Tempat Wisata

Harga tiket curug Cigamea, lokasi rute dan spot terbaru 2023

Bogor, kota yang satu ini memang kaya akan wisata alam. Salah satunya Air Terjun Cigamea, tempat wisata air terjun di Bogor yang berada di kawasan Gunung Salak dan hampir sama dengan Air Terjun Nangka yang sudah dibahas oleh tim MyTrip123 pada bagian sebelumnya.

Daftar tempat wisata di Bogor

Air Terjun Cigame memiliki dua jenis air terjun dengan karakter yang berbeda. Air terjun pertama tidak jauh dari pintu masuk. Dan memiliki karakter berupa permukaan bebatuan yang terjal dengan bebatuan yang didominasi warna hitam.

Sedangkan air terjun kedua agak jauh dari pintu masuk. Jaraknya sekitar 30m dari air terjun pertama. Air terjun kedua atau air terjun utama yaitu air terjun Cigamea memiliki ketinggian 50 meter dari dasar air terjun. Kolam air terjun kedua ini bisa digunakan untuk berenang. Sebab, berbeda dengan air terjun yang pertama, memiliki area yang luas dengan kolam yang sempit.

Wilayah kedua air terjun ini sangat subur. Dengan banyaknya tumbuhan hutan tropis membuat air terjun ini terasa sejuk dan alami.

Lokasi/Alamat Curug Cigamea

Lokasi air terjun CigameaFoto:

Air terjun ini terletak di Ds Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Lokasi air terjun juga bisa Anda temukan menggunakan dukungan GPS. Menggunakan peta koordinat GPS: 6° 41′ 40.30″ S 106° 41′ 8.48″ E.



Baca Juga: Tempat Wisata di Malang dan Sekitarnya yang Paling Banyak Dikunjungi

Rute menuju air terjun Cigamea

Rute menuju Curug CigameaFoto:

Air Terjun Cigame terletak sekitar 42 kilometer dari pusat kota Bogor. Untuk menuju ke tempat ini, empat jalur dapat ditempuh, yaitu:

  1. cemplang/ cibungbulang -> pamijahan -> salak endah
  2. Cikampek -> salak endah
  3. Cibatok -> salak endah
  4. Tamansari -> Bundel Gunung -> Salak Endah

Kebanyakan orang memilih jalur pertama melalui Cemplang -> Pamijahan -> Salak Endah karena jalur ini terasa lebih dekat dengan jalan raya Bogor – Leuwiliang dan juga memiliki jalan yang lebih baik dari tiga jalur lainnya.

Jika menempuh jalur ini, jaraknya 38 km dari pusat kota Bogor menuju kawasan wisata Salak Endah. Kemudian Anda harus melanjutkan perjalanan sejauh 4 km lagi untuk sampai ke gerbang air terjun Cigamea. Setelah sampai di gerbang Air Terjun Cigamea, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan yang dilalui merupakan jalan setapak menyusuri lembah dengan jarak tempuh sekitar 350 meter untuk menuju air terjun Nangka.

Kondisi jalan setapak sudah dalam kondisi baik. Dengan jalan yang diaspal dengan batu agar tidak licin dan berdebu saat musim hujan atau musim kemarau. Terdapat shelter-shelter di sepanjang jalan di mana Anda bisa beristirahat dan menikmati udara pegunungan yang sejuk.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan umum untuk menuju tempat ini. Anda bisa memulai perjalanan dengan naik angkot di Terminal Barangsiang tujuan Bubuluak.

Sesampainya di Bubuluwak, lanjutkan naik angkot jurusan Leuwiliang dan berhenti di pertigaan Cipatok. Kemudian naik angkot lagi yang mengarah ke Gunung Picung sampai Anda tiba di Stasiun Angkot. Dari stasiun dilanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek hingga sampai di kawasan wisata Salak Endah.

Tiket masuk ke air terjun Cigamea

Tiket masuk ke air terjun CigameaFoto:

Sebelum menuju Air Terjun Cigamea, Anda perlu melewati kawasan wisata Gunung Salak Endah dan membutuhkan tiket masuk sebesar Rp 15.000. Nominal harga berlaku untuk pengunjung domestik, sedangkan turis mancanegara dikenakan harga Rp 25.000.

Setelah itu, Anda perlu membayar sekitar Rp10.000 per orang untuk tiket masuk kawasan wisata Air Terjun Cigame. Itu belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat akan dikenakan biaya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000. Biaya tersebut tentunya tidak akan menjadi beban bagi pengunjung yang berlibur ke sini.

Nominal harganya relatif murah dan tentunya terjangkau bagi semua wisatawan. Perlu diketahui bahwa kebijakan tarif objek wisata Cigamea dapat berubah sewaktu-waktu.

jam buka

Jam buka air terjun CigameaFoto:

Untuk memaksimalkan liburan Anda di Air Terjun Curug Cigamea, tidak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu jam operasional wisata. Air Terjun Cigamea bisa Anda kunjungi kapan saja karena dibuka untuk umum setiap hari Kamis hingga Rabu.

Jam wisata Air Terjun Cigamea adalah dari pukul 07:30 hingga 17:00 WIB. Tentunya setelah Anda mengetahui jam buka Air Terjun Cigamea, Anda bisa memprediksi kapan waktu terbaik untuk berkunjung.

Satu hal yang pasti: liburan di air terjun harus dilakukan saat cuaca mendukung. Cuacanya tidak mendung, apalagi saat hujan deras, sehingga pemandangan Curug Cigamea akan terlihat paling bagus.

Selain itu, air terjun ini beberapa kali berubah warna menjadi coklat saat musim hujan. Tidak sejelas di musim panas atau kemarau

Fasilitas Air Terjun Cigamea

Fasilitas air terjun CigameaFoto:

Berkat sejumlah objek wisata yang menggiurkan, masuk dalam daftar tempat wisata alam paling populer di Bogor. Tak heran jika banyak orang yang ingin berlibur ke sini pada awal musim liburan.

Namun selain daya tariknya, fasilitas yang ada juga membuat wisata ini semakin menarik. Berikut beberapa fasilitas Air Terjun Cigamea diantaranya :

  • Parkir untuk kendaraan
  • Jalan yang cukup bagus
  • pos jaga
  • tempat peristirahatan umum
  • tempat istirahat/tenang
  • Banyak akomodasi
  • toko wisata
  • restoran
  • Spot foto yang menarik

Nikmati penuh keseruan yang akan dibawa oleh Wisata Air Terjun Curug Cigamea dengan pemandangan yang menakjubkan. Rasa segarnya air tentu menjadi hal terpenting di sini.

Rasakan suara air terjun yang jernih dan bersih yang akan mengusir segala penat. Namun jika tidak ingin basah juga tidak masalah, karena masih bisa duduk santai menikmati banyak pemandangan.

Rasakan pengalaman liburan tak terlupakan menjelajahi Air Terjun Cigamea di Bogor, Jawa Barat dengan sederet panorama memikat.

Tips berkunjung

Tips mengunjungi Curug CigameaFoto:

Anda bisa menyimak tips berkunjung berikut ini untuk menambah referensi berwisata.

  • Berwisata di luar ruangan tentunya harus dilakukan saat hari benar-benar cerah dan cuaca tidak buruk.
  • Gunakan sepatu anti selip karena kawasan wisata di dekat air terjun biasanya lembap dan basah.
  • Pastikan Anda sehat dan tidak sakit agar semuanya bisa berjalan lancar.
  • Ikut menjaga kebersihan dan keindahan kawasan wisata Curug Cigamea agar selalu diminati.
  • Saat berlibur, berhati-hatilah dan selalu utamakan keselamatan agar bisa pulang dengan nyaman.

Itu tadi informasi yang membahas wisata Bogor sebagai tujuan liburan anda yaitu Curug Cigamea. Demikian sekilas tentang Air Terjun Cigamea, direkomendasikan untuk Anda jelajahi dan temukan berbagai objek wisatanya.

Baca Juga: Daftar 23 Tempat Wisata Terindah di Bogor dan Sekitarnya

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button