Tempat Wisata

Pulau Rubiah: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kota Sabang merupakan wilayah administratif di ujung utara Provinsi Aceh. Kawasan ini terdiri dari beberapa pulau yang dikenal menawarkan pesona wisata bahari yang mempesona. Pulau-pulau di Sabang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan alam bawah laut dan pantainya yang eksotik. Salah satu pulau yang paling terkenal adalah Pulau Rubiah.

Pulau Rubiah merupakan pulau tak berpenghuni dengan keindahan bawah laut yang mempesona. Pulau ini disebut juga Taman Laut Rubiah karena panorama indah yang ditawarkannya. Keadaan pulau yang masih alami dan terjaga kelestariannya menjadikan tempat wisata ini surga bagi pecinta snorkeling dan diving.

pulau rubi

Secara geografis, Pulau Rubiah masih merupakan bagian dari Pulau Weh, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Pulau ini terletak di barat laut Pulau Weh. Untuk menuju pulau tersebut, wisatawan dapat menggunakan jalur Banda Aceh menuju Pelabuhan Ulee Lheue kemudian naik kapal ferry menuju Pulau Weh. Jadwal keberangkatan kapal dibuka setiap dua hari sekali.

Setibanya di Pulau Weh, wisatawan terlebih dahulu harus menuju ke Pantai Iboih. Dari sini, pengunjung bisa menyewa perahu motor atau speedboat untuk menuju Pulau Rubiah. Perjalanan menuju pulau dari Pantai Iboih hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Harga sewa yang ditetapkan cukup murah, mulai dari Rp 20.000 per orang.

Pesona Pulau Rubiah

Setibanya di Pulau Rubiah, wisatawan akan disambut dengan pemandangan alam yang sungguh menakjubkan. Hamparan samudra biru dengan air jernih, perbukitan hijau, dan pantai berpasir putih akan memanjakan mata pengunjung. Wisatawan juga menjumpai perahu-perahu kecil yang lewat.

Sekitar tahun 1900, pulau ini menjadi tempat transit para peziarah dalam perjalanan ke Mekkah. Pada zaman dahulu belum ada pesawat terbang, sehingga para peziarah harus menggunakan kapal laut. Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai benteng pertahanan pada masa perang yang sisa-sisanya masih dapat dilihat hingga saat ini.

pulau rubi

Berkunjung ke Pulau Rubiah belum lengkap rasanya tanpa menikmati keindahan alam bawah laut. Wisatawan juga bisa snorkeling atau scuba diving untuk melihat berbagai biota laut yang hidup di bawahnya. Arusnya terbilang tenang dan tidak terlalu kencang, sehingga pemula pun bisa snorkeling dan diving di pulau ini.

Keindahan bawah laut Pulau Rubiah sungguh menakjubkan. Ada berbagai jenis ikan hias seperti ikan badut atau biasa disebut ikan nemo, ikan kupu-kupu, ikan botana biru, ikan karang, ikan bidadari, ikan singa dan masih banyak lagi. Dengan ukurannya yang bervariasi dari kecil hingga besar, ikan ini akan selalu menemani wisatawan saat snorkeling.

Tak hanya berbagai jenis ikan cantik, berbagai jenis terumbu karang juga menghiasi panorama bawah laut di Pulau Rubiah. Aneka terumbu karang warna-warni, anemon laut, bintang laut dan ganggang hidup serasi dengan ikan-ikan yang berenang kesana-kemari. Kelestarian panorama bawah laut juga sangat terjaga di pulau ini.

Meski tidak tahu cara berenang, wisatawan bisa menikmati keindahan alam bawah laut di Pulau Rubiah dengan menyewa glass bottom boat. Anda bisa menikmati berbagai biota laut dari atas perahu tanpa harus basah. Air lautnya yang jernih juga memudahkan wisatawan untuk melihat alam bawah laut hingga kedalaman 15 meter.

Fasilitas di Pulau Rubiah

Meski sudah menjadi destinasi wisata bahari yang terkenal di mancanegara, fasilitas Pulau Rubiah masih sangat minim. Hanya ada satu penginapan dengan dua kamar di pulau itu. Karena pulau ini tidak berpenghuni, sebagian besar wisatawan dan penduduk lokal kembali ke Pantai Iboih.

Selain masih belum tersedianya mushola di pulau ini, wisatawan bisa berdoa di sekitar Pantai Iboih. Beruntung Pulau Rubiah masih memiliki beberapa penjual makanan dan minuman, sehingga wisatawan tidak perlu takut jika lapar atau haus setelah menjelajahi keindahan pulau tersebut.

Baca juga: Mutiara Water Park, taman bermain air paling populer di kota Langsa

Bagi yang ingin snorkeling juga banyak persewaan alat snorkeling dan scuba di sekitar pulau yang cukup lengkap. Selain itu, ada juga jasa guide dan rental foto bawah air. Jika ingin menginap dan tidak mendapatkan kamar di penginapan yang ada di Pulau Rubiah, wisatawan bisa menginap di bungalow yang ada di sekitar Pantai Iboih.

Keindahan alam pulau ini begitu memikat sehingga tempat wisata yang satu ini bisa menjadi alternatif liburan Anda. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Rubiah.

snorkeling dan menyelam

Kegiatan snorkeling dan diving menjadi hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke pulau ini. Pulau ini seperti surga bagi pecinta snorkeling dan diving. Anda akan disuguhi akuarium besar dengan berbagai biota laut yang cantik seperti ikan hias yang cantik dan terumbu karang yang cantik.

Anda bisa berenang bersama ikan-ikan kecil sepuasnya sepanjang hari dan menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Rubiah. Arusnya sangat tenang dan cocok untuk pemula. Airnya yang jernih dan segar juga menjadi nilai tambah dari tempat ini. Di pulau eksotis ini Anda akan terpesona dengan keindahannya dan betah berlama-lama.

Berjalan-jalan dan nikmati keindahan pulau

Tidak hanya snorkeling atau diving, Anda juga bisa menikmati keindahan Pulau Rubiah. Menyewa perahu motor akan membawa Anda ke tempat-tempat terindah yang menawarkan panorama alam yang mempesona. Selain itu, Anda juga bisa mengagumi keindahan alam bawah laut dengan menyewa glass bottom boat.

Deretan perbukitan hijau, gunung menjulang tinggi dan hamparan lautan luas merupakan fenomena alam yang sungguh mempesona. Angin sepoi-sepoi yang tidak pernah berhenti bertiup juga membuat Anda merasa lebih nyaman. Memang, tempat ini sangat cocok untuk menyegarkan diri dan berbulan madu bersama pasangan.

berburu foto

Jika Anda menyukai dunia fotografi dan mencari pemandangan yang indah, maka Pulau Rubiah adalah tujuan berburu yang sempurna. Di sini Anda tidak hanya bisa mengabadikan keindahan alam, tetapi juga mengambil foto bawah air. Ada banyak obyek menarik seperti pantai berpasir putih, laut biru luas dan perbukitan hijau.

Berburu foto bawah air sepertinya menjadi sesuatu yang tidak termasuk dalam arus utama. Di sini Anda bisa memotret ikan dan terumbu karang yang indah. Jika Anda tidak memiliki kamera bawah air, Anda bisa menyewanya di pulau ini. Bersikaplah sebaik mungkin dan pemandu akan dengan senang hati mengambil foto Anda bersama ikan yang sedang berenang.

Akomodasi di Pulau Rubiah

Biaya sewa perahu dari Pantai Iboih ke Pulau Rubiah mulai dari Rp 20.000 per orang pulang pergi. Untuk menyewa toples kaca, biayanya mulai dari Rp 350.000 untuk 10 hingga 15 orang.

Baca juga:

Peta lokasi Pulau Rubiah

Tips Berwisata di Pulau Rubiah

  • Jangan mengunjungi tempat tersebut selama bulan Ramadhan karena tidak ada kegiatan memancing selama bulan tersebut.
  • Juga dipahami bahwa tidak akan ada aktivitas penangkapan ikan dari Kamis hingga Jumat.
  • Hari Raya Haji, Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Peringatan Tsunami juga tidak diperbolehkan melaut.
  • Bawalah barang-barang yang cukup sehingga tidak akan mengganggu Anda saat berada di pulau.
  • Jika Anda belum pernah snorkeling atau menyelam sebelumnya, kami sarankan untuk menyewa pemandu.
  • Menjaga Pulau Rubiah tetap bersih dan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jaga kelestarian pulau dan jangan merusak fasilitas dan keindahan pulau.

Galeri Foto Pulau Rubiah

Potret Pulau Rubiah di Sabang

Mengarungi perairan Pulau RubiahKeajaiban ikan di perairan Pulau RubiahPotret Pantai Pulau Rubiah dari atas bukitBerburu foto di Pulau RubiahSnorkling di Pulau Rubiah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button