Tempat Wisata

Pulau Peucang di Banten: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Menjadwalkan waktu untuk berlibur bisa menjadi pilihan yang tepat. mengingat pandemi berangsur pulih dan wisatawan dapat melakukan perjalanan jauh. Ada banyak tempat wisata di negara yang patut dikunjungi. Seperti Pulau Peucang di Jawa Barat.

Surga kecil di Ujung Kuon Banten ini memiliki destinasi wisata yang menakjubkan. Pulau ini cukup besar dan menyimpan banyak keindahan. Demikian rangkuman informasi lengkap destinasi wisata Peucang, mulai dari itinerary, jam buka, tiket perjalanan hingga fasilitas yang disediakan.

Sekilas tentang Pulau Peucang

Pulau PeucangPulau Peucang Sumber: instagram.com/rivai21

Peucang adalah sebuah pulau di Panaitan Selatan, Pandeglang, Banten. Puluu terletak persis di bagian barat Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau Peucang bergabung dengan pulau lain seperti Pulau Handeulum dan Pulau Panaitan. Oleh karena itu, tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke Ujung Kulon selalu mengunjungi wisata ini. Kawasan ini juga telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Rute Menuju Wisata Peucang

Untuk mengunjungi pulau ini Anda perlu menggunakan transportasi umum dari Jakarta. Anda juga bisa naik kereta dari stasiun Tanah Abang ke Rangkasbitung lalu turun di Serang. Jalur darat lainnya tidak hanya dengan kereta api tetapi juga dengan bus dari Treminal Kampung Rambutan ke Rangkasbitung.

Setibanya di Rangkasbitung, perjalanan dilanjutkan menuju desa Sumur Pandeglang dengan menggunakan angkutan umum. Dari sini Anda harus menuju ke Pelabuhan Sumur untuk mencari kapal menuju Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Kapal yang tersedia di dermaga biasanya memiliki beberapa tipe. Yaitu paket khusus, paket umum atau paket grup.

Biaya masuk ke Pulau Peucang

Biaya masuk ke Pulau PeucangPulau Peucang Sumber: instagram.com/ujungkulon_adventure

  1. Biaya masuk pada hari kerja: Rp 5.000
  2. Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 7.500
  3. Biaya masuk pada hari kerja (WNA): Rp 150.000
  4. Biaya masuk untuk akhir pekan (WNA): Rp 225.000

(Diperbarui Maret 2023)

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Jam buka Wisata Peucang

Setiap kawasan wisata memiliki waktu buka dan tutupnya masing-masing. Sekedar informasi umum, Wisata Peucang sendiri buka 24 jam sehari. Sehingga semua orang bisa mengunjungi pulau ini. Jika ingin bermalam di pulau ini, Anda bisa memilih beberapa penginapan yang letaknya tidak jauh dari pulau. Biasanya penginapan di pulau ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk rumah panggung yang sederhana. Kesederhanaan inilah yang menambah kealamian suasana liburan.

Peta lokasi wisata di Peucang

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Peucang

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di PeucangPulau Peucang Sumber : instagram.com/pelangi_ujungkulon

Peucang sendiri merupakan kawasan kecil yang terkadang mengalami kesulitan sinyal. Namun tempat ini bahkan bisa membuat Anda melupakan dunia luar untuk sementara waktu. Bahkan kehadiran telepon genggam seakan tidak berarti saat berkunjung ke tempat ini. Ada banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa dilakukan. Berikut beberapa hal menarik yang dapat dilakukan di Pulau Peucang:

Melihat matahari terbit di pagi hari

Destinasi wisata ini memang menakjubkan. Sayang sekali jika melewatkan keindahan sunrise pagi hari. Jika Anda ingin menikmatinya. Salah satu tempat yang tepat adalah dermaga di pantai. Anda juga akan merasa nyaman menghirup udara segar di pagi hari.

Jelajahi hutan

Menjelajahi hutan merupakan aktivitas seru yang bisa Anda coba. Karang Copong adalah terminal di mana Anda dapat melakukan perjalanan melalui hutan. Minimal 2 km harus ditempuh dengan berjalan kaki. Selama perjalanan Anda bisa melihat keindahan ombak laut yang menghantam karang-karang besar.

Pemandangan satwa liar yang berkeliaran juga akan ditawarkan selama berjalan-jalan. Selain itu, terdapat banyak tumbuhan langka di pulau ini. Seperti salah satu pohon Kiara besar yang berdiri di tengah hutan.

Nikmati sabana seperti di Afrika

Salah satu kekhasan kawasan wisata ini adalah adanya tempat bernama Cidaon di Pulau Peucang. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Peucang untuk sampai ke kawasan ini. Cidaon disebut-sebut sebagai sabana ala Afrika. Mengapa? Karena di tempat ini banyak banteng yang bisa merumput dengan bebas. Namun hati-hati dan jangan membuat kebisingan yang akan mengganggu aktivitas hewan tersebut.

Nikmati pohon Kiara yang langka

Pohon kiara memiliki nama lain pohon kelaparan. Ini karena gaya hidup pohon Kiara disebut Effifit. Yaitu tumbuhan yang cara hidupnya bergantung pada tumbuhan lain. Biasanya pohon ini disebarkan oleh hewan liar yang memakan buah ara dan menjatuhkan kotorannya ke tajuk pohon. Dari biji ini tumbuh pohon yang menempel.

Berinteraksi dengan hewan liar

Karena kawasan Peucang merupakan hutan yang masih sangat alami. Tidak jarang ditemukan banyak hewan tanah liat. Maka jangan heran jika tiba-tiba muncul babi, monyet dan hewan liar lainnya. Selama mereka tidak mengganggu Anda, hewan juga tidak mengganggu Anda.

Menikmati Pantai Air Biru Peucang

Salah satu daya tarik pulau ini adalah pantainya yang jernih dengan pasir putih yang lembut. Anda bisa bermain air di pantai. Jika mau, Anda juga bisa menyewa peralatan snorkel atau kano. Ada banyak biota laut untuk dinikmati nanti di dalam air.

Perlu meluangkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri agar semangat kembali segar. Bahagiakan keluarga Anda dengan pergi berlibur tanpa menguras kantong. Pulau Paucang adalah salah satu dari ratusan bahkan ribuan wisata di Indonesia untuk dijelajahi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan pembaca semua.

Sekilas dan Foto Pulau Peucang di Ujung Kulon

Dermaga kecil di pulau PeucangPantai Pulau PeucangAliran sungai di pulau PeucangSungai di Pulau PeucangSnorkeling di Perairan Pulau PeucangSunset di Pulau Peucang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button