Tempat Wisata

Mirror Lake di Balikpapan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Disebut mirror lake karena memiliki air yang jernih dan jernih. Telaga ini masih terlihat alami dan asri. Sehingga semua orang akan terpesona melihatnya.

Air danau ini terlihat jernih, juga ditumbuhi pepohonan hijau di sekelilingnya.

Lokasi Danau Cermin

sungai cerminSumber Danau Cermin: instagram.com/bayusegara_74

Danau cermin Lamuru ini bisa Anda kunjungi di kota Balikpapan. Lebih tepatnya terletak di Lamuru, kota Balikpapan yang termasuk dalam wilayah Kalimantan Timur.

Biaya masuk ke Mirror Lake

  1. Biaya masuk: Gratis
  2. Biaya sewa perahu: Rp 100.000 hingga Rp 200.000

(Pembaruan Maret 2023) *Harga dapat berubah

Jam buka Mirror Lake

Kemudian untuk jam operasional di Mirror Lake yang buka 24 jam sehari. Jadi Anda bebas mengunjungi danau ini kapan saja.

Peta Danau Cermin

Fasilitas di Mirror Lake

sungai cerminSumber Danau Cermin: instagram.com/wahyuaurora

Sektor pariwisata di Kota Balikpapan sendiri belum memaksimalkan pengembangan Danau Cremin-Lamuru sebagai objek wisata. Padahal kita tahu bahwa danau ini juga dekat dengan proyek wisata lainnya.

Saat ini terdapat perkemahan di danau cermin ini, yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah kota. Ada juga fasilitas umum lainnya seperti toilet, mushola dan kantin. Dan disini juga terdapat rest area untuk bersantai dan menikmati pemandangan di sekitar danau cermin ini.

Keunikan Mirror Lake

Danau cermin ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Ada dua bagian air di sini. Di bawahnya adalah air tawar, yang berada di atas, atau permukaan air.

Sementara itu, kandungan air lainnya ada di bagian bawah atau dasar danau. Dan uniknya, meski isi danau ini terdiri dari dua jenis air, keduanya tidak pernah bercampur satu sama lain.

Anda juga bisa menikmati kesegaran airnya sambil berenang atau snorkeling. Meski airnya jernih, danau ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Oleh karena itu, air telaga ini tidak layak untuk dikonsumsi.

Spot foto menarik di Mirror Lake

Spot foto menarik di Mirror LakeSumber Danau Cermin: instagram.com/bayusegara_74

Bagi Anda yang ingin mengambil foto di tempat ini, disarankan untuk mengambilnya dari jarak yang cukup jauh dari danau. Ini bisa dilakukan di atas bukit atau tempat yang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan hasil foto yang lebih jernih dan keindahan danau ini juga terekspresikan dengan sangat jelas.

Hotel/penginapan terdekat ke Mirror Lake

Bagi Anda yang mencari akomodasi terdekat di sekitar Lamaru Mirror Lake, menemukannya cukup mudah. Terjangkau untuk harga yang ditawarkan.

Penyedia pemesanan online ini juga sering menawarkan diskon yang berbeda. Berikut beberapa rekomendasi akomodasi di dekat Danau Lamaru Mirror:

  • RedDoorz Syariah dekat Bandara Sepinggan Balikpapan
  • KoolKost dekat Bandara Sepinggan Balikpapan

Penginapan ini berjarak 10,15 km dari Lamaru Mirror Lake. Alamat lengkapnya Jalan Sepinggan Baru No. 87 Balikpapan.

Lokasi hotel ini juga tidak jauh dari Danau Cermin Lamaru yang terletak di Jalan Sepinggan Baru, Balikpapan dengan jarak sekitar 10 km.

Itinerary menuju Mirror Lake

Akses menuju Mirror Lake tidak terlalu sulit. Tempat wisata ini juga bisa Anda temukan dengan mudah, meski jaraknya sekitar 26 km dari pusat kota Balikpapan.

Akses ke sini juga dimungkinkan dengan kendaraan pribadi. Namun, jika ingin menggunakan transportasi umum juga bisa.

Jika Anda ingin menggunakan angkutan umum, Anda dapat menghubungi angkutan umum nomor 7 dengan rute ke Danau Cermin Lamaru. Kemudian turun di SMK Adzkiya atau dekat Pondok Pesantren Gema Rahmatullah.

Setelah itu, Anda harus berjalan kaki lagi sejauh 200 meter untuk sampai ke danau ini. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi demi kenyamanan saja.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini adalah sore hari. Hal ini dikarenakan cuacanya yang tidak panas dan terasa sejuk.

Dengan pemandangan alamnya, danau cermin ini juga cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Asal usul Danau Cermin Lamaru

Asal usul Danau Cermin LamaruDanau Cermin Lamaru Sumber: instagram.com/secupkirMI

Danau ini memiliki asalnya sendiri. Awal berdirinya adalah didirikannya lapangan tembak oleh tentara Indonesia. Pada tahun 2009, 1 hektar lahan dikeruk di kawasan Lamaru.

Keberadaan lapangan tembak ini juga sering digunakan para atlet dan polisi untuk latihan. Namun seiring berjalannya waktu, keberadaan arena tembak ini semakin ditinggalkan.

Kemudian area yang membentuk cekungan juga terisi air hujan dan tampak seperti tempat penampungan hujan yang sangat besar. Dan akhirnya, saat ini, sebuah danau cermin yang indah terbentuk.

Mitos Ular Raksasa Mirror Lake

Danau cermin ini juga terkenal dengan keindahannya. Namun, ternyata dibalik keindahannya bisa membuat bulu kuduk berdiri.

Hal ini terutama terkait dengan keberadaan seekor ular raksasa yang disebut-sebut sebagai penjaga Danau Cermin Lamaru.

Mitos itu semakin kuat ketika seorang anak laki-laki yang berenang di danau itu menghilang. Kejadian ini terjadi pada tanggal 7 Mei 2014.

Anak itu ditemukan tewas beberapa hari kemudian. Namun yang aneh adalah anak tersebut dalam keadaan yang cukup normal. Dan tidak seperti anak kecil yang baru saja tenggelam di danau.

Tim Pak Tukul pun melakukan survey di danau ini. Dari siaran tersebut terungkap bahwa tidak hanya ular raksasa yang menunggu di danau, tetapi juga makhluk astral lainnya.

Pemandangan dan foto dari Mirror Lake di Balikpapan

Danau cermin kecil di BalikpapanAir di Very Clear Mirror LakeKeindahan Danau CerminPotret Danau CerminSpot foto terbaik di Mirror LakeBersepeda di tepi Mirror Lake

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button