Tempat Wisata

Danau Tolire di Maluku Utara: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat berkunjung ke Maluku Utara, ada wisata alam yang menarik yaitu Danau Tolire. Telaga ini berada di kaki Gunung Gamalama. Selain tempatnya yang menarik, legenda danau ini juga menarik.

Danau Tolire sebenarnya terbagi menjadi dua kawasan yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Keduanya berjarak 200 meter. Banyak pengunjung mengunjungi objek wisata ini setiap hari.

Lokasi Danau Tolire

Danau TolireDanau Tolire Sumber : instagram.com/dimasramadhan/

Danau Tolire terletak di kaki Gunung Gamalama, gunung tertinggi di Maluku. Secara administratif, danau ini berada di Kabupaten Ternate, Maluku Utara, tepatnya di Desa Tokame, Kabupaten Ternate Barat.

Akses ke Danau Tolire

Akses ke Danau Tolire mudah dicapai baik dengan sepeda motor maupun mobil. Dalam perjalanan, pengunjung melewati jalan beraspal hitam mulus. Agar perjalanan terasa nyaman.

Berkendara ke Danau Tolire hanya membutuhkan waktu 10 menit berangkat dari Kota Ternate. Jarak keduanya adalah 10 km.

Harga tiket masuk Danau Tolire

Saat mengunjungi tempat wisata, pengunjung harus membayar tiket masuk. Situasinya berbeda ketika mengunjungi Danau Tolire, karena di sana Anda tidak perlu membayar tiket masuk.

Namun pengunjung tetap dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5000 untuk setiap unit kendaraan. Biaya tersebut tentu saja biaya keamanan dan sewa tempat parkir.

Waktu pengoperasian Danau Tolire

Jam operasional Danau Tolire sangat fleksibel sehingga memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi wisata ini kapan saja. Pasalnya, wisata ini buka 24 jam setiap hari, Senin hingga Minggu.

Namun, disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada siang hari agar dapat menikmati pemandangan danau dengan jelas dan menyenangkan. Karena jika Anda mampir pada malam hari, penerangan di area tersebut kurang memadai.

Peta lokasi Danau Tolire

Fasilitas di Danau Tolire

Foto Danau TolireDanau Tolire Sumber : instagram.com/bettyreginasimarmata/

Fasilitas merupakan hal penting yang harus diperhatikan pengunjung sebelum mengunjungi suatu tempat. Danau Tolire juga menawarkan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata.

Fasilitas tersebut antara lain toilet, saung dan pendopo, tempat makan dengan berbagai menu, tempat parkir yang luas, dan lain sebagainya. Tentunya fasilitas tersebut dapat digunakan pengunjung secara gratis.

Akomodasi di dekat Danau Tolire

Cukup sulit mencari penginapan di kawasan Danau Tolire. Namun, bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar Danau Tolire, ada satu tempat menginap yang direkomendasikan di Kota Ternate, yaitu Kita Inn.

Losmen Kita terletak di Jalan Stadion di kota Ternate. Perjalanan menuju Danau Tolire memakan waktu sekitar 15 menit. Penginapan ini memiliki lokasi yang sangat strategis, karena kawasan-kawasan menarik di Ternate dapat dijangkau dengan mudah.

Fasilitas penginapan ini cukup lengkap seperti tersedianya tempat parkir mobil yang luas, restoran, ruang pertemuan, area khusus merokok dan tentunya kamar yang bersih, full AC dan akses internet yang lancar.

Setiap kamar di penginapan ini didesain dengan arsitektur yang keren dan elegan, cocok untuk relaksasi. Tarif menginap di sini mulai dari Rp 273.093 hingga Rp 280.896 per malam.

Hal menarik dari Danau Tolire

Foto keindahan Danau TolireSumber Danau Tolire : instagram.com/fitripujii/

Ada hal menarik yang bisa dijadikan alasan untuk berkunjung ke Danau Tolire. Selain tempatnya yang indah, banyak mitos dan legenda yang menambah daya tarik danau ini. apa pun? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mitos Harta Karun

Penduduk setempat percaya bahwa ada banyak harta karun di dasar danau. Menurut informasi masyarakat, harta karun tersebut merupakan peninggalan dari zaman Kesultanan Terate pada abad ke-15.

Namun, harta karun itu sengaja dibuang ke danau. Alasannya, karena tidak diambil alih oleh tentara Portugis yang saat itu sedang menjajah wilayah Ternate. Namun hingga saat ini, cerita tersebut masih berupa mitos.

2. Legenda Danau Tolire

Legenda penciptaan Danau Tolire juga menjadi daya tarik wisata ini. Legenda ini masih diceritakan oleh penduduk setempat secara turun temurun.

Namun, pada zaman dahulu ada seorang ayah dan anak laki-laki yang hidup berkecukupan di sebuah desa. Namun, tidak diyakini bahwa ayah dan anak tersebut memiliki hubungan yang tidak sah, yang kemudian meninggalkan desa tersebut.

Tetapi ayah dan anak itu dikutuk. Dimana tanah tempat kaki sang ayah pernah berdiri menjadi genangan air yang sekarang dikenal sebagai ‘Danau Tolire Besar’, sedangkan tanah tempat kaki sang anak pernah berdiri menjadi danau ‘Danau Tolire Kecil'”.

3. Danau berbentuk cawan raksasa

Daya tarik selanjutnya adalah danau ini memiliki lingkungan yang indah. Selain itu, Danau Tolire yang agung memiliki bentuk yang unik menyerupai cawan raksasa. Ini tentu saja menjadi daya tarik utama dari danau ini.

4. Tidak diperbolehkan menangkap ikan

Banyak ikan air tawar dari berbagai spesies juga hidup di danau ini. Namun, warga dan pengunjung tidak diperbolehkan menangkap ikan atau hewan lain dari danau tersebut.

Larangan tersebut bermula dari mitos yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat setempat. Ada penjaga berupa buaya putih di dasar danau, jadi jangan ganggu mereka.

5. Atraksi lempar batu

Hal menarik berikutnya adalah atraksi lempar batu. Menurut berbagai sumber, batu yang dilempar ke danau tidak akan menyentuh permukaan danau. Hal ini tentu membuat Danau Tolire semakin menarik.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Danau Tolire. Percakapan ini dapat menjadi referensi sebelum perjalanan Anda sehingga pengaturan perjalanan Anda lebih matang.

Gambar dan foto Danau Tolire di Maluku

Pemandangan Danau Tolire dari atasPemandangan Danau TolireGunung di atas Danau TolireSenja di Danau TolirePantai pesisir di sebelah Danau TolirePelangi di Danau TolireMatahari terbenam di pantai dekat Danau Tolire

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button