Tempat Wisata

Pulau Saronde di Gorontalo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Anda punya rencana liburan ke Gorontalo? Pastikan Anda tidak melewatkan kunjungan ke Pulau Saronde. Pulau ini akan membuat Anda betah berlama-lama di Bumi Maleo karena menampilkan keindahan Maladewa.

Tak heran, pulau ini terasa seperti sepotong surga dengan pemandangan pasir putih dan laut biru cerah. Saat senja tiba, keindahan ini semakin eksotis.

Lokasi pulau Saronde

Pulau Saronde Pulau Saronde Sumber: instagram.com/aryawiznu

Secara administratif pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Kepulauan Ponelo yang merupakan bagian dari Wilayah Kabupaten Gorontalo Utara.

Pulau ini terletak di bagian utara Provinsi Gorontalo. Pulau ini berjarak 65 km dari kota Gorontalo dan dapat ditempuh dalam waktu 40 menit dari Bandara Gorontalo.

Biaya masuk pulau Saronde

Anda tidak perlu menggali terlalu dalam untuk mengapresiasi keindahan pulau ini. Pasalnya, tiket masuk ke pulau ini hanya Rp 25.000 per orang.

Harga tiketnya tentu masih sangat terjangkau karena sebanding dengan keindahan pulau yang bisa Anda nikmati.

Jam Operasional Pulau Saronde

Anda tidak perlu khawatir dengan jam buka dan tutup saat ingin mengunjungi pulau seperti Maladewa karena tempat wisata ini buka 24 jam sehari.

Peta lokasi pulau Saronde

Fasilitas di Pulau Saronde

Fasilitas yang disediakan pengelola pulau cukup lengkap. Di pulau ini bahkan terdapat rumah liburan atau penginapan bermalam dengan standar internasional.

Ada juga restoran yang menyajikan aneka seafood dan makanan khas Gorontalo. Nah, dengan wisata kuliner di pulau ini, kamu tidak hanya bisa memanjakan mata, tapi juga memanjakan lidah.

Selain itu pulau ini juga menawarkan fasilitas wisata air seperti banana boat, fun boat dan snorkeling.

Tempat wisata menarik di Pulau Saronde

Foto dari Pulau SarondeFoto pulau Saronde Sumber: instagram.com/vinaluciabanua/

Melangkah ke pulau ini Anda tidak akan bosan karena ada banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Berikut beberapa tempat menarik yang wajib Anda kunjungi di pulau ini.

1. Patrick Surga

Pulau Saronde tidak hanya menawarkan keindahan pantai berpasir putih dan laut biru jernih. Tempat ini juga memiliki keindahan bawah laut yang sayang untuk dilewatkan. Jadi pastikan untuk meluangkan waktu untuk snorkeling di pulau ini.

Tempat ini juga dikenal sebagai Patrick’s Paradise karena penuh dengan spesies bintang laut yang berbeda. Anda bisa melihat makhluk laut berbentuk bintang ini dari perahu atau saat snorkeling.

Anda tidak hanya dapat melihat bintang laut tetapi juga berbagai jenis terumbu karang yang masih asli.

2. Makan malam romantis

Pulau Saronde menjadi salah satu pilihan tepat untuk berbulan madu. Anda bisa menikmati makan malam romantis di tepi pantai bersama pasangan.

Anda dapat menghubungi penyedia rumah liburan agar mereka dapat menawari Anda makan malam romantis.

3. Tempat berkemah

Tidak ingin menyewa rumah liburan untuk tinggal di Pulau Saronde? Buat diri Anda nyaman karena Anda bisa memanfaatkan tempat perkemahan di hutan pinus dekat pantai.

Di tempat ini Anda tidak hanya bisa mendirikan tenda, tapi juga memasang hammock untuk bersantai. Jadi kamu bisa menikmati sunset sambil bersantai di hammock.

Festival Saronde ke-4

Liburan Anda akan semakin tak terlupakan jika mengunjungi pulau ini dalam rangka festival budaya dan seni Saronde. Festival ini biasanya diadakan setiap tahun pada bulan September.

Di festival ini Anda bisa menyaksikan tarian Saronde diiringi alat musik tradisional rebana. Dengan irama musik khas Gorontalo, Anda pasti akan larut dalam keeksotisan tarian Saronde ini.

Hotel dan penginapan di Pulau Saronde

Jika ingin bermalam di pulau ini, Anda bisa menginap di Saronde Island Resort. Pondok ini adalah satu-satunya wisma di pulau ini.

Saronde Island Resort menawarkan akomodasi di pondok kayu dengan atap jerami. Konsep tradisional ini tentunya akan menambah eksotisme pulau di Gorontalo ini.

Rumah liburan ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Anda bisa tidur di ranjang empuk. Selain itu, pondok-pondok kayu yang dibangun di tepi pantai dilengkapi dengan meja, kursi, penerangan, dan pemandian air tawar.

Meski memiliki nuansa Maldives yang sejuk, harga menginap di cottage ini sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 150.000 per malam untuk menyewa kamar.

Itinerary ke Pulau Saronde

Untuk mencapai pulau ini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dari pusat kota Gorontalo menuju Dermaga Kwandang. Dermaga ini terletak sekitar 65 km dari kota Gorontalo. Anda bisa mencapai Dermaga Kwandang hanya dalam waktu satu jam.

Anda kemudian dapat naik perahu dari Dermaga Kwandang ke Pulau Saronde. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pulau ini sekitar satu jam perjalanan.

Keindahan alam di Pulau Saronde

Keindahan Pulau SarondePulau Saronde Sumber: instagram.com/stevegundo/

Keunggulan wisata di Saronde adalah pantai pasir putihnya yang sangat bersih. Pulau ini sebenarnya bebas polusi sehingga Anda bisa menikmati udara pantai yang segar.

Meski pulau ini kecil, pemandangan alamnya tidak mengecewakan. Pantainya terdiri dari pasir putih yang lembut dengan beberapa bebatuan yang terbentuk secara alami.

Air laut di pulau ini berwarna biru jernih, sehingga mudah untuk melihat warna-warni terumbu karang di dalamnya. Mengelilingi pulau ini Anda juga bisa melihat beberapa pulau kecil lainnya seperti Pulau Lampu dan Pulau Mohingto.

Sekilas dan foto pulau Saronde di Gorontalo

Dermaga kecil di Pulau SarondePemandangan pulau SarondeAir laut jernih di Pulau SarondePantai pulau SarondeSekilas Pulau Saronde

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button