Tempat Wisata

Danau buatan di Pekanbaru: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bagi yang ingin menikmati liburan keluarga, danau buatan di Pekanbaru bisa menjadi destinasi yang menarik. Telaga yang pernah populer untuk perhelatan PON tahun 2012 ini menawarkan keindahan yang luar biasa.

Dahulu, danau ini hanya merupakan daerah irigasi dari Sungai Ambang. Seiring waktu, aliran melebar dan membentuk danau. Tak heran jika tempat ini akhirnya berubah menjadi destinasi wisata yang menakjubkan dengan adanya danau buatan.

Lokasi danau buatan Pekanbaru

Danau Buatan PekanbaruDanau Buatan Pekanbaru Sumber: instagram.com/danil_imagix/

Jika Anda berkunjung ke Pekanbaru, destinasi wisata ini sangat direkomendasikan. Situsnya sendiri terletak di Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru, Riau, tepatnya di Desa Lembah Sari.

Peta danau buatan Pekanbaru

Tiket masuk ke danau buatan Pekanbaru

  1. Biaya masuk = Rp5.000

(Diperbarui Maret 2023)

Wisata danau buatan Pekanbaru di Rumbai Timur

Jam Operasional Danau Buatan Pekanbaru

Sebelum Anda memutuskan untuk berlibur di danau ini, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai jam operasionalnya. Danau buatan ini buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Pengunjung bisa datang sendiri atau bergabung dengan biro perjalanan.

Lampiran ke danau buatan Pekanbaru

Fasilitas yang ada di danau buatan dapat dikatakan cukup. Karena pengelolaannya cukup baik, pengunjung tidak akan menemui masalah dengan fasilitas standar. Misalnya berupa toilet dan mushola yang berada tak jauh dari objek wisata ini.

Spot foto di danau buatan Pekanbaru

Pengunjung bisa berlibur dengan tenang. Begitu pula dengan restoran yang ada di sekitar danau buatan ini, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa perbekalan.

Ada jembatan kayu yang biasa dijadikan spot foto anak kecil. Bagi yang ingin merasakan piknik, tersedia beberapa paviliun di sini yang juga senang digunakan untuk bersantai.

Di pendopo, pengunjung akan terkagum-kagum dengan pemandangan langsung danau buatan. Airnya yang tenang membuat pikiran lebih segar dari sebelumnya.

Tak perlu khawatir, bagi yang ingin membeli oleh-oleh bisa membelinya di sekitar tempat wisata ini. Tak jauh dari toko oleh-oleh, Anda juga bisa menikmati aneka kuliner yang harganya cukup terjangkau.

Tempat menarik di danau buatan Pekanbaru

Foto danau buatan Rumbai di PekanbaruFoto Danau Buatan Rumbai Pekanbaru Sumber: instagram.com/lenisusanty4/

Meski objek wisata ini merupakan danau buatan, namun keindahannya tampak nyata. Tempat ini jauh dari konsep modernisasi sehingga memiliki efek yang sangat menenangkan. Tak heran jika tempat ini bisa mengalihkan pikiran dari penatnya keseharian.

Berikut adalah beberapa tempat menarik di danau ini untuk dinikmati pengunjung.

1. Air laut yang jernih dan tenang

Keindahan air di danau buatan Rumbai Timur

Mereka yang menyukai kedamaian dan ketenangan akan senang dengan air danau ini. Permukaannya relatif tenang dan hampir tidak ada gelombang. Selain itu, pengunjung juga tidak akan mendengar suara gemuruh di tempat ini. Pepohonan yang rindang memberikan kesan sejuk.

2. Udara sejuk dan lingkungan asri

Keindahan danau buatan Pekanbaru

Sebagian besar objek wisata dengan konsep artifisial menunjukkan modernisasi. Itu tidak ada di danau buatan ini, yang justru terlihat indah dengan pesona rerumputan dan pepohonan.

Pengunjung yang datang pada siang hari tidak perlu khawatir kepanasan. Tempat ini memiliki setting yang asri, sehingga terdapat banyak pohon yang dapat dijadikan tempat berteduh.

3. Aneka wahana air

Bingung mencari destinasi wisata bersama keluarga? Danau buatan ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena menawarkan banyak atraksi air. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga. Pengunjung dapat menjelajahi danau ini dengan pergi ke Getek menggunakan sepeda air.

Perahu Getek yang disediakan sudah memiliki motor. Selain itu, kapasitasnya cukup untuk satu keluarga. Sepeda air kini bisa dikendarai hingga empat orang.

Kegiatan menarik di danau buatan

Keindahan danau buatan Rumbai PekanbaruDanau Rumbai Buatan Pekanbaru Sumber: instagram.com/ardheesthye95/

1. Memancing

Memancing merupakan kegiatan yang menarik bagi sebagian orang. Apalagi jika spot mancingnya berada di perairan yang tenang. Ada banyak spesies ikan air tawar yang berbeda. Tak heran jika memancing di tepian danau bisa menjadi kegiatan yang menarik.

2. Berkemah

Anda bisa menghabiskan waktu bersantai bersama keluarga di bumi perkemahan. Itulah yang bisa Anda lakukan saat datang ke danau buatan ini. Suasananya yang begitu sejuk dan asri menjadi tempat yang cocok untuk piknik keluarga.

Pengunjung bisa membawa tikar sendiri atau menyewanya di sana. Jangan lupa untuk membawa makanan ringan sambil menikmati alam bebas.

3. Bermain olahraga air

Berlibur di tempat wisata tepi danau belum lengkap tanpa menikmati wahananya. Juga jika Anda mengunjungi danau buatan ini karena menawarkan wahana yang menghibur.

Dari sepeda air hingga perahu, Anda bisa menggunakannya untuk menjelajahi danau. Pengunjung bisa menaikinya bersama anggota keluarga sehingga menjadi momen liburan yang tak terlupakan.

Saat menjelajahi danau, pengunjung bisa berjalan ke tengah danau dan menikmati pemandangan danau dari segala sisi.

Itinerary ke danau buatan Pekanbaru

Wisata di danau buatan Pekanbaru

Jika Anda berangkat dari pusat kota Pekanbaru, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jl. Jenderal Sudirman. Setelah itu, pergilah ke utara melewati Jembatan Siak IV. Pada dasarnya jembatan ini sangat populer di kalangan penduduk setempat, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Setelah berhasil melewati jembatan, perjalanan bisa dilanjutkan ke Jalan Sembilang. Setelah itu lanjutkan sejauh 1 kilometer hingga sampai di Jalan Pramuka. Lanjutkan di jalan ini sampai Anda menemukan pertigaan di mana terdapat tanda-tanda danau buatan.

Danau buatan bisa menjadi tujuan pilihan Anda saat berkunjung ke Pekanbaru. Danau ini tidak hanya memiliki air yang jernih, tetapi juga pemandangan yang indah. Selain itu, rutenya cukup mudah untuk dilalui.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button