda dari tujuan danau lainnya dan memiliki waktu operasi yang berbeda. Pengunjung bisa datang kapan saja dan kapan saja. Mengingat objek wisata ini buka 24/7.

Peta Danau Sipin

Fasilitas di Danau Sipin

Sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Jambi, tentu fasilitasnya sudah memadai. Tidak hanya fasilitas standar seperti toilet dan tempat ibadah, tetapi juga berbagai fasilitas lainnya.

Misalnya rumah makan yang mudah ditemukan di sekitar danau. Pengunjung yang ingin mengelilingi danau juga memiliki beberapa pilihan. Misalnya dengan perahu yang bisa disewa untuk beberapa orang.

Titik foto yang menarik di Sipinsee

Titik foto yang menarik di SipinseeSumber Danau Sipin: instagram.com/tia_astu03

Keindahan danau ini memang tak terbantahkan. Danau Sipin memanjakan mata, karena setiap sudutnya memiliki pesona tersendiri. Misalnya, jika ingin ke Danau Sipin melalui Pulau Pandan, pengunjung akan mengalami fenomena yang luar biasa. Di sana Anda bisa melihat pemandangan yang indah dengan latar belakang pusat Kota Jambi dengan segala kondisinya.

Tak hanya lokasinya yang strategis, danau ini juga sering menjadi tempat bersantai. Terutama bagi mereka yang lelah dengan semua pekerjaan kasar di sekitar kota.

Selain pemandangan Kota Jambi, pengunjung juga disuguhi pemandangan sunset. Tak heran jika danau ini membawa kedamaian bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Kegiatan menarik di Sipinsee

Kegiatan menarik di SipinseeSumber Danau Sipin: instagram.com/lakopve

Pengunjung tak hanya bisa menikmati suasana alam, tapi juga melakukan berbagai aktivitas seru. Adalah sebagai berikut.

1. Memancing

Bagi yang hobi memancing, danau ini bisa menjadi tempat yang menarik. Danau ini dikenal menampung banyak spesies ikan air tawar. Terutama dari sungai titik Sungai Putri. Sayangnya, semakin sulit menemukan berbagai jenis ikan air tawar di sini. Misalnya ikan gabus, ringfish, ikan toman dan bauhfish. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya limbah rumah tangga yang mencemari danau.

2. Di sekitar danau

Tidak lengkap rasanya jika ke Danau Sipin tidak mengitarinya. Di tempat ini tersedia perahu yang bisa disewa oleh wisatawan. Dengan melintasi danau ini, pengunjung dapat lebih mudah menikmati pemandangan yang indah. Tak perlu khawatir, harga sewa perahunya murah, hanya Rp5.000 per orang.

Festival ke-3 di danau

Pada waktu-waktu tertentu, pengunjung bisa merasakan berbagai festival seru. Acara festival ini benar-benar membuat masyarakat heboh. Kemeriahan membuat pengunjung tidak bosan. Bahkan, kemacetan lalu lintas terkadang terjadi di beberapa ruas jalan selama festival berlangsung.

Festival yang diadakan di dekat danau meliputi festival layang-layang, pameran bonsai, pertunjukan musik dan seni, kompetisi perahu hias, dan balapan perahu kecil.

Seperti yang sudah disebutkan, tempat wisata ini sebenarnya dekat dengan pusat kota. Tak heran jika Danau Sipin dikenal berada di lokasi yang sangat strategis sehingga memungkinkan siapa saja untuk mengunjunginya. Sehingga pengunjung tidak kesulitan mencari penginapan terdekat. Selain itu, ada juga beberapa taman bermain dimana si kecil bisa bersenang-senang.

Itinerary ke Danau Sipin

Jalan menuju danau relatif mudah. Pengunjung bisa berwisata ke Simpang Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Setelah itu, Anda hanya perlu menempuh jarak 5 kilometer untuk sampai ke danau ini.

Keunikan budaya di Danau Sipin

Keunikan budaya di Danau SipinSumber Danau Sipin: instagram.com/wfdzaa

Pengunjung akan terkagum-kagum dengan keunikan budaya penduduk di sekitar Danau Sipin, diantaranya sebagai berikut.

1. Kegiatan nelayan setempat

Penduduk setempat menangkap ikan dengan keramba jaring apung. Tak heran pengunjung bisa melihat jaring ikan dalam jumlah banyak. 1.200 keramba laut dipasang di danau.

Bagian keramba yang digunakan untuk menangkap ikan disebut tangkul. Alat tersebut terbuat dari bambu yang kemudian disusun membentuk jaring-jaring.

2. Batik Khas Danau Sipin

Saat suami melaut, istri membantu menambah penghasilan dengan membatik. Masyarakat di sekitar danau ini dikenal pandai membuat tie-dye yang estetis. Menariknya, tie-dye ini dibuat tanpa pewarna seperti tie-dye pada umumnya. Tak heran jika ini menjadi ciri khas batik Danau Sipin.

Warna batik itu sendiri berasal dari kulit buah yang diambil sarinya. Oleh karena itu, warna pada kain batik tidak kalah bagusnya dengan jika menggunakan pewarna tekstil.

Berbagai kearifan lokal yang menyelimuti Danau Sipin telah menjadi daya tarik wisata tersendiri. Tak heran jika pemerintah dan warga sekitar bergotong royong mengelola tempat wisata ini.

Deskripsi dan foto Danau Sipin di Jambi

Danau Sipin di pagi hariPerairan Danau SipinDanau Sipin di malam hariWisata ke Danau SipinTaman bermain di Sipinsee

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button