Tempat Wisata

Candi Dieng – Harga Tiket Masuk dan Kursi Terbaik 2023

Dieng merupakan dataran tinggi di Jawa Tengah yang tepatnya terbagi menjadi dua kabupaten. Yakni, Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara yang memiliki ketinggian lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut. Dan memiliki kisaran suhu 15 hingga 20 derajat Celcius. Dataran Tinggi Dieng merupakan tujuan wisata terpenting kedua di Jawa Tengah setelah Borobudur dan Magelang.

Dieng menawarkan Anda berbagai macam tempat wisata, termasuk wisata alam, wisata budaya dan juga wisata kuliner. Pada kategori wisata alam, Dieng menawarkan beberapa tempat wisata yang paling diminati, antara lain Candi Dieng, Kawah Sikidang, Telaga Warna, Golden Sunrise di Gunung Sikunir, dan wisata pendakian di Gunung Prahu.

Dari sekian banyak tempat wisata alam Dieng yang mempesona, tim MyTrip123 akan membahas tentang Candi Dieng. Candi Dieng merupakan candi Hindu yang dibangun sekitar abad ke-7 dan baru ditemukan sekitar abad ke-18 Masehi. Candi Dieng terdiri dari 5 bangunan candi yang berjejer. Kelima bangunan candi tersebut diberi nama Candi Arjua, Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Sambadra dan Candi Puntadewa.

Lokasi/alamat tempat wisata Candi Dieng

Situs Candi DiengFoto:

Untuk lokasi atau alamat Candi Dieng di Dieng Kulon, Kec. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456. Mencapai kawasan wisata Candi Dieng tidak akan membuat Anda kesulitan.

Ada dua pintu masuk ke kawasan Candi Arjuna Dieng dan Anda bebas memilih mau yang mana. Tidak ada perbedaan mendasar antara masing-masing pintu masuk candi ini.

Meski jalurnya mudah dilalui, namun tetap harus berhati-hati karena jalan utamanya cukup sempit. Jadi jika Anda membawa kendaraan roda empat, harap pelan-pelan dan waspada saat menyalip.

Jika anda masih belum tahu dimana tempat wisata Dieng Banjarnegara ini. Jadi gunakan saja peta di bawah ini untuk merencanakan perjalanan Anda agar bisa segera sampai ke Candi Dieng.



Biaya masuk Wisata Candi Dieng

Biaya masuk ke Candi DiengFoto:

Biaya masuk ke Candi Dieng sama sekali tidak mahal, hanya dengan Rp 20.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan candi di atas awan. Tiket tersebut juga merupakan tiket masuk Kawah Sikidang.

Jadi dengan satu tiket Anda sudah bisa masuk ke dua tempat wisata di Dieng. Sedangkan untuk harga parkir kendaraan masih sama dengan tempat wisata lainnya yaitu sekitar Rp 2.000-5.000.

Berlibur ke Candi Dieng dijamin tidak akan menguras dompet terlalu banyak. Biaya tersebut tentunya relatif murah dan tentunya ekonomis untuk semua kalangan.

Dengan tiket masuk yang Anda bayarkan, dua wisata Dieng Hits bisa dijelajahi dengan puas. Lihat lebih dekat keindahan candi di atas awan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Wisata di Dieng sendiri terkenal dengan tiket masuknya yang murah. Jadi tidak ada salahnya jika Anda memilih Dieng sebagai destinasi wisata untuk berwisata bersama orang tersayang.

Perlu diketahui bahwa ketentuan dan aturan tiket masuk ke suatu kawasan wisata dapat berubah sewaktu-waktu.

Rute menuju Candi Dieng

Rute menuju Candi DiengFoto:

Untuk jalur Candi Dieng sebenarnya ada dua jalur yang bisa ditempuh yaitu via Wonosobo dan via Banjarnegara. Namun sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Candi Dieng lebih memilih jalur Wonosobo. Karena kondisi jalan jauh lebih baik dibandingkan dengan jalur Banjarnegara.

Anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk berkunjung ke Dieng harus terlebih dahulu menuju Kota Wonosobo. Lalu carilah Alun-Alun Kota Wonosobo. Sesampainya di alun-alun Anda akan menemukan Jalan Dieng. Ikuti jalan ke utara. Ke pintu masuk Candi Dieng yang ada di kiri jalan.

Baca Juga: Tempat Wisata di Wonogiri Terindah dan Menarik

Jika Anda menggunakan angkutan umum sebagai kendaraan menuju Dieng, Anda bisa menuju ke Terminal Mendala Wonosobo. Setelah sampai di terminal, lanjutkan perjalanan Anda dengan angkot atau bus menuju kota Wonosobo. Setelah sampai di halte bus, Anda perlu melanjutkan perjalanan dengan bus. Lanjutkan menuju Dieng Wonosobo hingga sampai di pintu masuk Candi Dieng.

Rute terbaik dari kota besar di Indonesia ke Dieng:

  • Dari Jakarta: Langsung ke Brebes -> Purowkerto -> Wonosobo -> Dieng
  • Dari Jogja : Jogja -> Magelang -> Temanggung -> Wonosobo -> Dieng / Atau bisa juga lewat jalur alternatif Jogja -> Salaman Magelang -> Wonosobo -> Dieng
  • Dari Semarang: Semarang -> Temanggung -> Wonosobo -> Dieng

Candi Dieng, Wisata Keluarga Nyaman dan Asri

Wisata Candi Dieng Foto:

Bagi Anda yang berkeluarga besar dan bingung mencari tempat wisata yang nyaman, Candi Dieng ini mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda. Karena lokasinya yang begitu nyaman dan ASRI. Boneka karakter kartun juga tersedia di sekitar Candi Dieng untuk Anda berfoto bersama anak atau keluarga.

Demikian juga, Anda dapat mempelajari sejarah yang disertakan untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan. Bisa menjadi pilihan wisata edukasi terbaik untuk Anda dan buah hati tercinta.

jam buka

Jam buka Candi DiengFoto:

Tempat wisata Candi Dieng atau Candi Arjuna ini bisa Anda kunjungi kapan saja selama jam buka yang telah ditetapkan. Saat ini, jam buka Candi Dieng adalah pukul 08:00 – 16:00 WIB.

Pagi dan sore hari merupakan waktu berkunjung yang sangat diminati banyak wisatawan. Di pagi hari, Anda bisa merasakan kesejukan dan suasana alam Dieng yang sesungguhnya.

Sementara itu, tidak jarang candi-candi di sini diselimuti kabut pada sore hari, menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Jika Anda datang pada siang hari tidak masalah dan tidak menimbulkan masalah besar.

Hanya saja di kawasan wisata Candi Dieng cenderung panas pada siang hari dan matahari terik. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk membawa penutup kepala, baik itu topi atau payung, untuk meminimalisir panasnya sinar matahari di kepala Anda.

Fasilitas wisata di Candi Dieng

Kompleks Candi DiengFoto:

Dalam daftar wisata Dieng adalah Jawa Tengah yang selalu dipadati wisatawan. Dari wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara banyak yang datang ke Candi Arjuna Dieng terutama pada saat liburan.

Berkat sejumlah atraksi, candi ini populer sebagai tujuan wisata. Demikian juga dengan fasilitas Candi Dieng yang sangat cocok untuk menunjang wisatawan antara lain :

  • Tempat parkir yang luas
  • Pusat Informasi
  • Panduan ke kuil
  • ruang sholat
  • WC/toilet umum
  • penjual suvenir
  • Live music
  • persewaan jari
  • warung makan
  • Spot foto yang menarik

Jadikan momen liburan Anda sebagai pengalaman berwisata yang tidak akan pernah Anda lupakan. Dengan menelusuri setiap sudut candi yang total terdiri dari 5 bagian ini masing-masing memiliki kisah yang menarik untuk diceritakan.

Informasi tempat wisata lainnya

Buat kamu yang mau liburan bebas repot, kamu bisa booking paket wisata Dieng murah dengan mytrip.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button